15GB untuk Windows 10 Terlalu Besar? Perkecil Saja

8 Dec 2015 19:15 7964 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Inilah 3 cara untuk mengecilkan ukuran Windows 10 di komputer Anda

Jika kita berbicara soal Windows 10, ukurannya yang hanya belasan Gigabytes tidak begitu berpengaruh terhadap hard disk dari sebuah PC atau laptop modern yang paling rendah biasanya menggunakan hard disk berukuran 500 Megabytes ke atas.

Namun, lain halnya jika perangkat yang kita miliki itu memiliki hard disk yang kecil dan atau mungkin sudah penuh dengan file-file penting milik kita.

Sebuah fresh install dari Windows 10 umumnya menggunakan sekitar 15GB dari penyimpanan hard disk kita. Dari 15GB tersebut, kebanyakannya dipakai untuk file systems dan file reserved. Kemudian 1GB lainnya digunakan untuk aplikasi default dan games yang memang sudah satu paket dengan Windows 10.

Mungkin hal ini bukanlah masalah bagi mereka yang memang punya PC atau laptop modern. Tapi bagi mereka yang memiliki laptop mini atau yang sering kita sebut netbook dengan kapasitas hard disk paling besar 64GB, 15GB hanya untuk Windows adalah sebuah pengorbanan yang menurut saya cukup besar.

Contohnya saja Lenovo ideapad 100S yang muncul di pasaran dengan kapasitas hard disk hanya 32GB saja. Sehingga jika kita memasang Windows 10 pada laptop tersebut, maka kapasitas yang dapat kita gunakan hanyalah 17GB saja.

Namun jangan khawatir, dimana ada masalah disitu biasanya ada jalan.

Untuk mengatasi pemakaian ruang penyimpanan dari Windows 10 yang mungkin bagi beberapa orang terlalu besar, kita bisa mengakalinya dengan 3 cara mudah yang akan dijelaskan di bawah ini.

 

1. Melakukan Uninstall Pada Aplikasi-Aplikasi Bawaan Windows 10

Walaupun aplikasi-aplikasi bawaan Windows 10 tidak menggunakan penyimpanan secara individu, tapi mereka ternyata dapat di uninstall dengan langkah-langkah yang mudah.

• langkah pertama adalah dengan membuka “Settings” dari menu “Start”

• kemudian klik pada “System”

• Setelah itu klik pada “Storage” dan pilih drive tempat Anda memasang Windows 10 (biasanya di C)

• Setelah muncul menu selanjutnya, pilih “Apps & Games”

• Setelah muncul listnya, Anda bisa mulai menghapus aplikasinya satu-persatu dengan memilih “Uninstall”.

**Catatan** Beberapa aplikasi seperti Groove Music, Xbox, Mail dan Calendar, Maps serta Xbox tidak bisa di-uninstall. Untuk menghapusnya, Anda harus menggunakan Powershell Commands.

 

2. Mematikan Fungsi Hibernation

Ketika kita mengaktifkan fitur hibernasi pada komputer kita, Windows kemudian menyimpan data tentang keadaan komputer kita ketika kita mengaktifkan fitur tersebut (seperti folder apa saja yang sedang dibuka) ke dalam hard disk di komputer kita.

Namun jika kita tidak menggunakan fitur ini, kita bisa membuang fitur ini dengan menghapus file bernama “hiberfil.sys” yang secara mengejutkan menggunakan beberapa gigabytes dari hard disk di laptop kita.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus file tersebut.

• Pertama, buka Command Prompt dalam mode Administrator

• ketika muncul pilihan untuk konfirmasi, pilih “Yes”

• setelah jendela Command Prompt muncul, ketik powercfg -h off dan tekan Enter

Dengan ini, Anda telah berhasil megnhapus file “hiberfil.sys” dan fitur hibernasi pada komputer akan hilang. Walaupun fitur hibernasi hilang, fitur lainnya yang mirip yaitu fitur “Sleep” masih dapat digunakan.

 

3. Mengubah Kapasitas dari Virtual Memory pada Windows 10

Dengan Virtual Memory, jika komputer kita tidak cukup memori fisik untuk menjalankan sebuah program atau operasi, maka Windows akan memindahkan sebagian data dari RAM ke sebuah paging file di dalam hard disk kita.

Dan disini, kita bisa membatasi seberapa banyak ruang yang paging file ini dapat gunakan. Caranya adalah sebagai berikut:

• Pertama, buka Control Panel

• Klik pada “System and Security”

• Klik pada “System”

• Klik pada “Advanced Systems Settings”

• Pergi ke bagian “Advanced” kemudian klik pada bagian “Settings”

• pergi lagi ke bagian “Advanced” kemudian klik pada bagian “Change”

• hilangkan tanda checklist pada box ”Automatically manage paging file size for all drives”

• pilih “Custom Size” dan masukkan ukuran maksimal yang ingin kita alokasikan

• klik pada “Set” dan klik “OK” untuk mengakhirinya.

 

 

Kesimpulan

Walaupun bagi sebagian orang cara di atas mungkin agak sulit. Tapi dengan menjalankan ketiga langkah yang sudah dijelaskan di atas, Anda setidaknya dapat menghemat ruang penyimpanan di hard disk Anda hingga bergiga-giga.

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel