Punya Ide Inovatif untuk Memajukan Bandung? Disini Tempatnya.

16 Dec 2015 10:17 4304 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
iuran.id adalah sebuah platform online untuk menampung ide.

Ide merupakan hasil atau buah pemikiran dari seorang individu ataupun kelompok yang kemudian dimanfaatkan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

Walaupun setiap harinya banyak orang yang pasti memiliki sebuah ide yang memiliki nilai manfaat tinggi, mereka yang memiliki ide tapi tidak memiliki wadah atau sarana untuk mengungkapkan ide tersebut akhirnya membuat ide yang tadinya mungkin dapat bermanfaat bagi semua orang, malah menjadi sia-sia karena tidak terpakai

Untuk mengatasinya, pemerintah kota Bandung dengan walikotanya yang sekarang adalah bapak Ridwan Kamil atau yang lebih akrab disapa dengan panggilan kang Emil, beberapa waktu yang lalu telah merilis sebuah situs bernama iuran.id.

Iuran.id adalah sebuah platform online yang diperuntukkan untuk mereka para warga Bandung ataupun mungkin warga dari daerah lain yang sedang tinggal di Bandung untuk menyalurkan ide-ide inovatifnya.

Ide-ide inovatif yang diposting ke situs ini tentunya terbatas pada ide-ide inovatif yang dapat membangun kota Bandung menjadi lebih baik lagi. Jadi jangan sampai memposting ide-ide yang aneh-aneh seperti “ide bagaimana cara mendapatkan pacar dengan cepat di Bandung.” Karena ide seperti itu kemungkinan besar akan langsung ditolak.

Lalu meskipun ide yang diposting adalah ide yang memang memiliki sebuah nilai manfaat untuk memajukan kota Bandung, Ide-ide inovatif yang diposting di situs ini sendiri tentunya tidak akan langsung di-approve dan dijalankan.

Karena sebelum diterima untuk kemudian diimpelementasikan, berbagai ide tersebut sebelumnya akan melalui tahap evaluasi terlebih dahulu dari tim ahli, anggota dari iuran.id serta juri-juri terpilih.

Bagi ide-ide inovatif yang berhasil lulus tahap evaluasi dan terpilih menjadi sebuah ide diyakini sebagai ide yang akan memajukan kota Bandung, maka pencetus ide-ide tersebut tidak akan pulang dengan tangan hampa.

Para anggota iuran.id yang ide-idenya terpilih, nantinya akan mendapatkan hadiah yang jenis hadiahnya sendiri akan ditampilkan ditampilkan di bagian kontes (tantangan).

Untuk dapat memposting sebuah ide kreatif dan inovatif demi membangun kota Bandung ke arah yang lebih baik lagi, pertama-tama Anda harus terdaftar sebagai anggota dari situs iuran.id terlebih dahulu. Untuk mendaftar, Anda cukup mengklik pilihan “Registrasi” kemudian mengisi data diri Anda.

Setelah Anda terdaftar dan telah memverifikasi akun Anda serta ingin sesegera mungkin memposting ide inovatif yang sudah tidak terbendung lagi, maka ketika Anda berada di halaman utama, klik pada tab atau bagian “Input Ide”. Setelah itu, mulailah isi form yang telah disediakan dengan lengkap mulai dari judul ide yang ingin Anda ungkapkan.

Setelah itu, Anda kemudian mengisi bagian masalah yang ada di kota Bandung. Lalu, setelah mengisi masalahnya, tawarkanlah ide inovatif Anda yang berupa solusi untuk mengatasi masalah yang sudah Anda tuliskan tersebut.

Pada bagian Foto, isilah foto yang berhubungan dengan ide inovatif Anda. Ingat! Foto yang berhubungan dengan ide inovatif Anda dan bukan foto yang memperlihatkan ketampanan atau kecantikan Anda.

Pada bagian “lampiran”, disitu Anda dapat menambahkan berbagai jenis file berformat .doc, .pdf, .ppt, .txt, dan .csv yang isi filenya sendiri penjelasan rinci tentang solusi atau ide inovatif yang Anda miliki.

Kemudian pada bagian “Tag”, isilah bagian tersebut dengan tagar dari topik yang berkaitan ide inovatif Anda. Seperti ketika Anda mengungkapkan masalah dan solusi soal banjir, maka Anda tuliskanlah tagar #banjir pada kolom tag yang tersedia.

Untuk meningkatkan nilai evaluasi dan memperjelas detil dari ide inovatif yang ingin Anda sampaikan, Anda juga dapat menambahkan sebuah link video tentang ide inovatif Anda. Videonya sendiri dapat Anda unggah terlebih dahulu ke situs seperti YouTube sebelum di-link ke situs iuran.id.

Setelah semuanya diisi, pilih “masukan ide” untuk memposting ide Anda. Namun jika Anda masih ragu untuk mengirimkan ide Anda, pilih “batal” untuk membatalkan pengajuan ide Anda, atau pilih “simpan sebagai draft” agar suatu saat ide Anda bisa Anda kirimkan tanpa harus melakukan penulisan ulang. [FM]

 

 

 

 

Gambar: iuran.id, Facebook/RKbdg

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel