7 Mitos salah Seputar Komputer

13 Nov 2015 17:30 3437 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketujuh mitos ini dari dulu hingga sekarang masih bertahan.

Seperti hal lainnya, komputer juga dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya mengalami banyak hal. Beberapa diantaranya adalah mitos dan legenda yang entah dari mana datangnya tapi sampai turun-temurun tersebar ke berbagai individu.

Beberapa diantara mitos tersebut adalah sebuah kesalah pahaman sederhana, namun mitos lainnya juga ada yang memang sengaja disebar untuk mendapatkan keuntungan dari orang yang memang awam soal komputer.

Beberapa di bawah ini adalah beberapa mitos salah tentang komputer yang hingga kini masih ada dikarenakan para penganut, atau mereka yang percaya terhadap mitos tersebut memang masih banyak.

 

1. Peretas atau Hackers Mencoba Meretas Komputer Anda

Internet memang penuh virus atau malware. Tapi anggapan atau fantasi bahwa para peretas secara aktif mencoba menretas komputer Anda adalah tidak akurat sama sekali.

Karena serangan-serangan virus atau malware yang terjadi di internet itu dilakukan secara otomatis dan tidak dilakukan oleh peretas tersebut. Jadi, peretas yang seperti di film-film dimana mereka berada di depan monitor ketika ingin melakukan aksi “hacking” tersebut tidak lah benar.

 

2. Ketika Malam Hari Harus Mematikan Komputer

Mematikan komputer Anda bukanlah sebuah hal yang harus selalu dilakukan secara reguler atau sering, tentunya dengan anggapan bahwa komputer Anda bukanlah komputer yang dibuat lebih dari 10 tahun yang lalu.

Hanya dengan menggunakan mode “sleep”, sebenarnya komputer Anda sudah seperti dimatikan secara keseluruhan. Karena pada mode sleep, sebuah komputer hampir tidak menggunakan listrik sama sekali, dan keuntungan dengan menggunakan mode sleep adalah komputer Anda siap dinyalakan kapan saja.

 

3. Internet Explorer Lambat, Rentan Terhadap Serangan, dan Jelek

Beberapa ahli dalam komputer memang pernah menyatakan bahwa Internet Explorer itu sangat jelek, sehingga pihak Microsoft menggantinya dengan Microsoft Edge sebagai pengganti Internet Explorer.

Namun, versi sebelumnya Internet Explorer, yaitu Internet Explorer 9 ternyata bisa dikatakan sebagai browser yang tangguh. Apalagi pada Internet Explorer 10 dan 11, ketangguhan dari browser buatan Microsoft ini semakin meningkat.

Hal ini dikarenakan, pada Internet Explorer, banyak standar HTML modern yang telah mampu dijalankan oleh browser ini seperti pada browser-browser lainnya seperti Firefox ataupun Chrome. Selain itu, Internet Explorer juga memiliki sandbox yaitu “protected mode” dan juga desain multiproses, yang memang tidak dimiliki firefox.

Beberapa tes bahkan membuktikan bahwa Internet Explorer lebih hemat baterai dibandingkan dengan Firefox, Opera ataupun Chrome ketika digunakan pada laptop yang tidak terhubung ke listrik dan hanya menggunakan baterai sebagai sumber energinya.

 

4. Codecs Dibutuhkan Untuk Menonton Video Secara Online

Ada kalanya Anda membutuhkan codecs ketika ingin menonton video secara online, baik itu RealPlayer, QuickTime Windows Media Player, dan masih banyak lagi.

Memang, seringkali apa yang sudah dituliskan di atas itu dibutuhkan untuk memutar video secara online. Tapi, seiring berkembangnya zaman apalagi tahun 2015 sekarang, memutar video secara online dapat dilakukan hanya dengan menggunakan plug-in Adobe Flash Player, ataupun HTML5.

 

5. Virus dan Malware adalah Penyebab Kerusakan Komputer Anda

Komputer Anda lambat dan tidak bekerja seperti biasanya? “mungkin ada virusnya,” adalah jawaban pertama yang mungkin dilontarkan orang-orang yang belum paham betul soal komputer.

Namun, hal tersebut tidaklah seutuhnya benar. Memang ada kemungkinan kerusakan komputer yang Anda alami disebabkan oleh virus atau serangan DDoS. Tapi virus bukanlah satu-satunya yang dapat membuat komputer menjadi lambat.

Terlalu banyak program yang berjalan ketika proses start-up dan browser yang penuh add-on tidak penting juga menjadi penyebab komputer Anda menjadi lambat. Selain itu, ada juga kemungkinan bahwa hardware pada komputer Anda memang bermasalah.

 

6. Antivirus akan Selalu Melindungin Komputer Anda

Banyak orang bahkan pembaca disini juga mungkin sudah tahu bahwa tidak ada antivirus yang sempurna. Tapi banyak orang berpikir bahwa dengan men-install antivirus yang termahal dan nomor satu di internet, komputer milik mereka sudah terjamin keamanannya.

Walaupun antivirus berperan sebagai garis terakhir pertahanan di Windows Anda yang menjaga file-file pada komputer Anda dari kerusakan, tapi ketidaksempurnaan antivirus tersebut dapat juga menjadi celah masuknya virus-virus yang memang tidak Anda inginkan.

Bahkan perusahaan pembuat antivirus seperti Norton mengatakan bahwa semua antivirus yang ada di dunia ini gagal dalam menangani kebanyakan serangan dari malware atau virus.

 

7. PC Cleaners, Registry Cleaners, Driver Updaters dan Uninstaller Berbayar itu Membantu

Namun faktanya berbeda dengan apa yang menjadi anggapan orang-orang.

PC Cleaners umumnya menjanjikan meningkatkan kecepatan komputer Anda dan membereskan berbagia masalah yang ada pada komputer Anda. Namun, PC Cleaners dengan fungsinya sebagai pembersih file-file sementara ternyata dapat juga dilakukan oleh Ccleaner atau Windows Disk Cleanup.

Sedangkan untuk file Registry, file-file tersebut ternyata tidak perlu dibersihkan karena file tersebut berukuran sangat kecil sehingga tidak akan memperlambat komputer Anda.

Lalu driver updaters; driver pada komputer Anda tidak harus selalu driver terbaru, kecuali driver untuk VGA dimana driver tersebut biasanya sudah memiliki updater sendiri.

Uninstaller berbayar juga tidak akan menolong menghapus program secara bersih atau penuh. Tapi, mungkin beberapa uninstaller mampu membersihkan file-file kecil atau beberapa registry. Tapi apa dampaknya terhadap komputer Anda? Tidak ada sama sekali. Karena file-file kecil atau registry dengan ukuran yang kecil tidaklah mengganggu komputer Anda. [FM]

 

 

Source: howtogeek

image: Brisbanetimes

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel