5 Pencegahan Jika Sewaktu-Waktu Smartphone Hilang

13 Jan 2016 19:00 2171 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pernah kehilangan smartphone? Lakukan 5 langkah pencegahan berikut ini.

Melanjutkan dari artikel sebelumnya tentang perangkat smartphone yang hilang.

Jika memang smartphone yang hilang tidak dapat ditemukan dengan berbagai usaha, maka jalan satu-satunya yang harus Anda tempuh adalah dengan cara membeli smartphone yang baru.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, tentu dengan smartphone yang baru Anda harus lebih berhati-hati agar hal tersebut tidak terulang lagi. Ataupun jika seandainya hal tersebut terulang lagi, Anda tentunya sudah siap dengan melakukan berbagai upaya pencegahan seperti 5 langkah yang ada di bawah ini.

 

1. Selalu nyalakan Tracking Location

Untuk sebuah aplikasi pelacak smartphone agar dapat bekerja, perangkat Android Anda tentunya harus selalu menyalakan info lokasinya. Dengan menyalakan info lokasi, aplikasi seperti Android Device Manager akan selalu dapat update posisi terakhir dari perangkat smartphone Anda.

 

2. Selalu Nyalakan Koneksi Internet Seluler Anda

Tidak hanya harus menyalakan lokasi, smartphone Anda juga harus selalu terhubung ke Internet agar selalu dapat terlacak oleh aplikasi pelacak smartphone.

Apalagi jika Anda adalah seseorang yang hanya selalu terkoneksi ke Wi-Fi baik di kantor, di rumah ataupun tempat publik seperti kafe dan restoran, kebiasaan tersebut harus dihentikan dan ganti kebiasaan tersebut dengan selalu menyalakan Internet dari kartu SIM yang Anda miliki.

 

3. Gunakan Pengunci Layar

Untuk mencegah penggunaan yang tidak sewajarnya terhadap smartphone kesayangan Anda, mengaktifkan pengunci layar adalah hal paling dasar dan simpel yang harus Anda lakukan pada Smartphone Anda.

Pengunci layar sendiri banyak jenisnya. Mulai dari yang terbaru adalah Pengunci Sidik jari, Pin, Kamera, dan juga pola garis.

 

4. Matikan Fungsi Tombol Power

Hal yang paling dasar yang akan digunakan oleh seorang pencuri smartphone adalah mematikan smartphone yang dicurinya untuk mencegah pemilik smartphone tersebut melakukan pelacakan pada smartphone tersebut dengan aplikasi pelacak smartphone.

Namun, untuk mencegah pencuri tersebut agar tidak bisa mematikan smartphone yang dicurinya, Anda dapat mematikan fungsi tombol power dari smartphone Anda.

Caranya adalah dengan menggunakan Xposed Framework, yaitu dengan memasang modul bernama GrafityBox.

Dengan GrafityBox, seseorang yang nantinya ingin mematikan smartphone Anda, harus terlebih dahulu membuka kunci dari layar smartphone Anda.

Yang mungkin cukup disayangkan dari aplikasi ini adalah penggunaannya hanya diperuntukkan bagi smartphone yang sudah di-root.

 

5. Gunakan Smartphone yang Menggunakan Baterai Non-Removable

Ini adalah langkah penyempurna langkah keempat yang sudah dijelaskan di atas. Bayangkan saja jika Anda sudah melakukan langkah nomor 4 di atas, tapi smartphone Anda masih tetap dapat dimatikan dengan mencabut baterai smartphone, kesal kan?

Dengan menggunakan smartphone yang baterainya non-removable atau tidak dapat dilepaskan sembarangan, Anda dapat memastikan bahwa smartphone Anda akan selalu menyala bahkan ketika dicuri, tentunya selama daya tahan baterai masih ada.

[FM]

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel