5 Tool Firefox yang Hanya ada di Firefox Edisi Developer

13 Jan 2016 14:40 2220 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
artinya tools berikut ini tidak ada pada Firefox standar.

Firefox Developer Edition adalah sebuah browser satu-satunya yang memang dibuat khusus untuk para pengembang atau developer.

Dan perlu diketahui bahwa tools developer yang muncul pada Firefox versi standar, telah muncul terlebih dahulu pada Firefox edisi developer. Berarti keduanya versi tersebut sama?

Tidak juga, karena pada Firefox versi developer ada banyak tools yang tidak dirilis untuk Firefox versi standar. Dan di bawah ini adalah 5 tools menarik yang hanya dapat ditemukan pada Firefox versi developer saja.

 

1. Animation Inspection Tool

Animasi CSS sekarang ini sudah menjadi sebuah hal yang semakin umum saja, dan CSS Animation Tool yang disediakan oleh Firefox membuat setiap animasi CSS yang ada dapat diperiksa dengan mudah.

Pada setiap animasi CSS, Anda dapat melakukan jeda, memutar, dan memutar terbalik. Selain itu, Anda juga dapat melihat animasi tersebut dalam bentuk frame per frame.

Untuk mengakses tool ini, Anda tinggal membuka Inspector Tool dengan cara mengklik kanan animasi yang ingin diperiksa dan pilih “Inspect Element” kemudian pilih “Animation.”

 

2. Animation Timing Function Editor

Dalam developer tool pada Firefox, Anda dapat kini dapat mengedit timing dari animasi yang ada. Yaitu dengan cara mengklik ikon yang berada di bagian “Rules” dari Inspector Tool.

Setelah mengklik ikon tersebut, sebuah jendela kecil akan muncul dan memperlihatkan sebuah gambar kurva. Disinilah Anda kemudian dapat mulai mengedit timing dari animasi yang ingin Anda edit.

 

3. Pemilih Warna untuk Properti CSS

Sebenarnya sudah ada pemilih warna standar yang juga diterapkan pada Firefox edisi standar. Yang membedakan pemilih warna antara Firefox edisi standar dengan Firefox edisi developer adalah Anda dapat memilih warna spesifik sesuai yang Anda inginkan pada Firefox edisi developer ini.

Untuk membuka tool ini, Anda dapat masuk ke bagian “Rules” dan ikon warna yang ketika di klik dapat memunculkan sebuah tabel warna untuk kemudian dipilih.

 

4. Tool Pengukur

Measuring tool adalah sebuah tool pada Firefox yang memungkinkan penggunanya untuk melihat posisi X dan Y dari kursor. Selain itu tool ini juga dapat memperlihatkan panjang dan lebar dari sebuah area telah diblok.

Untuk menggunakan tool ini, Anda harus terlebih dahulu menyalakannya di bagian “Toolbox Options” dengan menceklis sebuah pilihan bernama “Measure a Portion of The Page” di bagian “Available Toolbox Button.”

Setelah dinyalakan, sebuah ikon penggaris akan muncul di bagian atas dari jendela dev tool, klik ikon tersebut dan gerakan kurso ke halaman yang ingin Anda sorot. Untuk mengukur panjang, lebar serta diagonal Anda tinggal klik kemudian menggeser area yang ingin Anda ukur.

 

5. CSS Filter Editor

Jika Anda mengaplikasikan filter CSS ke sebuah elemen dari suatu halaman, Anda akan melihat sebuah ikon yang muncul didekatnya dibagian “Rules” dari Inspetor Tool. Ketika Anda mengklik ikon tersebut, Anda akan membuka CSS Filter Editor.

Untuk menghilangkan sebuah filter, Anda diharuskan untuk mengklik sebuah tanda ‘x’ yang terletak di akhir nama filter yang ingin Anda hapus. Kemudian untuk menambah sebuah filter, Anda tinggal mengklik box filter yang letaknya ada di bawah, lalu tambahkan yang ingin Anda tambahkan dan klik pada ikon ‘+’.

 

 Itulah 5 Tool yang ada pada Firefox edisi pengembang atau developer yang tidak akan Anda temukan pada Firefox edisi standar dimana Firefox edisi standar ini adalah edisi yang sudah umum digunakan.

[FM]

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel