Rahasia Sukses "Khong Guan" Sang Biskuit Legendaris

12 Jan 2016 15:52 2937 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Pada artikel ini ada 5 rahasia kesuksesan dari produk kue kering tersebut.

Jika Anda adalah orang Indonesia yang suka memakan kue kering, pasti Anda tidak akan bertanya-tanya ketika Anda diberi tahu bahwa kue tersebut adalah kue Khong Guan.

Produk kue kering atau yang biasa kita sebut biskuit buatan Khong Guan ini sudah dianggap sebagai makanan legendaris di Indonesia karena memang brand yang satu ini sudah bertahan selama berpuluh-puluh tahun di negeri tercinta kita ini.

Bagaimana rahasia Khong Guan untuk bertahan selama itu dan menjadi sebuah brand makanan yang dianggap legendaris?

Berikut ini adalah 5 strategi Khong Guan untuk meraih kesuksesan hingga dikenal dan disukai berbagai kalangan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya.

 

1. Strategi Pemasaran yang Cenderung Berbeda dan Memberikan Kesan “Fresh”

Disamping promosi yang dilakukan Khong Guan melalui berbagai media seperti televisi dan koran, pihak Khong Guan juga ternyata memberikan kaleng-kaleng yang biasanya digunakan sebagai wadah kue tersebut ke para pedagang seperti penjual bubur, kupat tahu, lontong sayur, ketoprak, nasi goreng, dan sejenisnya untuk secara umum dijadikan sebuah wadah kerupuk.

Unik kan?

Para pedagang pun sepertinya tidak menolak dan malahan menerima dengan baik pemberian tersebut karena memang kualitas kaleng dari Khong Guan dapat menjamin kerupuk tetap prima. Sehingga kegurihannya tetap terasa walaupun sudah digoreng sehari yang lalu.

 

2. Khong Guan Menjangkau Semuanya

Siapa saja yang suka Khong Guan?

Dari kakek, nenek, ibu, ayah dan anak-anak pasti suka yang namanya biskuit Khong Guan. Hal ini dikarenakan kue-kue yang diproduksi oleh Khong Guan memang memiliki cita rasa yang lezat dan mendunia, tidak terbatas pada batasan usia ataupun harta seseorang.

 

3. Strategi Perluasan Distribusi

Ketika produk Khong Guan diterima dengan baik di satu tempat, perusahaan tersebut kemudian memperluas jaringan distribusinya ke tempat lain. Salah satu usahanya dalam peningkatan atau perluasan jaringan distribusi ini adalah dengan memperbanyak jumlah distributornya setiap tahun.

 

4. Peningkatan dan Pengutamaan Mutu dari Produk Khong Guan

Dengan menjadikan mutu sebagai prioritas utama produksi, Khong Guan selalu memproduksi makanannya dengan proses terbaik. Selain itu, demi untuk menjamin mutu dari produk makanan yang dibuatnya, pihak Khong Guan juga kemudian melakukan sertifikasi untuk menjamin kehalalan produk mereka.

 

5. Fokus Utama Pada Kualitas atau Kelezatan Produk

Budi Hendarto selaku direktur dari Khong Guan grup menyatakan bahwa perusahaan yang ia pimpin sekarang ini selalu menjadikan mutu dan kualitas sebagai prioritas utamanya.

Hal tersebut menurutnya adalah sebuah faktor paling penting bagi sebuah produk untuk mendapatkan pelanggan dan menjadi yang terdepan pada suatu bisnis. Dan inilah yang menjadikan Khong Guan kini terkenal sebagai biskuit legendaris.

 

Penutup

Khong Guan memang biskuit legendaris yang disukai mayoritas penduduk khususnya penduduk Indonesia. Selain karena enak, kalengnya yang unik juga menjadi faktor penting dari penjualan produk yang termasuk makanan ringan tersebut.

Walaupun di atas sudah dijelaskan dengan singkat bagaimana Khong Guan dapat meraih kesuksesannya hingga dapat menjadi perusahaan sekarang ini, satu hal lain yang mungkin jadi pertanyaan adalah,

“Kenapa di kaleng Khong Guan hanya ada seorang ibu dan dua orang anaknya? Lalu ayahnya kemana?”

 

 

[FM]

Tags Ulasan

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel