5 Vendor Smartphone Teratas pada Q2 Tahun 2015

23 Dec 2015 14:00 2168 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Samsung masih bertahan di peringkat pertama, sisanya?

Pada kuartal kedua di tahun 2015 ini, terjadi peningkatan yang cukup tinggi pada pasar smartphone dibandingkan pada kuartal pertama yakni peningkatan sebanyak 13% dimana 341.5 juta pengiriman smartphones telah dilakukan.

Seperti apa yang dilansir oleh IDC (International Data Corporation), pertumbuhan atau peningkatan sebanyak 13% ini disebabkan oleh peningkatan pengalaman pada pasar seperti APEJ dan MEA.

Akan tetapi, peningkatan yang terjadi ini menurut IDC sedikit lebih rendah dibandingkan dengan prediksi yang pernah pihaknya lakukan.

Selama kuartal kedua di tahun 2015 ini, Android mendominasi pasar smartphone dengan dominasi mencapai 82.8% saham. Vendor Samsung, juga di kuartal kedua ini mempertahankan kembali peringkat pertamanya dengan berfokus pada smartphone kelas rendah.

Berikut ini adalah data statistik dari persaingan para vendor smartphone di kuartal kedua tahun 2015 ini.

 

1. Samsung

Masih mempertahankan peringkat pertamanya sebagai vendor smartphone terbaik di kuartal kedua tahun 2015, saat ini Samsung memiliki 21,4% saham dari total saham di pasar smartphone.

Walaupun sempat melemah akibat performa dari smartphone Flagship Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge, Samsung dapat kembali meningkatkan posisinya di pasar smartphone berkat bertambahnya pengiriman-pengiriman smartphone Samsung low-end ke wilayah seperti Asia Tenggara, Timur Tengah, serta Afrika.

Tidak hanya itu, Samsung juga memperkuat posisinya lewat kemunculan flagship pengganti Galaxy S6 yaitu seri Galaxy Note.

 

2. Apple

Apple adalah sebuah satu-satunya perusahaan sukses yang tidak menggunakan sistem operasi Android. Dan kesuksesannya di kuartal kedua tahun 2015 ini dibuktikan dengan pengiriman 47.5 juta unit smartphone andalannya yaitu iPhone 6 Plus ke berbagai penjuru dunia.

Walaupun di kuartal kedua ini Apple menduduki peringkat kedua, total pengiriman iPhone 6 Plus di atas cukup mengecewakan bagi Apple, karena dibandingkan kuartal pertama, pengiriman di kuartal kedua ini telah turun sebanyak 22.3%.

Namun tetap saja, jika dilihat secara keseluruhan, pertumbuhan Apple dari tahun ke tahun cukup membanggakan dimana setiap tahunnya pertumbuhan Apple meningkat sebanyak 35%

 

3. Huawei

Vendor asal China yang berhasil merebut peringkat ketiga sebagai smartphone dengan saham terbesar di pasar smartphone dari yang sebelumnya adalah peringkat keempat.

Keberhasilan ini sendiri adalah berkat usaha Huawei dengan terus mendorong penjualan perangkat smartphone premium buatannya seperti Acend Mate 7, P-Series serta seri Honor. Selain itu, smartphone low-end Huawei dengan tipe Y-Series juga adalah salah satu faktor yang menjadikan huawei berhasil merebut posisi ketiga di persaingan pasar smartphone.

 

4. Xiaomi

Berhasil menggulingkan LG, Xiaomi menjadi salah satu vendor smartphone yang menempati satu dari 5 peringkat teratas di pasar smartphone.

Kunci kesuksesannya sendiri adalah perilisan dari Redmi 2A di China dan peningkatan performa dari Redmi serta model Mi baik di China maupun di kancah internasional. Xiaomi yang berhasil menempati peringkat keempat ini dapat dikatakan luar biasa.

Hal ini dikarenakan, smartphone made in China ini hanya beredar secara resmi di wilayah Asia Pasifik. Bayangkan saja jika Xiaomi juga rilis di benua-benua lain seperti Afrika, Amerika, dan Eropa; mungkin vendor smartphone asal negeri tirai bambu ini dapat menjadi pesaing ketat dari Samsung.

 

5. Lenovo

Turun dua peringkat sejak kuartal pertama tahun 2015.

Penyebab penurunan drastis ini adalah karena persaingan ketat dari dua vendor smartphone asal China lainnya yaitu Huawei dan Xiaomi. bahkan setelah Lenovo menerapkan berbagai usaha untuk meningkatkan brand awareness dan jangkauannya pada kuartal pertama, total saham Lenovo di pasar smartphone hanya mencapai 4.7% saja.

 

 

 

sumber: IDC

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel