5 Hal ini Penting Bagi Para Pemilik Laptop Baru

31 Dec 2015 09:09 30065 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lakukan agar laptop dapat berjalan dengan baik.

Membeli laptop memang hal yang mudah selama kita punya uang untuk membeli laptop yang diinginkan. Kemudian, bagi mereka yang membelinya di toko-toko offline, biasanya ketika membeli laptop, petugas toko akan membantu untuk memasang berbagai software sehingga kita nanti tinggal pakai saja.

Tapi bagaimana bagi kita yang membeli laptop di retail online? Atau mungkin bagi kita yang membeli di toko offline tapi ingin melakukan unboxing terlebih dahulu di tempat tertentu?

Mau tidak mau laptop baru yang masih tersegel di dalam box harus kita tweak sendiri sehingga nantinya sudah siap digunakan.

Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan sebelum kita dapat menggunakan laptop yang baru saja kita beli.

 

1. Install Windows yang Diinginkan

Bagi Anda yang baru membeli laptop namun laptopnya masih belum terpasang sistem operasi Windows atau masih DOS, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pemasangan Windows yang sesuai keinginan Anda, baik itu Windows 7, Windows 8 atau Windows terbaru dari Microsoft yaitu Windows 10.

Bagi yang tidak mengerti cara melakukan instalasi Windows pada perangkat komputer atau laptop, Anda bisa mencari artikel tentang cara melakukan instalasi Windows baik itu Windows XP, Windows 7 hingga Windows 10 di Plimbi.

Setelah selesai memasang Windows, kita beralih ke langkah ke-2.

 

2. Jalankan Semua Update Windows

Setelah selesai melakukan pemasangan Windows pada laptop Anda, lakukan update pada Windows Anda secara manual agar semua fitur yang ada pada Windows yang terpasang di laptop Anda menjadi up-to-date.

Setelah selesai melakukan update, kita beralih ke langkah ke-3

 

3. Atur Resolusi dari Layar Laptop Anda

Zaman sekarang ini, banyak dari laptop yang diproduksi hadir dengan resolusi layar yang tajam dan berwarna, tapi layar dengan resolusi yang terlalu besar malah akan menjadikan ikon dan ukuran huruf menjadi terlalu kecil atau sebaliknya jika resolusinya terlalu kecil.

Untuk dapat mengatur resolusi layar sesuai dengan keinginan, Anda dapat langsung mengaturnya melalui desktop dengan cara melakukan klik kanan di desktop kemudian memilih pengaturan yang sesuai seperti pada Windows 10, Anda dapat mengatur resolusi layar dengan memilih “Display Settings.”

 

4. Memperlihatkan Ekstensi dari Sebuah File dan File yang Tersembunyi

Secara default, Windows, khususnya Windows 10 menganggap Anda sebagai seorang remaja yang tidak dapat dipercaya. Sikapnya itu diperlihatkan dengan cara menyembunyikan ekstensi dari sebuah file dari Anda (contoh: dokumen excel dengan format .xls).

Hal ini saya anggap penting karena dengan mengetahui sebuah ekstensi dari suatu file, kita dapat secara spesifik menemukan file yang memang kita inginkan.

 

5. Pasang Software Penting

Driver penting seperti driver untuk VGA ataupun driver bawaan laptop sangat berpengaruh terhadap laptop Anda karena dengan driver ter-update, laptop Anda akan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Software penting lainnya seperti browser (kecuali jika Anda ingin pakai internet explorer atau edge) sangat penting bagi sebuah laptop, khususnya laptop yang setiap harinya sering terhubung ke internet.

Setelah selesai memasang browser favorit, Anda bisa melanjutkannya ke software penting lainnya seperti Download Manager untuk mempercepat Anda mengunduh sebuah file, software seperti BSPlayer, VLC, ataupun KMC Media Player untuk memutar file multimedia.

Bagi mereka yang tidak ingin menggunakan sistem keamanan bawaan dari Windows, Anda dapat memasang antivirus favorit Anda. [FM]

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel