Haruskah Kita Beralih dari RAM DDR3 ke RAM DDR4?

14 Jan 2016 13:00 10569 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
RAM DDR4 memang lebih hemat listrik tapi....

Belakangan ini, kita semakin sering saja melihat sejumlah pilihan RAM atau memori DDR4 di pasaran yang walaupun semakin sering terlihat, RAM DDR4 belum bisa mengalahkan kepopuleran dari RAM DDR3 yang masih menjadi sebuah pilihan dari kebanyakan pengguna komputer.

Salah satu penyebab dari tidak begitu signifikannya peningkatan dari kepopuleran RAM DDR4 ini adalah karena terbatasnya manfaat RAM tersebut yang hanya dapat digunakan pada platform Intel X99 dan prosesor ekstrim yang harganya jauh lebih mahal dengan peningkatan yang hanya sedikit jika ditujukan untuk bermain game.

Walaupun harga dari RAM DDR4 sendiri jauh lebih mahal dari RAM DDR3, RAM jenis pertama itu memiliki kecepatan clock yang lebih cepat.

Yang mungkin jadi pertanyaan seberapa jauh perbedaan antara DDR4 dengan pendahulunya?

Pertama, DDR4 termasuk jenis RAM yang hemat penggunaan daya listrik karena RAM tersebut bekerja pada tengangan yang rendah dibandingkan dengan RAM DDR3. Jika Pada RAM DDR3 kita tahu bahwa RAM jenis tersebut bekerja pada tegangan 1.5 volt, pada DDR4 konsumsi tegangan tersebut menurun ke 1.2 volt saja.

Namun perbedaan tegangan 0.3 volt tidaklah begitu berarti bagi mereka para pengguna komputer rumahan yang pada umumnya hanya menggunakan 1 komputer saja, karena jika dihitung-hitung penghematan yang dilakukan dengan menggunakan RAM DDR4 dibandingkan RAM DDR3 hanyalah 15W saja.

Namun, berbeda bagi host server yang mungkin menyimpan ratusan komputer yang berjalan menggunakan ribuan RAM DDR4, penghematan 15W tersebut tentunya akan terakumulasikan.

Hal lain yang membedakan antara RAM DDR4 dengan RAM DDR3 adalah kecepatan.

Kecepatan RAM DDR3 umumnya mulai pada 800 MT/s (Millions of Transfer per second) hingga mencapai 2133. Dan pada RAM DDR4 kecepatannya dimulai dari 2133MHz. Kecepatan tentunya sangat berpengaruh, karena semakin cepat RAM berarti semakin besar juga bandwidth dari komputer Anda.

Yang mungkin disayangkan dari RAM DDR4 ini adalah peningkatan latency dimana untuk RAM DDR4 dengan kecepatan 2133 MHz memiliki CAS Latency 15 (CL15) yang dapat melakukan setiap aksesnya dengan waktu 14.06 nanoseconds, meningkat sekitar 2% dari RAM DDR3 yang beroperasi pada CL11 dimana setiap aksesnya ada pada waktu 13.75 nanoseconds.

Jadi bagaimana kesimpulannya? Apakah kita harus pindah menggunakan RAM DDR4 dibandingkan dengan DDR3?

Menurut saya sih tidak begitu perlu karena perbedaan RAM DDR3-2133 dengan RAM DDR4-2133 tidaklah begitu berarti karena performanya hanya bisa dilihat ketika menggunakan program untuk konversi video ataupun beberapa game berat saja.

Artinya, RAM DDR4 tidak selalu lebih cepat dibandingkan dengan RAM DDR3 setiap waktunya. Dan walaupun lebih cepat, perbedaannya tidak begitu signifikan. [FM]

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel