5 Brand ini Sangat "Loyal" Terhadap Konsumennya di Facebook

24 Nov 2015 16:36 2799 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kelima brand atau merek ini pasti sudah sering Anda dengar.

Di era sekarang ini, sebuah brand dari suatu produk yang baik itu adalah brand yang sanggup untuk melakukan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya; baik itu adalah pertanyaan, komplain, ataupun hal-hal lainnya yang sifatnya adalah interaksi dari sumbernya adalah para pelanggan.

Pemberian pelayanan terbaik waktu zaman dulu mungkin proses pendataannya cukup sulit dan hasilnya pun tidak akurat. Namun dengan keberadaan media sosial Facebook seperti sekarang ini, pendataan atau survey yang dulunya sulit dan tidak akurat, kini dapat diketahui dengan mudah oleh setiap orang.

Di bawah ini adalah 5 brand yang menurut Facebook adalah brand yang memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya dilihat dari kecepatan merespon interaksi dari pelanggan dan jumlah dari interaksi pelanggan yang dijawab setelah dikurangi interaksi yang tidak dijawab di media sosial Facebook.

 

1. Telkomsel

5 Brand ini Sangat "Loyal" Terhadap Konsumennya di Facebook

Adalah sebuah perusahaan telekomunikasi ternama di Indonesia yang juga berada paling depan dalam bisnis tersebut. Perusahaan ini memiliki komitmen untuk meningkatkan kehidupan modern Anda dengan mengimplementasikan berbagai teknologi seluler seperti 3G, HSDPA, HSPA+ dan yang terbaru adalah LTE atau yang biasa kita kenal dengan nama 4G.

Selama keberadaannya di dunia telekomunikasi, telkomsel juga telah mendapat banyak awards yang memang layak pihaknya terima. Hal ini dibuktikan dengan halaman Facebook-nya yang sudah hampir menyentuh angka 2 juta like.

Yang membuat telkomsel maju menurut saya pribadi adalah layanan Customer Service-nya yang memang sangat cepat dalam merespon dan hampir tidak pernah membiarkan interaksi dari para pelanggannya tak terjawab.

Hingga saat dibuatnya artikel ini, Telkomsel memiliki waktu respon interaksi pelanggan rata-rata selama 5 menit dengan persentase respon mencapai 99% dimana hampir setiap interaksi pelanggan baik itu berupa pertanyaan atau keluhan dijawab oleh pihak Telkomsel.

Sejak kemunculan halaman Telkomsel ini pada tahun 2012 lalu, hingga saat ini Telkomsel berada di titik positif dimana selisih antara interaksi konsumen yang direspon dan yang tidak direspon adalah sebanyak 12,786 interaksi atau pertanyaan.

 

2. Prenagen World

5 Brand ini Sangat "Loyal" Terhadap Konsumennya di Facebook

Adalah sebuah merek atau brand dari sebuah susu yang dikhususkan untuk para ibu yang sedang ada di masa persiapan kehamilan, hamil dengan mual muntah, hingga ketika proses kehamilan dan menyusui.

Dengan total like mencapai 320,081 like, halaman Facebook Prenagen World dapat dibilang sangat berdedikasi terhadap para pelanggannya. Karena hingga kini, halaman tersebut memiliki persentase tinggi pada responnya terhadap konsumennya yaitu mencapai 99%. Yang mungkin cukup disayangkan, rata-rata waktu respon yang dibutuhkan untuk pihak Prenagen World merespon pertanyaan cukup lama, yakni mencapai 111 menit.

Berada di peringkat kedua setelah Telkomsel, Sejak kemunculan halamannya di Facebook, Prenagen World telah ribuan kali merespon interaksi dari konsumen sehingga menempatkannya di angka positif. Selisih antara interaksi konsumen yang direspon dengan yang tidak direspon oleh halaman ini adalah sebanyak 1,555 interaksi.

 

3. Acer Indonesia

5 Brand ini Sangat "Loyal" Terhadap Konsumennya di Facebook

Adalah sebuah brand atau merek dari perangkat elektronik yang salah satu spesialisasinya adalah pada laptopnya yang berkualitas dengan harga yang bersaing.

Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1976 yang membuatnya sudah bertahan puluhan tahun di industri perangkat elektronik. Sedangkan halaman Acer Indonesia di Facebook sendiri sudah ada sejak tahun 2009

Kecepatan respon untuk setiap interaksi yang ada di halaman Facebook ini berada di peringkat kedua setelah Telkomsel dimana kecepatan rata-rata respon dari halaman Acer Indonesia adalah 25 menit. Hal yang mungkin membuat Acer Indonesia berada di peringkat ketiga adalah angka dari selisih antara interaksi konsumen yang direspon dan yang tidak direspon oleh halaman Acer Indonesia hanya berjumlah 465 interaksi saja.

 

4. Telkom Care

5 Brand ini Sangat "Loyal" Terhadap Konsumennya di Facebook

 

Adalah sebuah halaman resmi dari Telkom Indonesia yang juga adalah induk dari perusahaan Telkomsel yang melayani berbagai keluhan, pertanyaan atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan produk-produk dari telkom seperti internet Fiber Optic terbarunya yaitu Indihome.

Dengan total like 17,094 hingga artikel ini dibuat, halaman Facebook ini cukup lama dalam merespon satu tindakan interaksi dari pelanggannya, yaitu berada di rata-rata waktu respon 109 menit.

Walaupun responnya terbilang lama, Telkom Care berada di peringkat keempat dari kategori brand dengan pelayanan terbaik di Facebook karena selisih antara interaksi pelanggan yang dijawab dan tidak dijawabnya berada di angka 462.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa walaupun halaman ini responnya lama, tapi setiap interaksi yang ada pada halaman ini hampir semuanya dijawab.

 

5. OPPO Indonesia

5 Brand ini Sangat "Loyal" Terhadap Konsumennya di Facebook

Bagi yang sudah lama mengikuti perkembangan gadget di Indonesia, pasti brand yang satu ini sudah tidak asing lagi.

Dengan total like sebanyak 1,416,575 like, halaman OPPO Indonesia berada di peringkat kelima dari segi kualitas pelayanan Custome Service-nya di Facebook. Dengan waktu respon yang sangat lama yaitu 1,031 menit, tidak seperti keempat brand di atas yang memiliki persentase respon 99%, Halaman OPPO Indonesia di Facebook hanya memiliki persentase respon 94% saja.

Yang membuat OPPO Indonesia berada di peringkat kelima adalah selisih pertanyaan atau interaksi dari para konsumennya dimana selisih antara interaksi atau pertanyaan yang dijawab dengan yang tidak dijawab adalah 438 interaksi. [FM]

Tags Facebook

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel