5 Manfaat Jahe ini Pasti Belum Anda Ketahui

1 Dec 2015 15:00 3220 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selain menghangatkan tubuh, inilah manfaat lain dari Jahe

Sudah berabad-abad lamanya tanaman yang kita kenal dengan nama Jahe digunakan di berbagai belahan dunia dikarenakan khasiatnya yang dapat menyembuhkan penyakit seperti mual-mual dan berbagai macam penyakit peradangan.

Secara umum jahe biasanya digunakan dalam masakan. Tapi untuk memaksimalkan manfaat dari jahe, tanaman ini biasanya dicampur dalam teh campur madu. Atau jika di tempat saya, Jahe biasanya diolah untuk kemudian dijadikan sebuah minuman yang dinamakan Bandrek.

Mungkin kebanyakan orang tahu bahwa fungsi atau manfaat dari jahe itu adalah untuk melegakan tenggorokan, meringankan flu dan menghangatkan badan.

Tapi, manfaat jahe ternyata tidak sebatas itu saja. Beberapa manfaat spesifik lain yang terdapat di dalam Jahe akan saya jelaskan di bawah ini.

 

1. Jahe Dapat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Seperti yang sudah dikatakan di atas, Jahe adalah sebuah tanaman yang dapat menghangatkan tubuh. Hal ini karena di dalam jahe terdapat gingerols dan zingerone yang memang manfaatnya sendiri adalah untuk menghangatkan tubuh. Dan dari tubuh yang hangat, sirkulasi darah pun meningkat.

Selain mengandung kedua zat di atas, jahe juga mengandung sebuah zat bernama asam amino yang juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular.

Dengan meningkatnya sirkulasi darah pada tubuh kita, banyak hal positif, atau lebih tepatnya keuntungan yang kita dapatkan. Salah satunya adalah meningkatnya peredaran nutrisi penting, mineral dan oksigen ke seluruh tubuh yang tentunya akan membantu pertumbuhan kita dan menjaga tubuh kita tetap sehat

 

2. Jahe Dapat Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Gingerol, yang juga adalah zat atau senyawa penting dalam jahe memiliki manfaat sebagai anti peradangan. Hal ini dikarenakan gingerol mampu mencegah zat kimia COX-2 yang diproduksi dalam tubuh kita dimana zat tersebut adalah zat yang dapat membuat sensasi rasa sakit.

Mengkonsumsi jahe dalam bentuk minuman baik itu teh ataupun bandrek bagi mereka yang menderita penyakit radang sendi, rematik dan juga bagi yang menderita migrain atau sakit kepala sebelah.

 

3. Ginger Membantu Meringankan Kram Menstruasi

Jahe sudah turun-temurun dikenal sebagai obat ampuh untuk mengurangi berbagai gejala-gejala yang berhubungan dengan haid atau menstruasi. Ketika gejala-gejala tersebut adalah keram, kelelahan dan PMS (Pre Menstrual Syndrome).

Jahe jika dicampur dalam air teh akan dapat membantu membuat otot-otot pada tubuh rileks. Dan dari situ, berbagai keram yang sering dihadapi oleh kaum wanita ketika datang bulan tidak akan terlalu menyiksa.

 

4. Jahe Dapat Membantu Mengatasi Mual-Mual dan Penyakit Pada Sistem Pencernaan

Jahe mungkin paling dikenal sebagai tanaman yang dapat mengurangi mual-mual atau penyakit yang berhubungan perut. Zat-zat atau senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya, seperti Volatile Oils dan Phenol, dapat membantu mengurangi gangguan pada perut.

Contohnya bagi perempuan yang menderita akibat suatu hal yang disebut morning sickness, meminum air jahe sangat direkomendasikan karena dapat mengurangi masalah pada perutnya.

Obat alami ini juga sangat direkomendasikan bagi seorang pasien yang sedang melakukan kemoterapi yang kemudian terkena dampak negatifnya yaitu mual-mual.

Mual-mual lainnya yang dapat diringankan adalah motion sickness, yaitu rasa mual yang biasa diderita ketika seseorang mengendarai kendaraan dalam waktu lama.

 

5. Jahe Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tanaman ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang karena pada Jahe terdapat sebuah zat yang bernama antioksidan. Oleh karena itu, mereka yang suka minum jahe umumnya jarang menderita penyakit seperti flu.

Dan walaupun terkena penyakit flu, orang yang meminum jahe biasanya cepat sembuh. Dengan meminum jahe seseorang dapat cepat sembuh dari penyakit seperti flu, karena antioksidan yang terkandung di dalam jahe secara cepat dapat menghancurkan zat racun dalam tubuh.

Jahe juga mengandung chromium, zinc, dan magnesium dengan perannya sebagai senyawa tambahan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, di dalam Jahe juga terkandung antibiotik, antimikroba, anti-inflammatory dan antiseptik yang fungsinya dapat mengobati banyak masalah kesehatan serta infeksi. [FM]

 

 

 

 

sumber: lifehack

gambar: comluv

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel