Bosan dengan Pekerjaan, Pindah Kerja atau Wirausaha?

16 Nov 2015 13:00 5222 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lebih baik mana, wirausaha atau pindah kerja?

Pindah kerja vs Wirausaha-Rutinitas yang membosankan, gaji yang dianggap kurang mencukupi, atau lingkungan kerja yang sudah tidak nyaman, membuat  Anda pasti berpikir untuk melakukan langkah selanjutnya, pindah kerja.

Tapi, apakah pindah kerja menjadi solusi yang tepat? Saya pikir tidak semua orang harus terus bekerja dan tidak semua orang juga harus terus berpindah-pindah termpat kerja.

Ada banyak pilihan hidup lainnya yang jika diambil tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Atau katakanlah keutungan dan ruginya.

Contohnya seperti tadi, ketika ingin resign dari tempat kerja, maka pilihan sebenarnya bukan hanya pindah kerja tetapi juga ada banyak pilihan kerja lainnya. Misalnya menjadi seorang pekerja paruh waktu atau membuka usaha (enterpreuneur). Atau malah keduanya.

Saya belum pernah sih dilema ketika saya memutuskan pindah kerja. Maklum, saya masih betah dengan pekerjaan saya sekarang.

Bosan dengan Pekerjaan, Pindah Kerja atau Wirausaha?

gambar via sheownsit.com

 

Tapi, teman-teman saya lain cerita. Diantara mereka, ada yang sedikit kesulitan memilih pekerjaan selanjutnya. Ada juga yang masih bingung antara memilih kerja di perusahaan atau justru membuka usaha sendiri.

Kalau kondisinya seperti ini, saya bisa memberikan sedikit gambaran tentang plus minus antara pindah kerja atau membuka usaha sendiri.

Gambaran ini dikumpulkan dari pengalaman teman-teman saya yang pernah mengalami serta beberapa informasi yang saya kumpulkan dari internet.


Pindah Kerja

Bosan dengan Pekerjaan, Pindah Kerja atau Wirausaha?

gambar via corebloggers.com

 

Jika Anda memutuskan untuk pindah ke perusahaan baru, maka Anda harus memastikan beberapa hal. Pertama, apakah di tempat yang baru nanti akan membuat Anda lebih produktif atau tidak? Kedua, apakah pindah kerja ini semata-mata soal gaji atau soal pekerjaan yang Anda suka.

Nah, jika kondisinya Anda memang ingin suasana yang baru, tantangan baru, maka Anda bisa pindah kerja. Tapi harap jangan kondisi coba-coba. Pastikan di tempat kerja Anda nanti, setidaknya Anda punya basic skill terhadap apa yang Anda kerjakan nanti.

Tempat baru, suasana baru, dan tantangan baru yang ada nantinya akan membuat warna hidup Anda menjadi lebih berbeda. Terlebih jika Anda pada pekerjaan sekarang sudah sangat bosan dan membuat Anda tidak produktif lagi,

Maka pilihan pindah kerja adalah sesuatu yang cukup masuk akal.

Jika Anda pindah kerja karena menginginkan gaji yang tinggi, maka Anda perlu perhitungkan juga resikonya. Misalnya, soal kesiapan menyita waktu yang lebih banyak.
Pasalnya, semakin gaji besar, tuntutan kerja juga semakin besar.

Tapi, jika Anda siap dengan hal itu dan pekerjaan yang baru Anda merupakan passion Anda, tidak ada salahnya untuk pindah ke tempat baru.


Wirausaha

Bosan dengan Pekerjaan, Pindah Kerja atau Wirausaha?

gambar via staplesadvantageblog

 

Kalau Anda memang ingin punya usaha sendiri, Anda harus memperhitungkan ini.

  • Bisnis sudah berjalan sebelumnya
  • Anda punya cukup modal beberapa bulan kedepan
  • Peluang bisnis  yang dimiliki lebih besar dibandingkan bekerja
  • Dan siap mental ketika jatuh.

Empat poin diatas adalah hal-hal yang perlu diperhitungkan ketika Anda memutuskan untuk membuka usaha. Yang pertama, adalah bahwa bisnis Anda sudah berkembang.

Jadi, sebelum Anda memutuskan keluar kerja dan berwirausaha, setidaknya Anda sudah memulai membuka usaha.

Ini penting, mengingat akan sangat beresiko jika Anda keluar kerja dan memulai bisnis dari nol lagi, meskipun peluang suksesnya tetap ada.

Tapi alangkah lebih baik jika Anda sudah memulai bisnis ketika Anda bekerja. Jika Anda sudah lakukan ini, ketika Anda keluar kerja bisnis sudah berkembang jauh.

Poin yang kedua adalah soal kesiapan dana untuk pengembangan bisnis Anda. Nah, jika Anda keluar kerja dan punya dana talangan untuk mengembangkan usaha Anda, maka tidak ada salahnya untuk keluar kerja.

Lain cerita jika dana belum siap, Anda masih bisa bekerja dan usaha Anda tetap dijadikan sampingan.

Poin ketiga adalah soal peluang bisnis yang menurut Anda akan memiliki keuntungan lebih besar dibandingkan Anda terus bekerja. Tentunya, Anda bisa menilai sendiri seperti apa perkembangan bisnis Anda kedepannya nanti.

Dan poin keempat, Anda harus siap jika bisnis naik turun. Jika Anda tidak siap ketika merugi, maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk punya usaha sendiri.


Dari gambaran diatas, jelas pindah kerja cocok untuk

  • Orang yang memang tidak mau berbisnis dan ingin jadi karyawan
  • Orang yang ingin mencoba hal baru di perusahaan baru
  • Orang yang ingin berkembang bersama perusahaan yang sudah mapan
  • Orang yang tidak mau mengambil resiko merugi

Sementara, untuk yang ingin berwiraswata, atau punya usaha sendiri, maka orang yang cocok adalah

  • Orang yang berani mengambil segala resiko
  • Orang yang ingin keluar dari zona nyaman fasilitas perusahaan
  • Orang yang siap memipin sebuah tim untuk maju
  • Orang yang siap merugi dan bisa bangkit kembali
  • Orang yang tidak cocok bekerja sebagai karyaan

 

Nah, itulah gambaran dari opsi yang bisa Anda pilih tentang langkah selanjutnya dari kehidupan karier Anda. Yang mana yang ingin Anda pilih? Itu tergantung dari diri Anda dan cara Anda menjalaninya.

 

About The Author

Hilman 79
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel