Keunggulan dan Cara Menggunakan Antivirus Lewat CD atau USB

5 Jan 2016 17:15 5455 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sudah scan komputer tapi masih ada virusnya? Coba pakai ini

Jika komputer Anda terkena virus atau malware, menggunakan antivirus dari dalam Windows mungkin terkadang tidak mampu untuk menghilangkan virus tersebut. Apalagi jika komputer Anda terjangkit rootkit, malware memiliki kemungkinan untuk sembunyi dari program antivirus yang terpasang pada komputer Anda.

Ketika antivirus yang terpasang pada komputer Anda tidak mampu melakukan apa-apa lagi, disinilah antivirus bootable menjadi solusi penggantinya.

Antivirus jenis bootable ini membersihkan virus-virus jahat yang ada pada komputer dengan membersihkannya diluar sistem Windows yang terinfeksi, sehingga ketika antivirus yang dapat berjalan pada proses booting komputer ini melakukan scan, malware atau virus yang seharusnya dapat bergerak leluasa sampai menginfeksi antivirus ketika sistem Windows menyala, tidak bisa berbuat apa-apa karena scan atau pemindaian yang dilakukan antivirus dilakukan sebelum Windows menyala atau pada proses booting.

 

Bagaimana menemukan antivirus jenis bootable?

Di zaman sekarang ini, banyak perusahaan keamanan yang menawarkan antivirus versi bootable dari antivirus yang mereka buat. Dan yang mungkin menarik perhatian banyak orang, antivirus versi bootable yang mereka tawarkan biasanya dapat digunakan secara bebas tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun.

Di bawah ini adalah beberapa pilihan yang saya rekomendasikan untuk antivirus jenis bootable:

 

1. Avast! Rescue Disk

Adalah sebuah antivirus gratis yang dengan sukarela mampu mendeteksi dan membersihkan malware yang banyak beredar di internet sekarang ini. Dengan kemampuannya sebagai salah satu antivirus gratis terbaik di dunia, Avast kini menawarkan para penggunanya untuk dapat menggunakan antivirus ini di luar sistem Windows, yaitu dengan menciptakan Avast! Rescue Disk, antivirus Avast versi bootable yang dapat disimpan pada sebuah CD ataupun flashdisk.

 

2. BitDefender Rescue CD

Belakangan ini BitDefender diketahui sedang naik daun. Hal ini dilihat dari berbagai tes independen yang memang mendapat banyak respon positif dari para penggunanya. BitDefender Rescue CD adalah versi bootable dari antivirus BitDefender yang menawarkan kemampuan setara dengan BitDefender versi Windows-nya.

 

3. Kaspersky Rescue Disk

Sama seperti Avast dan BitDefender, Kaspersky juga adalah salah satu antivirus yang dapat diandalkan dalam hal pemberantasan malware dan virus-virus jahat lainnya. Ditambah dengan versi bootable-nya, Kaspersky menjadi pemeberantas malware yang kemampuannya tidak diragukan lagi.

Ketiga pilihan di atas hanyalah beberapa pilihan dari banyak antivirus lain yang memiliki kemampuan serupa. Selain ketiganya masih ada antivirus seperti ESET, Norton, Avira, Comodo dan masih banyak lagi dengan kemampuan yang tidak jauh berbeda.

 

Bagaimana cara menggunakan anitivirus bootable?

Menggunakan antivirus jenis ini tidak sesulit yang mungkin kita pikirkan. Untuk menggunakannya, pertama-tama Anda harus mem-burn antivirus bootable seperti pada Avast yang pilihannya dapat ditemukan pada bagian Tool, kemudian memilih pilihan USB atau CD seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah antivirus versi bootable tersimpan pada CD atau USB Anda, Anda kemudian dapat menggunakan USB atau CD yang didalamnya terdapat antivirus yang sudah di-burn tadi ke komputer yang terjangkit virus.

setelah terpasang, lakukan reboot/restart pada komputer tersebut dan komputer akan mulai booting dari USB atau CD yang berisi antivirus. Jika booting malah masuk ke Windows, mungkin Anda harus terlebih dahulu mengganti urutan booting di BIOS dan menjadikan USB atau CD menjadi booting pertama.

Setelah muncul jendela mirip dengan yang ada pada gambar di bawah ini, maka Anda tinggal mengikuti instruksi yang tertulis untuk kemudian melakukan pemindaian komputer.

[FM]

 

 

Tags Komputer

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel