Google Maps Lite, Versi Ringan dari Google Maps

12 Nov 2015 17:30 7236 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lag atau patah-patah ketika buka Google Maps? pakai mode Lite

Jika Anda merasakan bahwa komputer Anda mengalami lagging ketika Anda membuka Google Maps, hal ini mungkin dikarenakan oleh komputer Anda yang memang tidak begitu kuat untuk menjalankan Aplikasi tersebut.

Namun, bagi mereka yang sedikit kecewa karena tidak dapat menggunakan Google Maps lagi sebagai pencari tempat dan pemandu arah, Ternyata secara diam-diam Google telah menyematkan mode lite atau mode ringan di aplikasi Google Maps yang ada pada komputer Anda.

Caranya adalah dengan mengklik simbol yang ditandai pada gambar di bawah ini setelah Anda membuka Google Maps pada browser Anda.

 

Setelah Anda mengklik ikon tersebut, layout pada Google Maps sendiri akan berubah, menyesuaikan dengan spesifikasi pada komputer Anda. Untuk mengkonfirmasi apakah Google Maps Anda sudah berganti menjadi versi lite, Anda dapat mengeceknya dengan mengklik menu “tiga garis” yang terletak di kiri atas Google Maps.

 

Jika sudah berada di mode Lite, sebuah tulisan “You’re in Lite Mode” atau “Anda Berada di Mode Lite” akan muncul di bagian bawah menu tersebut (bagian kiri bawah).

 

Apa beda mode “Lite” pada Google Map ini dibandingkan dengan versi penuhnya?

Sebenarnya, yang dinamakan mode Lite pada Google Maps ini bukanlah terobosan baru yang dibuat oleh Google. Mode Lite pada Google Maps adalah versi lama dari Google Maps yang pernah ada beberapa tahun ke belakang ketika pada waktu itu belum banyak fitur yang ditanamkan pada Google Maps dan spesifikasi komputer tidak secanggih sekarang.

Ketika Anda mengaktifkan mode Lite, Google akan secara otomatis mematikan beberapa fitur yang memang dapat menghabiskan banyak resources.

Beberapa diantaranya adalah model 3 dimensi dari berbagai gedung dan dataran yang ada, library dari model 3 dimensi yang telah Google kembangkan semenjak debut dari Google Map beberapa tahun yang lalu.

Penonaktifan fitur lainnya yang dapat terlihat secara jelas adalah fungsi “Lokasi,” dimana ketika dalam mode Lite, Google tidak akan dapat mendeteksi lokasi tempat Anda mengakses Google Maps.

Hal ini tentunya merupakan sebuah hal yang cukup merugikan, khususnya bagi Anda yang memang sedang mencari arah dari tempat Anda berada sekarang.

Dan yang terakhir, ketika Anda berada di dalam mode Lite, Anda tidak akan dapat memasang keterangan pada Google Maps, selain itu fitur “Drag Routes”, fitur mengganti lokasi dengan menggeser-geserkan pin serta mengirimkan sebuah lokasi langsung ke mobil atau kendaraan Anda juga dinonaktifkan.

Bagi beberapa orang yang memang benar-benar membutuhkan Google Maps untuk mencari arah, beberapa fitur yang dinonaktifkan tersebut memiliki dampak yang tidak begitu signifikan.

Namun, ada juga yang berpikiran bahwa dengan dihilangkannya beberapa fitur tersebut, kenyamanan dalam menggunakan Google Maps juga jadi berkurang. Sehingga lebih memilih mengguanakan Google Maps dalam keadaan lag atau patah-patah daripada harus mengorbankan fitur-fitur tersebut.

 

Minimum System Requirements

Bagi kebanyakan dari Anda diluar sana yang memang butuh dengan Google Maps, hal yang disampaikan mungkin merupakan kabar baik.

Kabar tersebut mengabarkan bahwa Google telah menugaskan beberapa dari teknisi terbaiknya untuk sesegara mungkin memastikan bahwa Google Maps dapat berjalan di perangkat apapun yang bisa terhubung dengan internet.

Kebutuhan untuk menjalankan Google Maps versi penuh sendiri tidak begitu menuntut. Untuk menjalankan Google Maps versi penuh di komputer, Anda hanya membutuhkan komputer dengan Nvidia GeForce 6100, yaitu sebuah VGA yang dirilis pada tahun 2005, atau sepuluh tahun yang lalu.

Sedangkan untuk CPU-nya, Google Maps sudah dapat berjalan dengan lancar pada CPU single-core 1.0GHz. Lalu untuk RAM-nya, Google Maps dapat berjalan dengan RAM berkapasitas 500MB saja, tapi mungkin Anda akan kesulitan ketika melakukan navigasi pada Google Maps tersebut. Seperti waktu loading yang lama dikarenakan RAM yang kecil. [FM]

 

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel