5 Aplikasi Mengirim Pesan ini Paling Populer di Dunia

22 Dec 2015 16:10 2264 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Terhitung sejak tahun 2015, penggunanya mencapai ratusan juta pengguna.

Mengirim pesan tertulis dengan menggunakan gadget mungkin adalah satu-satunya cara untuk menghubungi seseorang via tulisan saat ini.

Dan perlu diketahui, bahwa dulu sebelum adanya smartphone dan internet, mengirim pesan tertulis tidaklah secanggih seperti sekarang ini dimana seseorang dapat mengirim pesan hanya dengan menggunakan satu jenis perangkat secara gratis.

Dan beberapa tahun ini, perkembangan layanan kirim-mengirim pesan gratis telah membuktikan keberadaannya sebagai sebuah alternatif yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mengirim pesan lewat SMS dengan kemunculan berbagai aplikasi mengirim pesan yang pengguna aktif bulanannya mencapai ratusan juta orang dari berbagai belahan dunia.

Dan di bawah ini adalah 5 aplikasi messenger populer yang pengguna aktif setiap bulannya mencapai ratusan juta pengguna.

                             

 

1. WhatsApp Messenger

WhatsApp pertama kali ditemukan oleh mantan pegawai yahoo bernama Brian Acton dan Jan Koum pada tahun 2009. Sedangkan untuk rilis perdananya, WhatsApp dirilis pada awal Januari tahun 2010.

WhatsApp mulai memasuki masa keemasannya pada awal tahun 2013 dimana jumlah penggunanya meroket hingga mencapai 200 juta pengguna aktif. Masa keemasan WhatsApp tidak hanya disitu saja, karena di akhir tahun 2013, WhatsApp mengalami peningkatan pengguna sebanyak dua kali lipat dimana yang asalnya hanya 200 juta pengguna, menjadi 400 juta pengguna.

Pencapaian WhatsApp ini ternyata menarik perhatian media sosial nomor satu di dunia yaitu Facebook. Karena pada awal tahun 2014, Facebook mengumumkan bahwa pihaknya telah membeli WhatsApp dengan nilai 19 milyar dollar Amerika.

Hingga tahun 2015 ini, pengguna WhatsApp semakin naik dengan drastis, dimana penggunanya sudah mencapai lebih dari 800 juta pengguna aktif setiap bulannya.

 

2. Facebook Messenger

Siapa yang tidak kenal Facebook Messenger?

Facebook Messenger adalah sebuah aplikasi untuk mengirim pesan secara instan dengan menggunakan koneksi internet.

Sejak perilisan pertamanya pada bulan Agustus tahun 2011, aplikasi ini cukup menarik banyak perhatian penggunanya karena pada awal perilisannya Facebook Messenger memang sudah membawa nama “Facebook” sebagai media sosial.

Seperti halnya WhatsApp, pengguna Facebook Messenger terus meningkat drastis dari tahun ke tahun hingga pada tahun 2015 sekarang ini, pengguna aktifnya sudah mencapai 700 juta pengguna aktif setiap bulannya.

 

3. QQ Mobile

Adalah sebuah layanan Chat & Call yang berasal dari negeri tirai bambu yang dibuat oleh perusahaan bernama Tencent Technology dimana fokus dari perusahaan ini adalah pada komunikasi.

Sebelum akhirnya merambah dunia mobile, Tencent QQ sebelumnya pernah dirilis untuk komputer pada tahun 1999 namun, layanannya berakhir pada tahun 2008 karena tidak mampu bersaing dengan Windows Live Messenger.

Disitulah QQ kemudian mencoba mengadu nasib di dunia mobile dengan meluncurkan layanannya untuk Symbian S60 edisi ketiga.

Dari situlah kemudian QQ mulai berkembang dimana pada bulan Juli 2014, pengguna aktif bulanannya mencapai 200 juta pengguna. Dan pada tahun 2015 ini, pengguna dari QQ di seluruh dunia termasuk negara asalnya China telah mencapai angka 603 juta pengguna aktif per bulannya.

 

4. WeChat

WeChat atau yang dalam bahasa Chinanya bernama WÄixìn atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi pesan mikro, adalah sebuah aplikasi penyedia layanan mengirim pesan yang dikembangkan oleh Tencent asal China.

Ketika pertama kali dirilis pada tahun 2011, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi mengirim pesan terbesar berdasarkan pengguna bulanannya.

Dan hingga tahun 2015 ini, pengguna bulanan dari aplikasi WeChat di berbagai platformnya sudah mencapai 600 juta pengguna aktif per bulannya.

 

5. Skype

Skype (dibaca: Skaip) adalah sebuah aplikasi layanan penyedia video chat dan video call yang pertama kali berdiri pada tahun 2003. Aplikasi ini juga sempat berpindah tangan beberapa kali dimana pada tahun 2005, Skype pernah dibeli eBay dengan nilai 2.6 milyar dollar Amerika.

Kemudian pada tahun 2009, sebagian besar Skype juga telah dibeli oleh Silver lake, Andreessen Horowitz, dan Canada Pension Plan Investment Board dengan nilai 1.9 milyar dollar Amerika.

Dan pada tahun 2011, Skype kemudian diakusisi atau dibeli oleh pihak Microsoft senilai 8.5 milyar dollar Amerika dan bertahan hingga sekarang.

Walaupun fokusnya adalah sebagai media untuk melakukan video chat, ternyata pengguna Skype juga yang banyak menggunakan aplikasi ini untuk saling mengirim pesan berbentuk tulisan. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna aktif bulanan Skype yang mencapai 300 juta pengguna, selalu aktif menggunakan aplikasi pengiriman pesan berbentuk teks yang terintegrasi pada aplikasi Skype.

[FM]

 

 

 

sumber: ststa

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel