5 masalah Umum ini Ada Pada Android Marshmallow

7 Dec 2015 17:00 4028 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selain masalahnya, ada juga cara untuk memperbaikinya.

Para pemilik perangkat smartphone Nexus saat ini sedang dilanda kekecewaan dan kekesalan. Hal ini berkaitan dengan update Android 6.0 yang juga kita sebut Marshmallow yang menyebabkan masalah yang cukup vital bagi Nexus 6P dan Nexus 5X.

Disetiap unit baik itu Nexus 6P ataupun Nexus 5X yang telah menerima update Android tersebut, tampilan warna dari kedua perangkat tersebut terlihat pudar.

Kabar baiknya, Google sebagai pihak yang bertanggung jawab atas smartphone dan sistem operasi tersebut telah berhasil mengetahui alasan yang menjadi penyebab masalah ini terjadi. Dan tanpa basa-basi, pihak Google kemudian langsung kembali ke meja kerja untuk segera membuat file perbaikannya.

Namun, Masalah pada Android 6.0 yang juga kita sebut Android Marshmallow ternyata tidak hanya berhenti disitu saja. Karena masih banyak masalah pada Android 6.0 yang masih belum diperbaiki oleh pihak Google.

Berikut ini adalah 5 masalah umum pada Android 6.0 berikut cara yang mungkin dapat memperbaikinya baik secara sementara ataupun permanen.

 

1. Baterai yang Boros

Adalah sebuah masalah yang memang sering diungkapkan oleh para pengguna perangkat Android yang sudah menggunakan Android generasi 4.3 ke atas.

Untuk memperbaiki masalah ini, ada beberapa solusi yang mungkin dapat dicoba seperti yang akan dituliskan di bawah ini.

Restart perangkat Nexus Anda secara reguler

• Temukan Aplikasi yang mungkin menguras daya baterai secara drastis

• Matikan layanan atau fitur yang tidak Anda gunakan (Wi-Fi, Bluetooth, NFC, GPS)

• Bersihkan cache partition

• Coba gunakan Launcher lain

• Sesuaikan intensitas cahaya layar, semakin redup biasanya semakin hemat baterai

Factory Reset (Jalan terakhir jika masalah masih belum hilang).

 

2. Charging yang Bermasalah

Karena suatu alasan yang tidak diketahui, masalah ketika melakukan pengisian daya baterai (charging) adalah sebuah masalah yang selalu menghantui para pengguna Nexus di sistem operasi Android 6.0.

Untuk mengatasinya, cobalah isi daya baterai dari perangkat smartphone Nexus Anda hingga 100%. Setelah terisi penuh ke 100%, Gunakan smartphone tersebut hingga baterai yang tersisa adalah 5%. Setelah itu, charge ulang perangkat smartphone Anda kembali hingga mencapai 100%. Setelah itu, lakukan hal tersebut sebanyak tiga kali.

 

3. Wi-Fi yang Rusak / Error

Sudah banyak pengguna perangkat smartphone Nexus, khususnya mereka para pengguna Nexus 5 yang melayangkan komplain karena Wi-Fi pada Nexus yang telah menggunakan sistem operasi Marshmallow milik mereka ini tidak dapat berjalan.

Untuk mengatasinya, solusi dasar seperti melakukan restart pada router Anda dapat menjadi solusinya. Namun, jika hal tersebut tidak dapat mengatasinya, pertama-tama Anda harus memastikan bahwa firmware dari router milik Anda sudah yang paling update.

 

4. Performa yang Jelek

Jika smartphone Nexus Anda yang sudah melakukan update ke Android 6.0 mulai memperlihatkan tanda-tanda lag atau patah-patah dengan waktu yang random, maka ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Yang pertama adalah dengan membersihkan cache partition. Namun jika cara tersebut tidak bekerja, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Qualcomm’s Trenpn Profiler untuk memonitor aktivitas CPU dari smartphone Anda.

Atau jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi tersebut, Anda dapat menggunakan RAM Manager Tool bawaan dari smartphone Nexus.

Fungsi dari RAM Manager Tool ini sendiri adalah untuk memperlihatkan aplikasi atau apapun yang membuat perangkat ini menjadi pelan, dengan memperlihatkan seberapa besar RAM yang digunakan oleh suatu aplikasi untuk bekerja.

Anda juga bisa menghapus file-file yang tidak Anda perlukan pada smartphone Anda, atau juga mengurangi penggunaan efek animasi pada smartphone milik Anda.

 

5. Restart Sendiri pada Waktu Acak

Pernah mendengar seseorang melakukan komplain karena smartphonenya sering me-restart secara otomatis?

Hal ini bukanlah hal mengejutkan lagi di perangkat Nexus. Random Reboot atau me-restart secara otomatis adalah sebuah masalah yang memang sudah lama mengakar di perangkat nexus.

Solusi yang ditawarkan untuk masalah ini sangatlah mudah. Yang pertama adalah dengan melakukan restart secara manual. Jika hal tersebut tidak berhasil, cobalah untuk melakukan update pada aplikasi-aplikasi yang terpasang pada perangkat smartphone Nexus Anda. Karena biasanya, aplikasi yang memang sudah begitu lama tidak update umumnya akan mengalami konflik dengan sistem operasi terbaru.

Anda juga mungkin ingin membersihkan App Data dan cache. Dan untuk melakukannya, Anda dapat langsung menuju bagian Settings atau Pengaturan. [FM]

 

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel