5 Aplikasi Android Wajib Seorang Muslim

9 Jan 2016 08:00 4199 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Dari al-Quran digital hingga aplikasi tata cara shalat.

Sebagai seorang muslim yang hidup di zaman serba modern dan serba teknologi, kebanyakan dari Anda pasti selalu dikelilingi oleh kesibukan setiap harinya, dan yang namanya membaca al-Quran pasti sudah menjadi kegiatan yang sulit dilakukan.

Alasan kenapa hal ini sulit dilakukan, karena bagi mereka yang super aktif setiap hari, membawa kitab al-Quran yang cukup tebal dan besar adalah sebuah hal yang tidak efisien. Berawal dari situ, seseorang akhirnya jarang membaca al-Quran.

“muslim apa coba yang jarang membaca al-Quran?”

Namun jangan khawatir, karena berkat perkembangan teknologi yang cukup pesat dari tahun ke tahun, al-Quran yang asalnya hanya berbentuk fisik telah berhasil ditransformasikan menjadi sebuah aplikasi berbentuk al-Quran digital yang bisa dipasangkan ke smartphone atau tablet kesayangan Anda yang PASTI setiap hari selalu dibawa kemana-mana.

Selain al-Quran yang memiliki versi digital, masih banyak aplikasi lainnya yang berisi banyak pengetahuan bermanfaat tentang Islam, seperti tata cara shalat yang baik dan benar, jadwal puasa ketika bulan Ramadhan, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah 5 aplikasi bermanfaat yang wajib dimiliki oleh seorang muslim modern di smartphone atau tablet kesayangannya, khususnya bagi mereka yang memiliki kesibukan padat setiap harinya.

 

1. Quran for Android

Adalah sebuah aplikasi Quran digital yang dapat di-download secara gratis untuk perangkat Android. Aplikasi ini dapat menjadi aplikasi pilihan bagi mereka yang setiap harinya dihadapkan dengan kesibukan yang mengharuskan mereka selalu berpindah-pindah dan tidak ingin membawa al-Quran yang tebal dan berat.

Dengan memasang Quran for Android pada smartphone yang pasti selalu dibawa kemana-mana, mereka yang memiliki waktu luang di tengah kesibukannya dapat dan tidak akan punya alasan untuk tidak membaca al-Quran lagi.

Aplikasi Quran for Android cukup direkomendasikan karena aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang cukup beragam mulai dari pemutaran audio pembacaan ayat-ayat al-Quran yang tanpa celah, fitur bookmarking ayat al-Quran untuk menyimpan ayat terakhir yang telah Anda baca, fitur pencarian surat-surat dalam al-Quran dan masih banyak lagi.

 

2. iQuran

Bagi mereka yang tidak cocok dengan tampilan dan dari Quran for Android dan menuntut fitur yang lebih lengkap, aplikasi al-Quran digital alternatif bernama iQuran ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain fitur-fitur seperti playback, Anda juga dapat membaca al-Quran sambil belajar tajwid dengan menggunakan aplikasi ini.

Dan bagi mereka yang menginginkan fitur lengkap dari iQuran, Anda diharuskan untuk membeli versi Pro atau full version dari aplikasi ini. Fitur-fitur yang dimiliki versi penuh juga cukup banyak seperti pemutaran / playback dengan kualitas suara yang tinggi, fitur full landscape untuk tampilan yang lebih nyaman, serta berbagai terjemahan ke belasan bahasa di berbagai belahan dunia seperti Jerman, Perancis, Indonesia, Melayu dan masih banyak lagi.

Yang mungkin menjadi keunggulan lain dari aplikasi iQuran adalah kemampuannya untuk berjalan di berbagai versi Android yang ada, baik itu IceCreamSandwich, Jellybean, Kitkat, Lollipop ataupun Marshmallow.

 

3. Muslim Pro

Adalah sebuah aplikasi yang mengklaim sebagai aplikasi Android untuk umat muslim terpopuler di dunia. Telah dikenal oleh lebih dari 20 juta umat muslim di seluruh dunia, Anda dapat menemukan berbagai fitur pendukung kegiatan sehari-hari Anda pada aplikasi ini.

Salah satu fitur favorit yang ada pada aplikasi ini adalah jadwal Adzan yang akurat. Selain itu, di dalam aplikasi ini juga terdapat sebuah kompas yang dapat menunjukkan arah kiblat dengan tepat sehingga Anda tidak akan bingung lagi ketika mau shalat mencari-cari arah kiblat sampai harus berkeliling untuk bertanya-tanya terlebih dahulu atau melihat ke arah matahari yang menyilaukan.

Aplikasi Muslim Pro juga memiliki fitur-fitur unggulan lainnya seperti jadwal puasa ketika bulan Ramadhan, al-Quran digital, Pencarian restoran halal dan masjid di sekitar Anda dengan menggunakan GPS, kalendar umat muslim, dan masih banyak lagi.

Melihat dari berbagai fitur unggulannya, menurut saya aplikasi ini sangatlah cocok bagi mereka yang suka bepergian, khususnya mereka yang bepergian ke luar kota ataupun luar negeri yang memiliki waktu berbeda serta tempat yang memang asing bagi Anda.

 

4. Salat of The Prophet

Muslim Pro memang memperlihatkan jadwal Adzan yang akurat sehingga Anda dapat shalat tepat pada waktunya. Tapi apakah gerakan shalat dan doa-doa shalatnya sudah sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW?

Aplikasi Salat of The Prophet adalah aplikasi yang dapat mengajarkan Anda bagaimana cara shalat dengan benar. Aplikasi ini sangatlah cocok untuk segala umur karena semua yang diajarkan pada aplikasi ini mudah untuk dipahami bahkan oleh anak-anak.

Disebut cocok bagi anak-anak karena cara-cara shalat diperlihatkan dengan sebuah animasi yang menarik dan mudah diikuti. Tidak hanya tata cara shalat saja, pada aplikasi ini juga diajarkan bacaan do’a setelah melaksanakan shalat.

Bagi Anda yang membeli versi penuh dari aplikasi ini, Anda dapat menikmati fitur-fitur unggulan lainnya yang memang diperuntukkan untuk versi berbayarnya seperti persiapan sebelum shalat, doa-doa yang dibaca ketika sedang shalat, contoh shalat 5 waktu dari awal hingga akhir, shalat-shalat lainnya seperti shalat jenasah dan shalat Ied dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang baru belajar shalat ataupun mereka yang ingin mengajarkan tata cara shalat dengan mudah sesuai sunnah Rasul.

Selain itu, aplikasi ini dibuat oleh anak bangsa yaitu sebuah studio bernama blastocode yang beralamat di Bekasi, Jawa Barat.

 

5. MP3 Quran (MP3 Quran.net)

Adalah sebuah aplikasi berbentuk perpustakaan digital yang isinya adalah berbagai rekaman suara pengajian al-Quran yang direkam dari berbagai ahli membaca al-Quran dari berbagai belahan dunia.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mendengarkan suara rekaman pengajian al-Quran dari lebih 100 pilihan rekaman suara. Dan ke depannya nanti, Quran Audio Library selaku pengembangnya akan terus menambah jumlah dari rekaman suara tersebut sehingga pengguna akan mempunyai lebih banyak pilihan nantinya.

[FM]

 

 

 

 

gambar: Google Play Store

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel