Inilah 2 Cara Menjadikan Komputer Anda Hotspot Wi-Fi

3 Dec 2015 17:30 4406 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cara pertama tidak sulit, sedangkan cara kedua sedikit rumit.

Mungkin banyak orang yang sudah tahu bahwa membagi koneksi Wi-Fi itu umumnya hanya dapat digunakan lewat smartphone, router ataupun modem Mi-Fi.

Namun, selain ketiga perangkat di atas, ternyata membagi koneksi internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan laptop atau PC desktop.

Ada dua cara untuk membagi Wi-Fi melalui PC ataupun laptop seperti yang akan dibahas dibawah ini.

 

1. Bagi Koneksi Internet dengan Menggunakan Connectify

Cara termudah untuk membuat sebuah hotspot Wi-Fi adalah dengan menggunakan freemium software yang bernama Connectify. Versi gratis dari software ini menawarkan sebuah solusi membagi internet ke perangkat lain yang juga memiliki Wi-Fi dengan mudah.

Berikut cara membagi Wi-Fi secara mudah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga ini.

• Download software Connectify Hotspot dengan cara memilih “Continue to Download,” kecuali jika Anda ingin membeli versi penuh dari software ini.

• Klik dua kali pada file yang telah diunduh tersebut kemudian pilih install.

(Sebagai catatan, jika Anda menggunakan antivirus Avast atau sejenisnya, pemasangan file ini sendiri mungkin akan terblokir untuk sementara sebelum Anda mematikan antivirus Anda untuk sementara waktu sampai proses instalasi berakhir.)

• Setelah proses pemasangan berakhir, Anda akan diminta untuk melakukan restart komputer.

• Setelah melakukan restart, berikan checklist pada kedua kotak yang berada di bawah tulisan “Allow Connectify Hotspot to Communicate on These Networks.”

• Setelah muncul jendela baru, kemudian pilih tulisan berwarna ungu “Try It Out” kemudian pilih “Try Now.”

• setelah itu, Anda tinggal mengikuti petunjuk yang ada pada Connectify untuk memulai membagi Wi-Fi dari komputer atau laptop Anda

Secara default, software tersebut akan memberikan Anda akun hotspot Wi-Fi dengan nama “Connectify-Me” yang dapat Anda ganti nantinya.

Pilih “Start Hotspot” untuk mulai membagi koneksi internet dari laptop atau komputer Anda, dan pilih “Stop Hotspot” untuk menghentikannya. Satu hal penting lainnya yang harus Anda ingat adalah untuk tidak lupa memberikan password pada nama jaringan Wi-Fi dari komputer Anda, karena Anda tidak ingin orang lain yang tidak berkepentingan mengakses Wi-Fi milik Anda.

 

2. Bagi Koneksi Internet Laptop atau PC Anda dengan Menggunakan Command Line

Mungkin hanya sedikit orang yang tahu, tapi pada Windows 7, 8 dan Windows 10, Microsoft secara sembunyi-sembunyi telah menyematkan sebuah fitur untuk membagi koneksi internet. Namun, pembagian akses internet ini hanya dapat dilakukan jika Anda menggunakan koneksi internet yang menggunakan kabel yang terhubung ke port ethernet.

Pada Windows 8 dan Windows 10, fitur untuk membagi koneksi internet ini tidak dapat ditemukan dengan hanya membuka explorer saja, melainkan tersembunyi dan hanya dapat diaktifkan melalui Command Prompt.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur tersembunyi ini.

• Buka command prompt sebagai administrator. Cara paling mudah adalah dengan mengklik kanan command prompt kemudian pilih “run as administrator.”

• Pada command prompt, ketik netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=[SSID] key=[password]

*Catatan*: Ganti [SSID] dan [Password] dengan nama jaringan dan password yang Anda inginkan dengan tanpa tanda kurung (contoh ssid=plimbi key=fahdmagat)

• Setelah berhasil di langkah kedua, Anda selanjutnya harus mengetikkan netsh wlan start hostednetwork pada command prompt dan tekan “Enter” untuk mulai menyalakan jaringan Wi-Fi Anda.

• Buka “Network Connection” (lakukan search di menu start dengan kata kunci “view network connection”

• Klik kanan koneksi utama yang sedang Anda gunakan saat ini kemudian pilih “Properties”

• buka bagian “Sharing” kemudian ceklis pada bagian yang tertulis “Allow other network users to connect through this computer’s internet connection.”

• Kemudian di bagian “select private network connection,” pilih koneksi yang sedang Anda gunakan saat ini. Setelah itu pilih “OK” dan selesai.

Setelah melakukan langkah terakhir di atas, Anda telah berhasil menjadikan komputer atau laptop Anda sebagai hotspot Wi-Fi. Untuk mematikan Wi-Fi tersebut, anda tinggal mengetikkan netsh wlan stop hostednetwork pada command prompt dan klik enter. [FM]

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel