7 Hal Mendasar dan Penting yang Harus ada Sebuah Blog

7 Jan 2016 12:00 2023 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jangan sepelekan hal-hal mendasar berikut ini.

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa membuat dan mengembangkan bog pribadi sangatlah menguras waktu pemilik blog tersebut. Mulai dari mencari topik apa yang ingin ditulis di blog hingga saling terhubung dengan blogger lainnya.

Walaupun memang sebagai blogger Anda harus berfokus pada hal-hal di atas, Anda tidak boleh melupakan bahwa setiap blog itu harus memiliki 7 elemen seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

 

1. Nama Anda

Mungkin menurut Anda hal ini tidak begitu penting. Tapi setiap saya menemukan sebuah artikel menarik pada sebuah blog, saya biasanya mencari nama dari blogger yang telah membuat artikel tersebut.

Oleh karena itu saya pikir nama adalah satu hal yang harus pertama kali dilihat oleh mereka yang baru tiba di blog Anda, atau jika hal tersebut bukanlah preferensi Anda, tulislah nama Anda pada halaman “about” sehingga para pengunjung yang ingin terkoneksi dengan blogger dapat dengan mudah menghubungi Anda.

 

2. Letak ‘Search Bar’ yang Strategis

Jika seseorang menjadi follower dari blog Anda karena telah melihat artikel-artikel yang menarik perhatiannya, orang tersebut suatu saat nanti mungkin akan kembali mencari artikel yang pernah membuatnya menjadi follower setia Anda.

Jadi, daripada mencari keseluruhan arsip yang menghabiskan waktu dan terkadang membuat kesal, pasanglah sebuah ‘search bar’ di tempat yang mudah dilihat pengunjung. Sehingga mereka yang ingin mencari artikel yang pernah mereka baca dapat mencarinya kembali.

 

3. Halaman atau Kolom ‘about’

Sebagai seorang blogger, memiliki sebuah kolom atau halaman ‘about’ yang isinya tertata rapi dan menarik adalah sebuah hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan sebelum melihat apa yang tertulis pada blog Anda, para pengunjung biasanya ingin mengetahui seperti apakah pemilik dari blog yang mereka kunjungi terlebih dahulu.

Tulislah hal-hal menarik soal Anda, termasuk sedikit detil mengenai Anda didalamnya. Hal-hal tersebut meliputi:

• Tujuan pembuatan blog

• Lokasi Anda

• Apa yang menjadi hobi Anda

• Hal yang menjadi favorit Anda

• Status Anda (Single atau Sudah Menikah)

 

4. Foto Anda

Selain tidak adanya nama yang saya temukan dari sebuah blog, biasanya saya juga menemukan tidak adanya foto dari pemilik blog tersebut. Padahal dengan memasang foto pemilik blog ke blog yang dimilikinya, hal tersebut dapat memperlihatkan bahwa Anda membuat konten yang ada pada blog Anda dengan tulus.

Foto yang dipajang di blog juga janganlah foto hasil selfie, atau foto yang memang sengaja dibuat oleh fotografer profesional, melainkan sebuah foto yang diambil oleh orang lain atau mungkin foto yang diambil menggunakan sebuah kamera yang menggunakan timer.

 

5. Kategori

Memiliki bagian ‘Kategori’ dalam suatu blog sangatlah penting, apalagi bagi mereka yang menjadi seorang blogger yang berfokus pada lifestyle atau gaya hidup.

Karena jika Anda adalah seorang blogger yang berfokus pada gaya hidup, Anda biasanya sering menulis topik-topik yang banyak jenisnya atau beragam. Pengunjung juga tidak akan mau mencari topik yang serupa dengan apa yang telah Anda tulis pada blog Anda karena hal tersebut menghabiskan waktu.

 

6. Kolom Komentar yang Mudah Digunakan

Banyak kolom komentar seperti WordPress, Facebook dan Disqus diluar sana. Tapi tanpa bermaksud menjelekkan satu pihak, sepengetahuan saya, mereka yang menggunakan WordPress seringkali terkena spam.

Kolom komentar sendiri sangatlah penting bagi suatu blog. Karena dengan adanya kolom komentar pada sebuah blog, makan para pengunjung dapat berinteraksi dengan Anda dan pengunjung lainnya mengenai artikel-artikel terkait.

 

7. Skema Warna yang Konsisten dan Bersih

Saya pernah datang ke sebuah blog yang isi dari blog tersebut adalah gambar-gambar kartun yang membuat saya pusing karena warnanya terlalu beragam (lebih dari 3 warna).

Skema warna seperti itu malah akan membuat pengunjung kabur. Contohlah situs-situs media sosial seperti Facebook dan Instagram dimana kedua situs tersebut memiliki skema warna minimalistik yang merepresentasikan ketenangan dan kenetralan. [FM]

 

Tags opini

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel