Inilah Shakira, Penyanyi Sukses Asal Kolombia

15 Dec 2015 17:00 4958 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sejarah kehidupan Shakira di industri musik.

Sungguh terlalu bila Anda tidak tahu penyanyi yang satu ini.

Shakira Isabel Mebarak Rippol, atau yang lebih kita kenal dengan Shakira, adalah seorang penyanyi pop multi talenta asal Kolombia. Walaupun awalnya ia adalah anak satu-satunya dari pasangan suami istri William Mebarak Chadid dan Nidia del Carmen Ripoll, Shakira sebenarnya juga mempunyai delapan saudara tiri yang umurnya lebih tua darinya.

Kedelapan saudara tiri tersebut adalah anak-anak ayah Shakira dari pernikahannya sebelumnya.

Selain menyanyi Shakira juga ternyata ahli dalam membuat lagu, menari hingga menjadi seorang model. Ilmu dalam membuat lagu sendiri ia dapatkan karena kecintaannya dalam menulis puisi ketika ia masih berusia empat tahun.

Dan seiring bertambahnya usia Shakira, hobi menulis puisi yang dimilikinya pun kemudian berubah menjadi tulisan-tulisan berupa syair lagu.

Keahlian menari Shakira juga ia dapatkan ketika ia masih berumur empat tahun, dimana pada saat itu ayah Shakira mengajaknya ke sebuah restoran timur tengah yang didalamnya terdapat hiburan tari perut.

Di dalam restoran tersebut, Shakira terpesona dan tertarik dengan apa yang dilakukan penari tersebut dan ia pun kemudian mengimitasinya dengan menari di atas meja makan. Di tempat ini juga, Shakira untuk pertama kalinya menemukan cita-citanya, yaitu untuk menjadi seorang entertainer.

Lahir pada tanggal 2 Februari 1977, penyanyi wanita populer yang juga tumbuh besar di sebuah kota di bagian utara Kolombia bernama Barranquilla ini telah memenangkan banyak awards atau penghargaan selama karirnya.

Penghargaan yang didapatnya adalah sebagai berikut.

• 5 Penghargaan MTV Video Music Awards

• 2 Grammy Awards

• 8 Latin Grammy Awards

• 7 Billboard Music Awards

• 28 Billboard Music Awards

Selain banyak penghargaan yang telah diraihnya tersebut, Shakira juga telah berhasil menjual kaset rekamannya hampir mencapai 125 juta keping.

Dan karena pencapaiannya tersebut, nama Shakira pun akhirnya diabadikan di tempat paling bergengsi bagi para pelaku di dunia hiburan yaitu “Hollywood Walk of Fame.”

Walaupun sekilas terlihat karirnya meningkat pesat, Shakira mencapai puncak kejayaan di dunia entertainment ini bukanlah tanpa kesulitan.

Pada tahun 1990 dimana pada saat itu Shakira masih berumur 13 Tahun, ia merilis album pertamanya bernama “Magia”. Namun album tersebut tidak berhasil meraup keuntungan karena hanya terjual 1.200 keping saja di seluruh dunia.

Pantang menyerah, pada tahun 1993 Shakira kemudian mengeluarkan album keduanya bernama “Peligro”. Album keduanya ini memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan album pertamanya.

Akan tetapi, karena Shakira tidak puas dengan album keduanya ini dan menolak untuk mempromosikan album tersebut, nasib album keduanya ini tidak berbeda jauh dengan album pertamanya. Disitulah ia memutuskan untuk beristirahat sementara dari dunia hiburan dan berfokus untuk menamatkan sekolahnya terlebih dahulu.

Pada tahun 1995, Shakira kembali ke dunia rekaman di bawah naungan Sony Music. Dan saat itu, ia mulai membuat musiknya sendiri dengan uang sejumlah 100,000 dollar Amerika yang telah diberikan Sony.

Sony sendiri hanya memberikan uang sejumlah yang telah ditulis di atas karena mereka memprediksi bahwa album yang sedang dalam masa pembuatan tersebut tidak akan laku lebih dari 100 ribu keping.

Namun diluar dugaan Sony, album ketiga Shakira yang dirilis pada bulan Februari 1996 dengan nama “Pies Descalzos” terjual sebanyak 5 juta keping di seluruh dunia.

Kemudian pada tahun 1998, Shakira juga merilis album keempatnya yang bernama  “Dónde Están los Ladrones?” dimana album ini berhasil terjual lebih dari 7 juta keping yang sekaligus menjadikan rekor baru penjualan album Shakira.

Pada tahun 2001, Shakira kemudian merilis album berbahasa Inggris pertamanya yang ia beri nama Laundry Service dimana dalam kurun waktu satu tahun, album ini berhasil terjual sebanyak 20 juta keping di seluruh dunia.

Dari rekor penjualan inilah kemudian album kelima Shakira ini dinobatkan menjadi “best selling album of 2002.”

Melompat ke tahun 2008, Forbes yang juga adalah sebuah majalah bisnis ternama di Amerika pada waktu itu menobatkan Shakira sebagai salah satu selebritis wanita dengan penghasilan terbanyak keempat di dunia musik.

Pada tahun 2010, mereka yang awalnya belum mengenal Shakira pun akhirnya mau tidak mau jadi mengenalnya lewat musik yang pada waktu itu dijadikan sebagai musik resmi dari sebuah ajang bergengsi sepakbola yaitu piala dunia.

Hasilnya, lagu bertema piala dunia yang ia lantunkan tersebut menjadi lagu piala dunia terlaris sepanjang masa, bahkan mengalahkan lagu piala dunia yang pernah dinyanyikan oleh Ricky Martin.

Shakira hingga saat ini sudah membuat album dengan total 10 album, dimana album-album yang dibuatnya adalah sebagai bukti perjuangannya selama 25 tahun di dunia musik, mulai dari awal debutnya pada umur 13 tahun hingga di usianya yang ke-38 pada tahun 2015 ini. [FM]

 

 

 

Sumber: forbes, boomsbeat, IMDb, MTV, Rolling Stone

Gambar: bigbangfish

 

 

 

Tags musik Artis

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel