5 Terobosan Teknologi di Tahun 2015

27 Dec 2015 14:00 2289 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
5 terobosan yang dapat mengubah kehidupan dan lingkungan.

Teknologi mungkin adalah sebuah faktor yang memiliki pengaruh terbesar dalam perubahan dunia setiap saat. Walaupun pada umumnya sebuah terobosan teknologi selalu berisiko mengakibatkan suatu dampak, terobosan teknologi umumnya menjanjikan solusi terbaik dalam mengatasi tantangan di masa sekarang.

Dan di bawah ini adalah 5 buah terobosan teknologi hasil kompilasi dari WEF (World Economic Forum) yang semuanya menawarkan kekuatan inovasi untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak, mengubah industri serta menjaga planet yang sedang kita diami ini.

 

1. Fuel-Cell Vehicles

Merupakan sebuah terobosan teknologi di industri otomotif yaitu berupa sebuah mobil zero-emission yang dapat berjalan dengan menggunakan bahan bakar hidrogen.

Sudah sejak lama, mobil ini menjanjikan bahwa nantinya, mobil berbahan bakar hidrogen ini akan lebih baik dibandingkan dengan mobil berbahan bakar listrik dan hidrokarbon. Harga mobil ini sendiri nantinya cukup mahal yakni mencapai 70 ribu dollar Amerika atau sekitar 950 juta rupiah.

Namun, seiring menjamurnya jenis mobil ini, harganya pasti akan turun dengan drastis.

Berbeda dengan mobil bertenaga listrik, mobil berbahan bakar hidrogen dapat berjalan hingga 650 kilometer per tangkinya. Pengisian penuh bahan bakarnya sendiri hanya membutuhkan waktu 3 menit saja.

Hidrogen yang nantinya digunakan sebagai bahan bakar untuk mobil zero-emission ini juga mudah untuk didapatkan dengan berbagai cara yang dalam mendapatkannya tanpa harus melalui proses yang menghasilkan emisi karbon.

 

2. Plastik Thermoset yang Dapat di Daur Ulang

Plastik dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yakni thermoplastics dan thermoset plastics. Plastik jenis pertama adalah plastik yang dapat dipanaskan dan dibentuk menjadi bermacam-macam bentuk, sehingga plastik jenis ini umum digunakan pada mainan anak-anak.

Beda halnya dengan thermoset plastics, jenis plastik ini hanya dapat dipanaskan dan dibentuk sekali saja sehingga plastik ini akan tetap memiliki bentuk yang sama ketika dipanaskan untuk kedua kalinya.

Ketangguhan plastik ini menjadi bagian penting dalam kehidupan modern kita ini karena jenis plastik ini adalah jenis plastik yang biasa digunakan dalam membuat papan sirkuit untuk berbagai jenis barang elektronik.

Yang menjadi masalah, thermoset plastics ini adalah jenis plastik yang sempat memiliki status sebagai jenis plastik yang tidak dapat di daur ulang sehingga hanya dapat menjadi limbah dan mencemari lingkungan.

Namun, pada awal tahun 2015 lalu, sebuah perubahan tentang thermoset plastics muncul; jenis baru dari thermoset plastics bernama thermoset polymer muncul.

Dalam sebuah pengumuman, jenis plastik thermoset polymer yang memiliki kemampuan sama dengan thermoset plastics ternyata memiliki keunggulan dari segi karakteristiknya yang bisa didaur ulang.

Daur ulang untuk jenis plastik ini sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan zat asam kuat yang setelah terurai, thermoset polymers ini nantinya dapat dibentuk lagi menjadi sebuah produk baru.

Jenis plastik ini akan mulai digunakan dalam waktu dekat dan diharapkan dapat menggantikan thermoset plastics sebagai salah satu bahan baku pembuat papan sirkuit. Dan jika hal tersebut benar terwujud, maka pada tahun 2025 mendatang, thermoset polymers akan menjadi jenis plastik yang akan sering kita jumpai di setiap benda elektronik yang kita miliki.

 

3. Pendistribusian Langsung oleh Manufaktur

Dibandingkan dengan hanya membuat barang kemudian menyalurkannya ke toko-toko ataupun penjual-penjual biasa, sebuah manufaktur suatu produk nantinya akan bekerja secara online, dimana perusahaan tersebutlah yang membuat dan mengantarkan barang yang dibuat langsung ke depan pintu rumah kita.

Walaupun hal ini merupakan sebuah terobosan di dunia teknologi, tapi dampak yang nantinya akan disebabkan oleh hal ini akan lebih banyak negatifnya dibanding positifnya.

 

4. Teknologi Neuromorphic

Adalah sebuah teknologi dimana nantinya sebuah chip komputer akan mirip dengan otak manusia dari segi fungsi.

Hingga sekarang ini, super komputer terbaik pun masih belum bisa mengalahkan yang namanya otak. Komputer itu linera, dimana data dikirimkan melalui chip memori dan prosesor dengan kecepatan yang tinggi.

Namun berbeda halnya dengan otak yang secara penuh saling berhubungan dimana sinkronisasi antara kepadatan dan keberagamannya milyaran kali lebih cepat dibandingkan dengan yang ada pada komputer modern.

Disiniliah chip Neuromorphic berbeda dengan komputer. Teknologi pada chip neuromorphic bertujuan untuk dapat memproses informasi yang secara fundamental berbeda dengan apa yang biasa hardware tradisional lakukan, dimana proses informasi yang dilakukan akan lebih mirip dengan apa yang otak lakukan.

 

5. Teknik Rekayasa Genetika Tepat Guna

Rekayasa genetika konvensional selama ini telah menimbulkan kontroversi dari berbagai kalangan. Dan sekarang, teknik rekayasa genetika terbaru muncul dimana teknik ini memungkinkan kita untuk secara langsung mengedit kode genetik dari sebuah tanaman yang membentuknya.

Contoh pemanfaatan teknik ini pada tanaman adalah dengan membuat sebuah tanaman lebih memiliki warna yang mencolok dan wangi yang lebih tajam dibandingkan dengan tanaman aslinya.

Atau jika digunakan pada beras, teknik ini dapat merekayasa kode genetik pada tanaman beras tersebut sehingga nanti beras yang dihasilkan lebih bernutrisi dan dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi cuaca.

Dengan teknik ini, level dari teknologi pertanian pun akan semakin maju dimana penggunaan seperti air dan pupuk nantinya mungkin takaran penggunaannya akan lebih hemat lagi. [FM]

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel