Ingin Punya Komputer Hemat Listrik? Inilah Caranya

2 Dec 2015 08:12 18283 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lakukan beberapa tweak dan upgrade hardware.

Jika Anda memiliki komputer di rumah, pasti Anda sadar dan tahu bahwa semenjak Anda memiliki komputer yang sering digunakan setiap hari, tagihan listrik Anda jadi membengkak. Apalagi bagi Anda yang komputernya adalah komputer untuk bermain game dengan spesifikasi tinggi.

Hal yang paling haus listrik pada sebuah komputer gaming adalah kartu grafis-nya, atau yang biasa kita sebut VGA. Itulah alasan kenapa komputer yang jadul selalu lebih hemat listrik dibandingkan komputer di zaman sekarang.

Bagi Anda yang khawatir akan tagihan listrik dari pada spesifikasi komputer, biasanya Anda akan memilih komputer yang memang memiliki spesifikasi rendah dan memiliki tingkat konsumsi daya listrik yang rendah.

Namun, komputer modern yang memiliki spesifikasi tinggi juga ternyata dapat dijadikan sebagai komputer hemat energi yang dengan kata lain, komputer berspesifikasi tinggi ini memiliki tingkat konsumsi daya listrik yang rendah.

Inilah cara untuk membuat komputer modern Anda menghemat daya listrik tanpa merusak ataupun mengurangi performa dari komputer Anda.

 

1. Tweak Penghematan Daya

Screensaver mungkin membuat monitor Anda tampak cantik dan berwarna. Namun bagi mereka yang ingin menghemat daya listrik, lebih baik set monitor Anda untuk mati secara otomatis setelah beberapa menit tidak digunakan daripada menggunakan screensaver.

Alasannya, dengan menggunakan screensaver, maka monitor Anda akan terus menyala dan terus mengkonsumsi daya listrik.

Sedangkan dengan mengatur agar monitor mati secara otomatis setelah beberapa menit tidak digunakan, Maka monitor tersebut tersebut hampir tidak mengkonsumsi daya listrik sama sekali.

Mati secara otomatis disini adalah Mode Suspend yang fungsinya adalah untuk membuat monitor untuk mati sementara sampai ada respon dari gerakan mouse ataupun input dari keyboard.

Yang kedua adalah dengan mengatur keterangan cahaya pada monitor. Bagi Anda yang menggunakan di sebuah ruangan tertutup, ada baiknya jika ruangan Anda memiliki pencahayaan yang tidak terlalu terang.

Alasannya, dengan ruangan yang tidak terlalu terang, maka Anda akan dapat mengurangi tingkat brightness dari monitor serendah mungkin sesuai dengan selera Anda.

Yang ketiga adalah gunakan fitur Sleep dan Hibernate. Dengan kedua fitur tersebut, ketika Anda meninggalkan komputer Anda untuk beberapa saat, komputer akan masuk ke mode yang dapat menghemat daya listrik yaitu dengan mematikan komputer.

Komputer yang mati disini tentunya tidak seperti fungsi Shut Down yang mematikan komputer secara keseluruhan, namun kedua fitur ini lebih mirip dengan mode suspend pada monitor yang dapat kembali menyala hanya dengan input lewat keyboard.

 

2. Upgrade Hard Disk Anda ke SSD

Jika komputer Anda masih menggunakan hard disk jadul yang lambat, sudah seharusnya kali ini Anda menggunakan SSD sebagai pengganti HDD.

Selain karena SSD (Solid State Drive) lebih cepat dibandingkan HDD (Hard Disk Drive), SSD juga ternyata memiliki kelebihan lainnya yakni tingkat konsumsi daya listrik yang rendah sehingga hardware tempat menyimpan data ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang menginginkan komputer yang hemat energi listrik.

 

3. Beli Hardware Yang Memang Hemat Energi

Memang tidak ada cara lain bagi mereka yang menginginkan komputer modern tapi ingin hemat energi. Satu-satunya cara atau jalan keluar dari masalah tersebut adalah dengan membeli hardware yang memang energi.

Dan di zaman modern ini, hardware yang low-power sudah gampang untuk dicari. Contohnya adalah seperti SSD yang sudah dijelaskan di atas ataupun CPU. Tentunya, walaupun banyak komponen yang memang hemat energi, VGA yang berkelas high-end umumnya tidak hemat energi.

Jadi, bagi mereka yang menginginkan komputer hemat energi namun memiliki spesifikasi yang dapat mendukung kebanyakan aktivitas dengan pengecualian pada aktivitas bermain game ataupun rendering yang biasa dilakukan para pekerja kreatif, menggunakan VGA onboard atau VGA bawaan adalah yang paling direkomendasikan untuk dapat memiliki komputer hemat energi.

Atau jika Anda masih keras kepala untuk menggunakan VGA eksternal, jalan satu-satunya adalah dengan menggunakan VGA yang memiliki “watt” yang rendah.

[FM]

 

Tags Komputer

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel