Serupa Tapi Tak Sama, Redmi 3 vs Lemon 3

14 Jan 2016 12:00 3471 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perbandingan spesifikasi Antara ponsel terbaru Xiaomi dan Lenovo.

Peperangan antar vendor smartphone asal negeri tirai bambu hingga kini semakin memanas saja. Hal ini terlihat dari belum lama setelah meluncurnya salah satu produk Xiaomi yaitu Redmi 3 di bulan ini, smartphone yang berada di segmen kelas low-end ini ternyata mendapat tantangan dari pesaing satu negaranya yaitu Lenovo.

Berbeda dari Xiaomi Redmi 3 yang memiliki tiga jenis warna (silver, gray dan gold), Lenovo Lemon 3 ini hanya tersedia di dua warna saja yaitu silver dan gold. Smartphone ini juga sekarang ini sudah mulai bisa di-book secara online di Lenovo China.

Yang mungkin membuat mereka para pemburu smartphone low-end khususnya Redmi 3 adalah, Lenovo Lemon 3 ini hadir dengan harga dan spesifikasi yang tidak jauh berbeda.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa Redmi 3 hadir dengan spesifikasi yang cukup menggiurkan untuk sebuah smartphone dengan harga 1.4 jutaan. Namun, Lemon 3yang juga dihargai sekitar 1.4 jutaan juga memiliki spesifikasi yang tidak kalah dengan perbandingan sebagai berikut.

 

Desain dan Layar

Redmi 3 dilengkapi dengan layar IPS berukuran 5 inch dengan resolusi HD (1280 x 720 pixel) dengan kerapatan layar 294 ppi. Walaupun ukuran layar yang terbilang standar untuk smartphone seharga 1.4 jutaan ini, balutan body smartphone ini cukup membuatnya tampil layaknya smartphone kelas atas.

Ukuran untuk smartphone ini sendiri terbilang cukup standar untuk sebuah smartphone berlayar 5 inch, dimana ukurannya adalah 139.3 x 69.4 x 8.5mm dengan berat mencapai 144 gram.

Sedangkan untuk Lenovo Lemon 3, smartphone ini memiliki layar yang juga bertipe IPS dengan ukuran 5 inch. Lebih unggul dari Redmi 3, layar pada Lenovo Lemon 3 ini sudah menggunakan layar full HD dengan resoluxi 1920 x 1080 pixel dan kerapatan layar sebesar 441 ppi.

Dari segi ukuran, Lemon 3 ini memiliki dimensi 142 x 71 x 7.99 mm dengan berat 142 gram. Dari ukuran tersebut dapat dikatakan bahwa smartphone ini sedikit lebih panjang dan lebih lebar dari Redmi 3, namun sedikit lebih tipis dan sedikit lebih ringan.

 

Performa

Baik Redmi 3 ataupun Lenovo Lemon 3 memiliki performa yang tidak akan berbeda jauh. Hal ini dikarenakan kedua smartphone Made in China ini sama-sama menggunakan prosesor octa-core dari Qualcomm dengan tipenya bernama Snapdragon 616 dengan GPU terintegrasi yaitu Adreno 405.

Tidak hanya prosesor, kedua smartphone tersebut juga menggunakan RAM dengan kapasitas yang sama yaitu RAM dengan kapasitas 2GB.

Masih belum cukup, kedua smartphone low-end berspesifikasi mantap dengan harga terjangkau tersebut juga memiliki ruang penyimpanan internal sebesar 16GB yang mendukung ekspansi menggunakan MicroSD agar penyimpanan semakin besar lagi.

 

Kamera

Belum berhenti juga, kesamaan antara Redmi 3 dan Lemon 3 mengakar sampai ke spesifikasi lainnya, dimana salah satunya adalah dari segi Kamera.

Kedua smartphone yang diprediksi bakal menjadi smartphone terlaris di tahun ini untuk kategori smartphone low-budget ini juga menggunakan kamera yang sama, yakni kamera berukuran 13MP untuk bagian belakang, dan 5MP untuk bagian depan.

 

Konektivitas

Baik Redmi 3 dan Lemon 3 hadir dengan dukungan teknologi 4G LTE yang juga sudah mendukung jaringan frekuensi 4G di Indonesia.

Kemudian hal lain yang juga dimiliki kedua smartphone tersebut dilihat dari segi konektivitas adalah Wi-Fi standar 802.11 b/g/n, GPS, Bluetooth, Micro-USB dan headphone jack 3.5mm.

Dan yang cukup penting bagi sebagian orang, kedua smartphone ini juga sudah mendukung penggunaan Dual-SIM Card.

 

Baterai

Walaupun kalah ketika harus berhadapan dengan Lemon 3 dari segi layar, Redmi 3 menunjukkan kemenangan mutlaknya dari segi baterai dimana smartphone Redmi 3 memiliki baterai yang berkapasitas 4100 mAh, hampir dua kali lipat dari kapasitas baterai Lemon 3 yang hanya berkapasitas 2750 mAh.

 

Kesimpulan

Jika dilihat sekilas, dari segi desain dan sebagian hardware-nya, baik Lenovo Lemon 3 ataupun Xiaomi Redmi 3 memiliki kesamaan. Namun jika dicermati lebih dalam lagi, Lenovo Lemon 3 dapat mengungguli Xiaomi Redmi 3 dari segi resolusi layar dan kerapatan layar.

Walaupun Redmi memang kalah dari resolusi layar dan kerapatan layar, kapasitas baterainya yang bisa dikatakan sebagai “Giant Battery” jauh lebih unggul dari Lenovo Lemon 3.

Bagi Anda yang bingung ingin membeli smartphone yang mana setelah keduanya sudah dijual di Indonesia, pertimbangkan saja mana yang lebih Anda butuhkan.

Kecantikan layarkah? Apakah daya tahan baterai?

Semuanya kembali kepada kebutuhan dan keputusan Anda masing-masing. [FM]

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel