5 Ponsel dengan Desain Gagal

8 Dec 2015 14:12 6351 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dianggap gagal karena tidak laku di pasaran.

Smartphone di era sekarang ini sudah menjadi sebuah alat yang tidak hanya difungsikan sebagai alat komunikasi saja. Dengan menggunakan smartphone, Anda dapat mengambil foto, bermain game, mengetik, mencari jalan, menonton film favorit bahkan hingga melakukan hal lainnya seperti mencari uang.

Sebelum menjadi smartphone, perangkat elektronik ini hanyalah sebuah ponsel dengan fitur terbaiknya untuk mengambil foto. Dan pada saat masih menjadi ponsel biasa, sebagian besar manufaktur ternama tidak begitu memperdulikan fitur dari ponsel yang mereka buat.

Para manufaktur tersebut hanya berfokus pada desain yang berbeda dengan kelebihan sendiri-sendiri dan tidak seperti sekarang dimana desain dan fitur saling mencontek.

Namun, membuat desain yang berbeda dengan yang lainnya tidak selalu berbuah manis. Contohnya 5 ponsel di bawah ini yang memiliki desain, yang menurut saya adalah desain yang gagal.

 

1. Nokia 7600

Sekilas melihat ponsel ini, Anda pasti bingung tentang bagaimana cara menggunakannya. Dan pertanyaan yang lebih spesifik yang mungkin muncul dalam benak Anda adalah “dimana keypadnya?”

Namun sebenarnya yang harus ditanyakan itu adalah, “Kenapa Nokia membuat ponsel seperti ini? Apa tujuannya?”

Ponsel Nokia 7600 ini diciptakan karena memang pada waktu tahun 2007 lalu, Nokia sedang gencar-gencarnya membuat ponsel berbeda yang berfokus pada style dan fashion. Dan pada waktu itu Nokia memang tidak begitu memperdulikan seperti apa spesifikasi yang ada pada ponsel yang dibuatnya agar terlihat berbeda dengan iPhone yang juga dirilis pada tahun yang sama.

 

2. Nokia 7280

Tidak belajar dari pengalaman yang sudah-sudah, pihak Nokia juga membuat sebuah ponsel yang berfokus pada style dan fashion yaitu sebuah ponsel bernama Nokia 7280.

Ketika pertama kali memegang ponsel ini saya bingung, dimana letak keypad-nya?

Tujuan dari Nokia membuat ponsel ini mungkin karena pada waktu itu mungkin mereka berpikir bahwa sebuah ponsel yang berbentuk seperti lipstick akan lebih populer dibandingkan dengan ponsel pada umumnya.

Dengan ukuran layarnya yang kecil (35mm x 20mm) ponsel ini ternyata tidak memiliki keypad.

 

3. Sony Ericssson Jalou F100i

Anda tahu kenapa ponsel ini memiliki keypad? Karena ponsel ini bukan Nokia!

Terlepas dari ponsel ini memiliki keypad atau tidak, Ponsel flip buatan Sony Ericsson ini memiliki desain yang juga saya anggap gagal.

Namun sebelum menginjak ke desainnya, kita perhatikan dulu dari namanya; ‘Jalou’ dalam bahasa Perancis memiliki arti ‘cemburu’. Dari sini sudah dapat dilihat bahwa ponsel ini sendiri memiliki kemungkinan besar untuk membuat orang yang melihatnya merasa “ngiler” dan berkeinginan untuk memiliki ponsel tersebut.

Namun pada kenyataannya, ponsel tersebut tidak begitu laku di pasaran. Hal ini mungkin karena desainnya yang terlalu aneh dimana salah satunya adalah fungsi layarnya yang dapat dijadikan sebagai cermin.

 

4. HTC G1

HTC G1 pada waktu ini sempat disebut sebagai ponsel “mimpi”. Karena pada waktu itu, ponsel ini adalah ponsel yang benar-benar mendekati sebuah smartphone Android seperti yang sekarang kita gunakan seperti sekarang ini.

Namun produk ini tidak begitu laku dipasaran karena desainnya yang tebal dan juga celah dari slide layar ponsel ini yang tidak enak dipandang mata.

 

5. Vertu Boucheron Cobra

Ponsel kelima yang saya anggap memiliki desain yang gagal. Seperti kita tahu bahwa ular itu memiliki kulit yang licin. Namun pada Vertu Boucheron Cobra ini, ular yang ditempelkan pada ponsel ini adalah ular yang berkulit kasar.

Hal ini dikarenakan kulit ular yang ditempelkan pada ponsel ini adalah kulit ular yang terbuat dari berlian. Ya, berlian asli bukan palsu. Sehingga walaupun desainnya jelek, smartphone ini adalah salah ponsel termahal pada waktu itu.

 

Penutup

Terlepas dari opini saya mengenai desain dari masing-masing ponsel di atas, setiap orang pasti memiliki seleranya masing-masing. Mungkin ada yang bilang bahwa Nokia 7600 itu memiliki desain unik yang menarik, atau Vertu Boucheron yang memiliki tampilan berkelas.

Hal tersebut tentunya kembali ke pribadi masing-masing tentang bagaimana menilai kelima ponsel yang sudah disebutkan diatas. [FM]

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel