Ingin Belajar Bahasa Jepang? Cobalah 5 Tips Berikut

3 Dec 2015 10:30 8407 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Belajar bahasa Jepang itu susah bukannya tidak mungkin.

Belajar bahasa asing memang terkadang menjadi sebuah hal yang memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Apalagi kalau bahasanya memiliki aksara tulisan yang berbeda seperti bahasa Jepang.

Banyak orang yang sekarang ini mengaku suka budaya Jepang, namun mereka tidak bisa bahasa Jepang. Lalu bagaimana mereka dapat memperdalam pengetahuan mereka tentang Jepang kalau mereka tidak bisa bahasa Jepang?

Tapi saya maklum bagi mereka yang kesulitan untuk belajar bahasa Jepang. Karena jika diibaratkan pada kelas yang dipakai untuk mengklasifikasikan angin topan, bahasa Jepang adalah sebuah bahasa dengan kelas “kategori-5.”

Artinya, untuk belajar bahasa tersebut butuh waktu yang cukup lama, seperti saya yang hingga saat ini masih belajar bahasa Jepang sejak tahun 2012 yang lalu.

Dan selama tiga tahun ini, kemajuan yang saya peroleh dalam mempelajari bahasa Jepang juga tidak begitu signifikan; tidak seperti ketika saya belajar bahasa Inggris yang dapat saya kuasai dalam waktu 2 tahun.

Kesulitan untuk belajar bahasa Jepang sendiri menurut saya sama bagi semua orang yang bukan native speaker atau orang Jepang. Yang pertama adalah, pada bahasa Jepang terdapat dua daftar suku kata yang berbeda, kemudian ada juga 1,945 kanji joyou (untuk penggunaan sehari-hari), atau huruf-huruf China yang kebanyakan dari huruf tersebut memiliki pelafalan yang berbeda.

Tapi jika mereka yang berniat belajar bahasa Jepang dengan sungguh-sungguh, pasti selalu ada jalannya. Beberapa cara untuk menguasai bahasa Jepang adalah seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.

 

1. Bulatkan Tekad untuk Menguasai Bahasa Jepang

Bagi Anda yang memang serius ingin menguasai bahasa Jepang, tentunya terlebih dahulu harus menyiapkan mental Anda. Caranya, anda harus tahu seberapa sulit belajar bahasa Jepang itu dari testimoni orang-orang yang memang pernah belajar bahasa Jepang sebelum akhirnya menguasai bahasa tersebut.

Karena dengan mengetahui kesulitan apa saja yang akan Anda hadapi serta seberapa sulit untuk menguasai bahasa Jepang, Anda akan tahu apakah Anda akan mampu melewati kesulitan tersebut dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki.

Jika Anda sudah siap pada langkah ini, Anda dapat langsung maju ke langkah berikutnya.

 

2. Susun Cara Anda Belajar Bahasa Jepang

Banyak orang yang belajar bahasa Jepang yang cenderung membentuk kebiasaan buruk ketika belajar bahasa Jepang, khususnya bagi mereka yang belajar bahasa Jepang secara otodidak seperti saya.

Karena suatu saat ketika belajar bahasa Jepang, Anda akan mengenal yang namanya manga dan anime, kemudian akan terlalu terhanyut menikmati kedua budaya Jepang tersebut sehingga lupa dengan apa yang awalnya harus Anda lakukan.

Belajar bahasa Jepang lewat manga dan anime memang tidak ada salahnya jika porsinya dibatasi.

Untuk melengkapi porsi tersebut Anda juga disarankan mempelajari bahasa Jepang lewat institusi resmi yang memang mengajarkan bahasa Jepang.

Atau jika Anda belajar bahasa Jepang sendiri, manfaatkanlah situs-situs online yang memang mengajarkan bahasa Jepang secara gratis. Namun tentunya harus ada usaha ekstra jika Anda belajar bahasa Jepang secara otodidak.

 

3. Bentuk Vocabulary atau Perbendaharaan Kata Anda Secara Alami

Dibandingkan dengan secara sengaja menghapal bahasa Jepang kata demi kata, lebih baik Anda temukan hobi yang berkaitan dengan bahasa Jepang seperti yang pernah dituliskan di atas yaitu, membaca manga dan menonton anime.

Karena dengan Anda melakukan hobi yang tidak terlepas dengan bahasa Jepang, maka Anda secara perlahan akan secara alami menguasai kosa kata yang ada pada bahasa Jepang.

 

4. Kuasai Pola Pemakaian Bahasa Jepang

Kalau di Indonesia pola yang dimaksud dalam bahasa Jepang itu sama dengan ketika Anda menentukan kapan menggunakan bahasa baku dan bahasa gaul. Karena tidak semua kata atau kalimat dalam bahasa Jepang dapat diimplementasikan atau digunakan dalam satu situasi.

Selain itu, setelah Anda berada di level dimana Anda sudah menguasai kosa kata bahasa Jepang, pelajarilah juga struktur kalimatnya. Karena dalam bahasa Jepang, struktur kalimatnya berbeda dengan bahasa Indonesia.

 

5. Buat Kesalahan

Membuat kesalahan adalah sebuah hal yang umum dilakukan oleh semua orang. Dan jika dalam belajar bahasa Jepang Anda tidak melakukan kesalahan, hal tersebut mungkin akan memperlambat proses belajar.

Hal ini dikarenakan otak manusia lebih mudah mengingat ingatan buruk ketimbang ingatan yang baik. Dan ketika Anda, contohnya, melakukan kesalahan dalam mengucapkan sesuatu dalam bahasa Jepang, ingatan bahwa Anda pernah salah itu akan selalu ada dalam pikiran Anda.

Dari situ, Anda memiliki kemungkinan besar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama ketika ingin mengucapkan sesuatu dalam bahasa Jepang.

 

 

 

 

image: wikihow

Tags Jepang Unik

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel