iPhone 7 Dikabarkan Tidak Menggunakan Jack 3.5mm Lagi

1 Dec 2015 08:00 2136 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lalu bagaimana nanti kita menghubungkan headphone?

Sudah menjadi sebuah hal yang umum bahwa hampir semua smartphone yang ada di sekitar kita adalah smartphone yang memiliki sebuah jack berdiameter 3.5 milimeter yang fungsinya adalah untuk menghubungkan smartphone dengan perangkat lainnya yaitu headphone.

Sejak zaman dulu, jack dengan diameter 3.5 milimeter ini juga sering kita temukan dimana-mana selain pada smartphone; seperti pada komputer dan walkman yang pernah dibuat pada tahun 1987.

Namun, tren tersebut mungkin tidak lama lagi akan berubah.

Disebut akan berubah karena sebuah kabar bocoran terbaru mengatakan bahwa smartphone terbaru dari Apple yang juga merupakan generasi ketujuh dari smartphone bernama iPhone, dikabarkan tidak akan memiliki jack untuk headphone tersebut.

Seperti yang dilansir oleh situs gadget Mac Otakara, Apple saat ini sedang merencanakan untuk hadir dengan sesuatu yang berbeda dimana jack 3.5 milimeter yang sering kita temukan pada berbagai smartphone, tidak lagi akan kita temukan pada iPhone 7.

Dengan menghilangkan jack tersebut, pihak Apple juga sudah menyiapkan penggantinya yaitu headphone dengan teknologi lightning-based. Bagi yang belum tahu, teknologi ini dapat menghubungkan perangkat iPhone dengan headphone dengan menggunakan sebuah kabel yang disebut Lightning Cable lewat sebuah connector 30-pin yang juga digunakan untuk mengisi daya baterai.

Menurut Mac Otakara, penghapusan jack 3.5 milimeter tersebut adalah salah satu upaya Apple dalam mempertipis produk iPhone buatannya dimana nantinya, iPhone 7 akan memiliki ketebalan satu milimeter lebih tipis dibandingkan dengan iPhone 6s yang hingga saat ini sudah cukup lama beredar di pasaran.

Dari sini sudah dapat disimpulkan bahwa iPhone 7 ini nantinya hanya dapat terhubung dengan headphone dengan teknologi lightning-based dan juga bluetooth.

Walaupun ini hanyalah sebuah rumor belaka yang wajib dicurigai dan diragukan kebenarannya, ada beberapa indikasi yang memperlihatkan bahwa rumor ini memiliki tingkat kebenaran yang akurat. Salah satunya adalah pada situs MacRumors yang pada situsnya menyatakan bahwa setiap informasi seputar Apple yang dibuat oleh Mac Otakara hampir semuanya selalu akurat.

Selain itu, satu fakta bahwa pihak Apple pada tahun lalu pernah memperkenalkan teknologi Lightning Cable memperkuat dugaan bahwa Apple nantinya tidak akan menggunakan jack berukuran 3.5 milimeter lagi.

Hal lain yang membuat persentase implementasi teknologi lightning-based ini muncul pada iPhone 7 nanti adalah habit atau kebiasaan Apple yang selalu meninggalkan teknologi lama dan menggantinya dengan teknologi baru baik dengan tujuan untuk menambah ruang pada perangkat terbarunya ataupun mengubah bentuknya.

Contoh mudahnya adalah iMac yang dulunya tidak punya floppy drive, tapi punya USB yang pada saat itu belum populer. Lalu di zaman sekarang ada MacBook yang juga menghilangkan semua ports lama yang ada pada laptop tersebut dan menggantinya dengan jack headphone serta sebuah port USB tipe C.

Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah, Apple bukanlah vendor smartphone pertama yang menanggalkan jack headphone dari produk smartphonenya.

Hal ini sesuai dengan sebuah fakta bahwa HTC G1, yang merupakan sebuah smartphone bersistem operasi Android, hadir dengan tanpa adanya port jack untuk headphone.

Dan jika kita melihat seberapa besar perusahaan Apple, seberapa besar pengaruhnya dan seberapa tinggi peringkatnya di pasar smartphone, mungkin akan mendorong vendor-vendor pembuat smartphone lain untuk  kemudian mengikuti jejak Apple dengan membuat headphone yang terhubung dengan teknologi lightning-based.

Satu dampak negatif yang mungkin terjadi jika rumor ini benar adalah penurunan permintaan soal perangkat headphones yang masih menggunakan kabel biasa. Namun, hal lainnya yang mungkin terjadi dengan keberadaan headphone berteknologi lightning-based ini adalah penurunan permintaan pasar untuk produk-produk headphone lama. [FM]

 

 

 

Sumber: Mac Otakara, MacRumors, MacWorld

Gambar: MacWorld

Tags Apple iPhone

About The Author

Fahd M. 75
Spidol

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel