Masih Pakai Windows 8? Coba Trik Rahasia ini

16 Dec 2015 18:00 4474 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Trik Rahasia ini belum diketahui banyak orang.

Walaupun kebanyakan orang sekarang ini sudah menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi pada komputernya, bukan berarti bahwa para pengguna Windows 7 dan Windows 8 juga ikut hilang.

Walaupun pihak Microsoft hingga sekarang ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan sistem operasi terbarunya, orang-orang seperti saya yang tidak begitu suka dengan Windows 10 lebih memilih bertahan di Windows 8 dan Windows 7 yang pengoperasiannya sudah cukup saya kuasai.

Termasuk didalamnya berbagai tweaks dan tricks yang dapat membantu saya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan memberikan 4 trik rahasia pada Windows 8 yang mungkin belum diketahui banyak orang termasuk Anda.

 

1. Menghilangkan Lock Screen

Setiap Anda melakukan restart pada komputer Anda, keluar dari akun komputer Anda ataupun mengunci layar Anda sebuah layar dengan wallpaper cantik yang biasa disebut dengan lock screen akan muncul.

Bagi yang menganggap hal tersebut mengganggu, ada cara untuk menghilangkan lock screen tersebut secara permanen. Yang menjadi masalah, pilihan untuk menghilangkan lock screen tersebut disembunyikan oleh Microsoft.

Untuk menghilangkan fitur lock screen tersebut, Anda tinggal mengetikkan kata “gpedit.msc” pada layar start kemudian tekan “Enter”.

Setelah itu, sebuah jendela baru bernama Local Group Policy Editor akan muncul. Langkah selanjutnya, Anda harus membuka path Computer Configuration\Administrative Templates\Control Panel\Personalization dan temukan pilihan “Do not display  the lock screen”.

Lakukan double-click pada pilihan tersebut kemudian set pilihan ke ‘enabled’ lalu klik ‘OK’.

 

2. Mengambil Screenshot secara Instan

Pada Windows 8, sebuah kombinasi tombol tertentu dapat membantu Anda untuk mengambil screenshot dengan instan.

Cara untuk mengambil screenshot tersebut adalah dengan menekan dan menahan tombol Windows di keyboard Anda kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol Print Screen. Setelah layar monitor Anda berkedip, tandanya Anda telah berhasil mengambil sebuah screenshot.

Gambar yang telah Anda ambil tersebut kemudian akan disimpan di folder Picture dengan format .PNG.

 

3. Memperlihatkan Administrative Tools

Secara default, Windows menyembunyikan berbagai tool administratif dari layar Start. Dan untuk memunculkannya di layar Start, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menggulirkan mouse Anda ke bagian kanan bawah layar kemudian pilih “Settings” setelah muncul jendela seperti dibawah ini, klik pada tombol yang ada di bawah tulisan “Show Administrative Tools” hingga berubah menjadi berwarna hijau (Yes).

 

4. Mengontrol Maintenance Otomatis

Windows 8 secara default telah membuat jadwal secara tersendiri yang secara otomatis akan melakukan update, menjalankan scan keamanan serta melakukan systems diagnostics pada jam yang telah ditentukan oleh Windows dimana biasanya aktivitas tersebut berjalan pada pukul 3 subuh.

Bagi ingin mengganti waktu aktivitas tersebut, Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan cara membuka ikon bendera bernama ‘Action Center’ yang ada di kanan bawah layar.

Setelah sebuah jendela baru terbuka (namanya Action Center), pilih pilihan “Change Maintenance Settings” dan ganti jam yang asalnya pada pukul 3:00 AM menjadi jam yang Anda inginkan, kemudian pilih “OK”.

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel