10 Aplikasi Smartphone Terpopuler Tahun 2015

27 Dec 2015 18:00 2080 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Inilah top10 aplikasi di smarpthone

Tahun silih berganti. Dan inovasi di tahun 2015 tiada henti. Contohnya pada pengembangan aplikasi mobile yang memunculkan nama-nama baru dengan beragam fungsi.

Aplikasi-aplikasi yang muncul di  2015 ini memang tergolong cukup banyak. Tapi, ternyata berbagai inovasi kuantitas tersebut tidak dibarengi dengan populernya aplikasi tersebut.

Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian Nielsen tentang aplikasi smartphone terpopuler yang banyak digunakan pada tahun 2015.

10 Aplikasi Smartphone Terpopuler Tahun 2015

Dilansir dari Nielsen, Berikut ini daftar aplikasi smartphone terpopuler yang digunakan sepanjang tahun 2015. Saya akan mengurutkannya mulai dari 10 sampai urutan 1.

Berikut daftarnya

 

10. Apple Maps

Apple Maps adalah aplikasi penunjuk peta yang fitur dan kemampuannya tidak kalah dengan Google Maps. Bedanya, Apple Maps hanya hadir di perangkat iOS.

Aplikasi Apple Maps ini  pengguna lebih dari 46 juta selama  tahun 2015. Dengan angka tersebut, Apple Maps menduduki posisi ke-10 sebagai aplikasi terpopuler di tahun 2015.


9. Apple Music

Aplikasi terbaru yang barangkali menggebrak di tahun 2015 adalah Apple Music. Kehadiran aplikasi streaming mampu membuat pengguna iOS tertarik untuk menggunakan layanan ini.

Tak pelak, aplikasi streaming ini mampu menari lebih dari 54 juta pengguna. Hal ini juga didasari karena Apple Music tak hanya hadir di perangkat iOS tetapi juga di perangkat Android.

 

8. Instagram

Instagram, yang kini dimiliki Facebook, berhasil masuk ke posisi delapan sebagai aplikasi terpopuler di tahun 2015. Pengguna aktif di Instagram pada tahun 2015 ini adalah sekitar 55 juta pengguna.

 

7. Gmail


Tidak aneh jika Gmail menjadi aplikasi paling populer di 2015. Pasalnya, Gmail merupakan aplikasi bawaan yang adai di semua Android.  Bisa jadi, Gmail tambah populer dengan kehadirannya di sistem operasi lain.

Pada 2015 ini, tercatat jumlah pengguna aplikasi Gmail mencapi 75 juta pengguna. Angka yang sebenarnya masih rendah jika dibandingkan dengan jumlah pengguna Gmail yang mencapai 900 juga pengguna.

 

6. Google Maps

Hal yang cukup menarik adalah Google Maps ternyata lebih populer dibandingkan aplikasi Gmail. Bisa jadi karena lebih banyak orang yang membuka aplikasi Google Maps untuk membantu mencari tujuan dibandingkan Gmail.

Lihat saja, pada 2015 ini, Google Maps ada di peringkat 6 dengan jumlah pengguna 87 juga pengguna.

10 Aplikasi Smartphone Terpopuler Tahun 2015


5. Google Play Store

Toko aplikasi yang paling terkenal dengan jumlah aplikasi sampai 1,6 juta aplikasi ini tentu menjadi salah satu aplikasi yang memang populer.

Betapa tidak, Google Play Store banyak digunakan orang untuk berbagai keperluan. Bahkan sebelum menggunakan aplikasi lain, pengguna diharuskan download terlebih dulu di Google Play Store.

Jumlah pengguna Google Play sendiri mencapai 89 juta pengguna yang menempatkan apliasi berada di urutan 5.


4. Google Search

Aplikasi Google Search terus mengalami pembaruan tiap tahunnya. Bahkan, aplikasi ini kini menjadi bagian yang tak terpisahkan sebagai asisten pribadi dalam mencari sesuatu.

Tak heran, jika aplikasi Google Search berada di peringkat empat karena banyak orang ingin mencari informasi yang terus menerus. Setidaknya, ada 95 juta pengguna yang menggunakan aplikasi ini.


3. Facebook Messenger

Ketika Facebook membuat kebijakan memisahkan aplikasi Facebook dengan aplikasi pesannya, banyak orang yang protes. Namun, seiring berjalannya waktu, orang -orang terbiasa dan malah menyukai aplikasi pengiriman pesan Facebook ini.

Tampaknya peningkatan penggunaan Facebook Messenger ini didasari dengan berbagai fitur yang lebih menarik dibandingkan menggunakan pesan inbox biasa.

Apalagi, Facebook Messenger  hadir dan  bisa diunduh di perangkat Android dan iOS secara pada 2015 ini.


2. YouTube

Banyak orang yang saat ini lebih menyukai konten video. Karena itu, tak heran jika aplikasi penyedia streaming video Youtube menjadi aplikasi yang cukup banyak digunakan tahun 2015.

Aplikasi yang bisa diunduh di Android dan iOS ini mampu mencatatkan 97 juta pengguna dan membuatnya berada di posisi dua.

 

1. Facebook

Tidak sedikit orang yang meramalkan bahwa pengguna Facebook akan semakin turun jumlahnya. Namun, hal tersebut tampaknya tak akan terbukti.

Buktinya, aplikasi Facebook menjadi aplikasi paling populer dibandingkan aplikasi lainnya. Bahkan, tidak ada aplikasi media sosial lain (selain Instagram yang juga punya Facebook) yang masuk 10 besar. Ini menandakan bahwa jumlah pengguna Facebook sangat banyak.

Tahun 2015 ini, aplikasi Facebook pun mencatatkan jumlah pengguna sampai 126 juta pengguna. Sebuah jumlah yang cukup tinggi.


Nah, itulah 10 aplikasi di smartphone terpopuler versi Nielsen tahun 2015. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memlihat infografis dari Nielsen terkait 10 aplikasi terpopuler di 2015 berikut ini.

10 Aplikasi Smartphone Terpopuler Tahun 2015

 

via Nielsen 

About The Author

Hilman 80
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel