7 Aplikasi Kurasi Berita Gratis untuk Membaca Berita yang Diinginkan

12 Nov 2015 10:03 2916 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa aplikasi untuk membaca berita 

Sebagai seorang penulis konten dan blogger, sering kali saya harus mencari sumber dan informasi dari berbagai media lainnya. Sayangnya, hal ini terkadang terkendala oleh banyaknya informasi yang masuk ketika saya membuka suatu media atau mencari media online. 

Menginstal aplikasi media online yang banyak di bertebaran di toko aplikasi pun bukan satu solusi. Maklum, menginstal aplikasi tersebut sama saja dengan membuka situs media tersebut. 

Yang saya butuhkan adalah sebuah informasi berharga yang benar-benar saya butuhkan. Atau informasi yang sedang trend agar saya bisa mengulasnya kembali. 

Kebutuhan saya ini terjawab oleh aplikasi yang cukup banyak hadir di Android. Aplikasi yang saya maksud adalah aplikasi kurasi berita. Aplikasi semacam ini sangat membantu saya untuk membaca berita dari sumber yang saya inginkan. 

Aplikasi semacam ini juga sangat penting untuk mereka yang suka membaca tetapi butuh filter. Yah, filter karena tidak semua informasi dibutuhkan oleh tiap-tiap pembaca. 


Nah, kalau Anda juga tipe seperti saya atau pembaca yang ingin memfilter berita, Anda patut instal beberapa aplikasi kurasi berita.  Dan saya merekomendasikan ini 


 

1. Kurio 

Kurio adalah aplikasi andalan saya dalam membaca dan mencari sumber berita. Alasannya, karena Kurio memiliki tampilan antarmuka menarik. Apalagi ada navigasi unik berbentuk kipas bernama Axis yang memudahkan saya mencari berita sesuai kategori yang saya inginkan. 

7 Aplikasi Kurasi Berita Gratis untuk Membaca Berita yang Diinginkan

Alasan lainnya adalah karena Kurio adalah aplikasi buatan dalam negeri. Dan konten-konten yang dihadirkannya juga adalah konten yang berasal dari situs-situs dalam negeri.  

Bisa dibilang, tiada hari saya tanpa membuka Kurio. Saya malas buka berita politik, saya tak perlu buka News dan memilih kategori “Fun & Unique” saja. 

Saya butuh berita teknologi, maka saya tinggal buka kategori teknologi. Cukup mudah dan simpel penggunaannya. 

 

 

2. Google Play Newsstand

Gadget yang saya gunakan membawa aplikasi bawaan Google, salah satunya adalah Google Play Newsstand. Saya cukup acungi jempol untuk aplikasi ini karena menghadirkan konten berita dari berbagai sumber yang cukup lengkap. 

7 Aplikasi Kurasi Berita Gratis untuk Membaca Berita yang Diinginkan

Tidak hanya berita yang lengkap, aplikasi ini juga menghadirkan kategori majalah yang tidak gratis tentunya. Majalah-majalah tersebut kebanyakan adalah majalah internasional dengan harga yang variatif. 

Tapi saya lebih banyak menggunakan Google Play Newsstand ini untuk sekadar mencari konten-konten yang berasal dari luar negeri. Itu pun untuk kategori tertentu.

 

 

3.  Flipboard

Flipboard adalah aplikasi berita yang cukup populer. Tapi, aplikasi ini bukan sekadar aplikasi melainkan sebuah kurasi berita yang digabungkan dengan konsep media sosial. Itu artinya, saya harus membuat akun di Filipboard

Saya pernah daftar di Flipboard untuk versi situsnya. Jadi, ketika saya instal aplikasinya. Saya cukup login saja. 

7 Aplikasi Kurasi Berita Gratis untuk Membaca Berita yang Diinginkan

Oh yah, Flipboard ini tidak berbeda jauh dengan Google Play Newsstand, yakni menampilkan berita dari berbagai sumber, terutama luar negeri.

Hanya saja yang menarik dari Flipboard adalah memungkinkannya saya untuk membuat majalah dari konten-konten yang saya suka. Navigasi aplikasi ini membuat saya terasa seperti membuka sebuah halaman pada majalah atau buku. 

 

4. Babe (Baca Berita Indonesia)

BaBe adalah aplikasi berita yang cukup masif promosinya. Saya mengenal aplikasi ini juga karena sering jadi iklan di aplikasi BBM dan di beberapa situs yang saya kunjungi. 

Karena gencarnya promo, saya pun mencoba memasang aplikasi ini. 

7 Aplikasi Kurasi Berita Gratis untuk Membaca Berita yang Diinginkan

Setelah terpasang, saya coba aplikasi yang karya anak bangsa ini untuk membuka berbagai berita. Yang saya rasakan, BaBe ini lebih banyak menonjolkan berita yang sedang hangat atau berita-berita populer. 

Tapi, saya juga cukup mudah mencari berita yang saya inginkan berdasarkan kategori. Oh yah, BaBe memiliki untuk memberikan komentar di artikel yang ditampilkan. Aplikasi ini juga sudah mendukung untuk memutar video Youtube. 

 

 

5. Zite 

Zite adalah pilihan terbaik untuk Anda yang benar-benar ingin memilah berita sesuai yang Anda suka. Artinya, Anda tidak akan melihat berita dengan kategori lain jika Anda tidak memilihnya. 

7 Aplikasi Kurasi Berita Gratis untuk Membaca Berita yang Diinginkan

Itulah konsep yang dihadirkan oleh Zite. 

Ketika saya memasang Zite, saya langsung ditawarkan untuk memilih kategori berita apa saja yang akan tayang di aplikasi ini. Saya memilih lima kategori yang berhubungan dengan teknologi. Setelah itu, Zite hanya menampilkan konten-konten teknologi. 


 

6. Scoop News

Scoop News tidak berbeda jauh dengan Kurio dan BaBe, yakni aplikasi kurasi berita buatan negeri yang menghadirkan pilihan dengan banyak kategori. 

7 Aplikasi Kurasi Berita Gratis untuk Membaca Berita yang Diinginkan

Yah, pilihan kantegori yang lebih rinci menjadi salah satu andalan dalam Scoop News. Saya pun bahkan menemukan konten-konten menarik yang tidak ada di Kurio Dan BaBe. 

Yang cukup menarik lainnya adalah tampilan aplikasi Scoop News yang berlatar putih dan membuat saya cukup nyaman untuk membaca-baca berita. 

 

7. Baca 

Aplikasi kurasi berita lainnya buatan negeri sendiri adalah Baca. Aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan aplikasi kurasi berita lainnya. 

7 Aplikasi Kurasi Berita Gratis untuk Membaca Berita yang Diinginkan

Contohnya adalah adanya kategori, fitur untuk login, serta fitur untuk melihat komentar atau melakukan like pada berita. 

Saya sempat mencoba aplikasi ini. Cukup bagus sebenarnya tapi tidak membuat saya menarik untuk berlama-lama memasang aplikasi ini. Mungkin lebih subjektif kali yah. 


Nah, itulah 7 aplikasi kurasi berita yang pernah saya instal di Android saya. Anda bisa mencoba salah satunya agar Anda bisa lebih bijak membaca konten berita. 

 

About The Author

Hilman 79
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel