4 Hal ini Wajib Dilakukan Ketika Kehilangan Smartphone

13 Jan 2016 21:00 2674 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jangan panik, dan lakukan hal-hal penting berikut ini.

Smartphone yang setiap harinya sering dibawa kemana-mana bukanlah tanpa resiko. Salah satu resiko yang harus dihadapi pengguna smartphone yang selalu membawa smartphone adalah kehilangan, baik itu dicuri, tertinggal di suatu tempat ataupun lupa menyimpannya.

Jika suatu saat Anda adalah salah satu orang yang kehilangan smartphone Anda apalagi hilang karena dicuri, maka janganlah panik tapi lakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegah hal-hal merugikan lain sehingga tidak terjadi pada diri Anda.

 

1. Lacak Smartphone Anda

Ada banyak cara untuk melacak keberadaan smartphone Anda yang hilang, beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Namun yang menjadi kendala dari kebanyakan aplikasi ini adalah keharusan Anda untuk mengunduh dan memasang aplikasinya sebelum smartphone hilang.

Bagi mereka yang kehilangan smartphone tanpa memasang aplikasi-aplikasi pelacak tersebut, ada cara lain untuk melacak smartphone Anda yang hilang, yaitu dengan menggunakan Android Device Manager.

Penggunaannya sendiri cukup mudah. Anda tinggal login menggunakan email Google yang terpasang pada smartphone Anda yang hilang. Setelah Anda login, Anda akan diperlihatkan lokasi terakhir dari perangkat Anda dengan selisih jarak paling jauh 20 meter dari lokasi aslinya.

Selain itu, dengan menggunakan Android Device Manager, Anda juga akan dapat mengetahui seberapa jauh letak smartphone Anda yang hilang serta waktu terakhir perangkat tersebut terhubung ke internet.

Di halaman ini, Anda juga dapat mengunci perangkat smartphone Anda, membuatnya berdering dengan keras dan juga menghapus data yang ada pada smartphone tersebut sebagai upaya terakhir untuk mengamankan data-data yang mungkin sangat penting bagi Anda.

 

2. Mengamankan Akun Anda

Pada smartphone Anda yang hilang, Anda mungkin masih terhubung dengan akun-akun media sosial ataupun akun-akun email yang bagi Anda sangat penting. Untuk itu, mengamankan akun-akun Anda adalah langkah penting lainnya yang harus segera Anda lakukan ketika smartphone Anda tidak juga dapat diketemukan.

Ganti semua password khususnya password gmail atau email lain yang Ada di dalam smartphone Anda.

Sebagai catatan, mengganti password Gmail tidak akan menjadikan Anda tidak dapat menggunakan Android Device Manager seperti yang telah dijelaskan pada poin nomor 1.

 

3. Blok Kartu SIM Anda

Sangatlah direkomendasikan bagi mereka yang kehilangan smartphonenya untuk memblokir kartu SIM yang terpasang didalamnya agar tidak ada yang menyalahgunakan penggunaan kartu SIM Anda untuk hal yang tidak-tidak.

Untuk memblokir kartu SIM Anda, langkah yang harus dilakukan adalah dengan menghubungi penyedia layanan dari kartu SIM Anda kemudian ikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan seperti memberikan data diri sesuai identitas yang terdaftar untuk kartu SIM dan lain-lain.

 

4. Unlink Semua Akun Layanan yang Terhubung dengan Perangkat Android Anda

Langkah terakhir ini tidaklah begitu penting, tapi langkah ini tetap saja harus dilakukan demi meminimalisir kerugian yang terjadi pada Anda.

Melakukan unlink akun-akun yang terhubung dengan Perangkat Android memiliki tujuan untuk menghentikan proses sinkronisasi yang terjadi pada perangkat Android Anda.

Contohnya jika Anda menggunakan penyimpanan Cloud seperti Dropbox pada perangkat Android Anda, dapat melakukan unlink akun Dropbox dengan perangkat Android Anda yang hilang lewat situs Dropbox. Langkah ini berlaku untuk semua akun layanan yang tersinkronisasi dengan perangkat Android Anda yang hilang. [FM]

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel