Inilah Perbedaan Modem dan Router

24 Nov 2015 15:00 13600 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Jangan sampai salah beli ya!

Selama ini, banyak yang salah paham tentang modem. Yaitu kesalahpahaman yang menganggap bahwa modem itu sama dengan router karena bentuknya yang memang mirip. Padahal kedua perangkat tersebut tidak sama satu dengan yang lainnya.

Dengan mengerti perbedaan keduanya, selain Anda tidak akan bingung lagi ketika ingin membeli salah satu perangkat ini, Anda juga akan akan tahu bahwa jika Anda memiliki sebuah modem, Anda juga mungkin butuh sebuah router.

 

Apa itu Router dan Apa yang Perangkat ini Dapat Lakukan?

Fungsi utama dari router sendiri adalah untuk membagi koneksi internet Anda ke banyak perangkat. Router yang paling umum beredar di masyarakat adalah router nirkabel yang penggunaannya adalah dengan membuat sebuah host yang dapat menghubungkan berbagai perangkat yang memiliki Wi-Fi

Selain itu, sebuah router juga biasanya memiliki banyak port Ethernet yang fungsinya adalah untuk menghubungkan berbagai perangkat yang menggunakan kabel.

Router kemudian terkoneksi ke internet melalui modem, lalu router tersebut akan menerima sebuah IP publik di internet. Server-server yang berada di internet kemudian terhubung dengan router Anda, dan router yang sudah terhubung ke server di internet tersebut kemudian membagi-bagi koneksi ke berbagai perangkat yang terhubung ke router tersebut.

Tapi, dengan hanya sebuah router, Anda tidak akan dapat terkoneksi internet. Alasannya, untuk router tersebut dapat terhubung ke internet, router tersebut harus terhubung ke modem dengan menggunakan sebuah kabel ethernet.

 

Apa itu Modem dan Apa yang Perangkat ini Dapat Lakukan?

Modem adalah sebuah perangkat yang menghubungkan sebuah perangkat ke jaringan dari penyedia layanan internet Anda.

Jika modemnya adalah sebuah modem wireless, maka modem tersebut akan terhubung ke BTS dari penyedia layanan Anda. Jika modem tersebut adalah modem DSL, maka modem tersebut terhubung dengan kabel telepon rumah Anda.

Modem yang terhubung dengan penyedia layanan internet Anda tidak semuanya dapat berjalan, karena umumnya setiap penyedia layanan internet memiliki frekuensi yang berbeda.

 

Modem & Router dalam Satu Perangkat

Beberapa penyedia layanan internet yang mungkin pernah Anda jumpai, sering menawarkan sebuah modem dan router yang terkemas dalam satu perangkat. Perangkat tersebut memiliki dua fungsi yakni sebagai modem yang menghubungkan perangkat Anda dengan penyedia layanan internet, serta fungsinya sebuah router yang dapat membuat sebuah jaringan Wi-Fi di rumah.

Namun perlu diketahui bahwa gabungan modem dan router yang disediakan beberapa penyedia layanan internet itu umumnya tidaklah gratis melainkan diperlukan biaya sewa yang biasanya dibayar dalam jangka waktu bulanan.

Oleh karena itu, sesuaikanlah kebutuhan Anda terlebih dahulu ketika ingin menggunakan sebuah layanan internet di rumah Anda. Apakah rumah Anda membutuhkan Wi-Fi?

Kalau memang butuh Wi-Fi, berarti Anda dapat menyewa perangkat yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet tersebut, atau mungkin jika kontrak dari penyedia layanan tersebut tidak mengikat, mungkin Anda bisa membeli modem dan router secara terpisah sehingga Anda tidak harus mengeluarkan biaya untuk menyewa perangkat dari penyedia layanan tersebut. [FM]

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel