4 Langkah Sukses Menjual Mobil Bekas

7 Dec 2015 15:00 2352 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Coba saja praktekkan langkah-langkah berikut ini.

Menjual kendaraan bermotor khususnya mobil yang sudah tidak digunakan lagi mungkin di zaman sekarang ini cukup sulit. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang juga bertujuan sama dengan kita.

Namun, bagi Anda yang ingin menjual mobilnya dalam waktu cepat, Anda mungkin dapat melakukannya dalam waktu di bawah satu minggu, tentunya setelah Anda melakukan langkah-langkah yang tepat seperti yang akan dijelaskan di bawah ini dengan secara umum memposisikan diri Anda sebagai seorang pembeli.

Di bawah ini adalah 4 langkah sukses menjual kendaraan bermotor dengan cepat yang memang secara umum juga dilakukan oleh mereka yang sedang menjual kendaraan bermotornya.

 

1. Bersihkan Mobil dan Pastikan Mesin Mobil dalam Keadaan Sehat

Kebanyakan pembeli mobil bekas adalah mereka yang ingin membeli mobil namun dengan harga yang murah tapi dengan kondisi mobil yang masih prima.

Dikarenakan pada umumnya para calon pembeli tersebut tidak bisa membongkar mesin mobil untuk mengetahui keadaannya secara jelas. Mereka biasanya, melihat tanda-tanda lainnya untuk memastikan kondisi mobil tersebut.

Salah satunya adalah dengan melihat cairan yang menetes di bawah mobil. Jika sampai ada tetesan cairan menetes di bagian bawah mobil, kebanyakan orang akan berpikir bahwa Anda tidak pernah melakukan pemeliharaan standar pada mobil Anda.

Selain itu, para calon pembeli juga umumnya melihat bagian interior dari mobil tersebut, dan dari situ biasanya para calon pembeli akan menilai seberapa baik pemilik mobil tersebut mengurus mobilnya.

 

2. Menjual ke Dealer

Para dealer mobil adalah mereka yang siap membayar mobil Anda kapanpun Anda inginkan. Namun, transaksi yang dilakukan dengan para dealer ini mungkin akan sedikit mengecewakan karena pada umumnya, harga yang ditawarkan oleh para dealer ini jauh dari harga harapan kita.

Untuk mengatasinya, Anda mungkin dapat memanggil beberapa dealer mobil bekas untuk melakukan lelang pada mobil Anda.

Dengan cara ini Anda akan sedikit lebih dekat dengan nilai yang Anda harapkan.

 

3. Lakukan Riset Harga di Internet

Mobil bekas dengan harga yang kelewatan biasanya tidak pernah laku. Oleh karena itu, coba lakukan sebuah penelitian di internet seperti di situs jual beli terbesar di Indonesia ataupun situs-situs lainnya yang juga menjual mobil bekas.

Setelah Anda melakukan riset dan Anda menemukan harga umum dari mobil bekas yang serupa dengan mobil yang ingin Anda jual, turunkanlah setidaknya 5% dari nilai jual umum yang tertera di internet. Hal ini tentunya dilakukan jika Anda adalah seseorang yang ingin menjual mobil dengan cepat.

 

4. Iklankan Mobil Anda

Faktor lain yang tidak kalah pentingnya dengan harga mobil yang ingin Anda jual adalah pengiklanan mobil Anda.

Walaupun Anda memberikan diskon 50% untuk mobil yang Anda ingin jual, tetap saja para pembeli tidak akan tahu bahwa Anda menjual mobil bekas karena memang tidak ada informasi yang dapat menghubungkan mereka ke Anda.

Banyak cara untuk memasang iklan untuk menjual sesuatu. Salah satunya adalah dengan cara tradisional yaitu melalui media koran. Namun, di zaman sekarang ini, koran sepertinya tidak sepopuler dulu. Oleh karena itu menurut saya memasang iklan di koran hanya buang-buang uang saja.

Cara lainnya adalah dengan mengiklankan menggunakan metode ear-to-ear dimana Anda memberikan satu informasi ke teman atau saudara Anda untuk kemudian disebarkan lagi ke orang lain. Selain metode ini gratis, kesempatan untuk mendapatkan pembeli yang berada di satu wilayah pun cukup tinggi.

Hal ini cukup menguntungkan karena akan mempermudah proses transaksi.

Cara lainnya yang mungkin sekarang cukup ramai digunakan adalah dengan memasang iklan mobil yang ingin Anda jual di internet. Metode ini sepengalaman saya adalah metode terampuh dalam menjual mobil, karena calon pembeli rata-rata adalah mereka yang sudah mengenal internet.

Keuntungan dengan memasang iklan lewat internet pun banyak. Selain gratis, memasang iklan lewat internet juga memungkinkan Anda sebagai penjual untuk langsung memperlihatkan detil foto dari mobil yang ingin Anda jual.

Praktisnya, menjual mobil di internet itu hanya membutuhkan deskripsi yang mendetil tentang mobil yang ingin dijual, foto-foto yang cantik dan lengkap dari mobil yang ingin dijual, serta nomor kontak Anda sebagai penjual.

Dan jangan kaget, setelah beberapa menit atau bahkan beberapa jam Anda mengiklankan mobil Anda di internet, seseorang kemudian menghubungi Anda. [FM]

 

 

 

 

 

gambar: autosoftautos

Tags Ulasan

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel