10 Fitur ini Ada Pada Siri di iPhone Anda

11 Dec 2015 21:00 7858 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ternyata Siri adalah asisten pribadi yang canggih.

Jika Windows 10 sekarang punya Cortana, maka Apple dengan sistem operasinya bernama iOS punya yang namanya Siri.

Siri disini bukanlah bagian kata dari nikah siri, melainkan Siri yang merupakan kependekan dari ‘Speech Interpretation and Recognition Interface’. Yaitu sebuah bagian dari sistem operasi buatan Apple yang perannya adalah menjadi asisten pribadi dan navigator canggih dari pengguna perangkat buatan Apple.

Sebelum menjadi bagian dari Apple, Siri pernah muncul di Apple Store sebagai aplikasi yang dijual oleh Siri, Inc.

Dan kini Siri telah menjadi bagian dari Apple dan akan dapat ditemukan di sebagian besar perangkat buatan Apple.

Dengan hadirnya Siri di perangkat buatan Apple yang bersistem operasi iOS, Siri ternyata membuat sebagian penggunanya bingung. Hal ini dikarenakan fitur siri yang cukup beragam dan membingungkan khususnya bagi mereka yang masih menjadi pemula di dunia teknologi.

Bagi Anda yang belum tahu apa saja yang Anda dapat lakukan dengan menggunakan Siri, inilah 10 hal yang dapat Anda lakukan dengan asisten pribadi dari perangkat Apple Anda.

 

1. Mencari Sesuatu

Tidak seperti mencari lewat mbah Google yang hanya mencari sumber dari satu sumber saja (Google), siri dapat digunakan sebagai mencari. Pencarian yang dapat Siri lakukan sendiri terbilang lebih akurat. Hal ini dikarenakan Siri melakukan pencarian dengan mengambil hasil dari berbagai sumber termasuk Google.

 

2. Membuat sebuah Reminder (Pengingat)

Semua orang pasti harus mengingat sesuatu. Oleh karena itu, bagi mereka yang sering lupa untuk melakukan suatu aktivitas pada waktu tertentu, Siri dapat menjadi asisten Anda yang akan mengingatkan Anda tepat pada waktunya.

 

3. Membuat sebuah Event

Menambah jadwal ke kalendar mungkin bagi sebagian orang cukup melelahkan, karena menulis di perangkat smartphone itu memang agak sulit.

Dan dengan adanya Siri, kesulitan tersebut akan hilang karena ketika Anda ingin menambahkan suatu jadwal ke kalendar, Anda tinggal meminta Siri untuk melakukannya dengan cara memberikan judul dari jadwal yang ingin ditambahkan serta tanggal kapan jadwal tersebut dijadwalkan.

Contoh perintahnya: “set an event”, setelah di konfirmasi Siri, “meeting with my girlfriend on December 24th”

 

4. Memasang Alarm

Mungkin tidak begitu penting, tapi terkadang bagi orang yang terlalu sibuk sampai tidak ada waktu menyetel alarm dengan tangan sendiri, Siri akan membantu orang tersebut mengatur alarm hanya dengan satu perintah singkat saja.

Contoh perintahnya: “set alarm for 6.30 am” atau “wake me up at 6.30 am”

 

5. Menelepon Orang Lain

Sebagai asisten yang baik, mereka akan selalu ada ketika Anda butuhkan. Bagi mereka yang sedang menyetir dan tiba-tiba ingin menelepon seseorang karena suatu urusan, Siri dapat membantu Anda untuk menghubungkan orang yang ingin Anda hubungi hanya dengan satu kalimat pendek.

Contohnya ketika Anda ingin menghubungi ibu Anda, Siri akan membantu menghubungi ibu Anda hanya dengan sebuah perintah singkat yaitu “Call ibu” atau jika ingin menggunakan loudspeaker, “call ibu with loudspeaker.”

 

6. Membantu Menghitung

Bingung menghitung perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan atau bahkan pengakaran? Daripada susah-susah menggunakan kalkulator, gunakan saja Siri. Ia akan langsung memberikan jawabannya sesaat setelah Anda menanyakan soal hitung-hitungan yang Anda tidak tahu jawabannya.

Contoh perintahnya adalah “What is five multiplied by six”.

 

7. Merubah Pengaturan Perangkat Apple Anda

Malas untuk membuka pengaturan perangkat seperti ketika ingin mematikan atau menyalakan Wi-Fi dan Bluetooth? Kini asisten pribadi bernama Siri sudah dapat mematikan dan menyalakan kedua fitur pada perangkat Apple Anda hanya dengan perintah singkat seperti “Turn on Wi-Fi” atau “Turn off Wi-Fi”.

 

8. Membaca Peta

Ketika Anda tersasar di suatu tempat dan di tangan Anda hanya ada iPhone serta koneksi internet saja, Anda bisa meminta Siri untuk membantu Anda membaca peta.

Membaca peta disini tidak sebatas memberi tahu dimana lokasi Anda saja, melainkan Anda juga akan dapat menanyakan bagaimana cara Anda untuk pergi dari poin X ke poin Y dengan perintah “how to go to Y from A”.

 

9. Membaca SMS

Terkadang ketika smartphone Anda berbunyi ketika Anda sedang mengemudi, pasti Anda langsung penasaran tentang apa isi pesan pendek yang baru saja sampai tersebut.

Tentunya, mengendarai kendaraan sambil membaca SMS adalah hal yang sangat tidak dianjurkan dan juga melanggar hukum. Namun, dengan adanya Siri si asisten pribadi, membaca SMS tidak perlu Anda lakukan sendiri lagi. Hal ini dikarenakan Siri mampu untuk membaca SMS yang yang baru saja sampai hanya dengan perintah singkat dengan mengatakan “read the last text message”.

 

10. Memberikan Anda Nama Panggilan

Jika Anda tidak ingin dipanggil dengan nama asli Anda, maka Siri dapat mengganti nama panggilan yang asalnya menggunakan nama asli Anda menjadi nama yang akan dibuat secara acak oleh Siri.

 

Penutup

Itulah berbagai fitur yang tertanam pada Siri, dan beberapa diantaranya mungkin sangat bermanfaat bagi para pengguna perangkat Apple di zaman yang serba sibuk ini.

Jika ada satu hal yang mungkin menyulitkan penggunanya, pasti adalah mengenai bahasa yang dapat digunakan oleh Siri. Oleh karena itu, bahasa yang digunakan ketika berinteraksi dengan Siri adalah bahasa yang memang sudah terprogram didalamnya yang salah satunya adalah bahasa Inggris.

Rumit? Anggap saja Anda sedang belajar bahasa Inggris. [FM]

 

 

 

gambar: idownloadblog

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel