Inilah 14 Kota Tempat Perusahaan IT Besar Membangun Data Center nya

11 Nov 2015 19:00 3297 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Perusahaan-perusahaan seperti Google dan Microsoft membangun data centers mereka disini

Membangun Data Centers adalah sebuah faktor yang sangat penting dalam dunia internet, khususnya bagi mereka yang mencari keuntungan secara online dengan melakukan berbagai hal yang memang dapat menghasilkan keuntungan baik secara material ataupun keuntungan dalam bentuk lainnya.

Inilah alasannya kenapa situs-situs raksasa di internet seperti Amazon, Microsoft, Google, Digital Ocean dan IBM mengeluarkan uang hingga milyaran dollar amerika hanya untuk membangun data centers secara besar-besaran di berbagai belahan dunia.

Dalam membangun pusat data tersebut, Microsoft saja mengeluarkan biaya mencapai 15 milyar USD. Terdapat dua alasan spesifik mengapa perusahaan-perusahaan tersebut sampai mengeluarkan uang milyaran dollar hanya untuk membangun pusat data.

Yang pertama, perusahaan-perusahaan tersebut harus membangun server-server baru di dekat pusat pertumbuhan internet tertinggi. Dan yang kedua, mereka harus mengurus masalah dengan hukum negara tertentu yang memang mengatur privasi dari tiap pelanggan yaitu dengan cara menyimpan data pelanggan-pelanggan tersebut di negara tempat pelanggan tersebut tinggal, atau pada beberapa kasus tertentu, melakukan hal sebaliknya.

Di bawah ini adalah beberapa tempat yang dijadikan perusahaan-perusahaan di atas sebagai tempat mereka membangun pusat data (data centers) milik mereka beserta alasan mereka membangun pusat data di tempat tersebut.

 

1. Seatle dan Portland

Yaitu dua buah kota terbesar di Washington yang letaknya dibagian barat laut. IBM dan Amazon membangun pusat data mereka disini karena harga sewanya yang murah karena pusat data disini ditenagai oleh listrik tenaga air.

 

2. Iowa

Yaitu sebuah negara bagian Amerika Serikat yang terletak diantara sungai Missouri dan Mississippi. Google membangun data center-nya disini, begitu juga dengan Microsoft yang membangun dua buah data centers disini dengan alasan harganya yang murah, bebas dari pajak dan ditenagai oleh listrik bertenaga angin.

 

3. Toronto dan Quebec

Yaitu dua buah kota yang terletak di bagian timur Kanada. IBM dan Digital Ocean membangun pusat data mereka disini dengan alasan pertumbuhan wilayah yang cukup signifikan disini.

 

4. Dallas dan Houston

Adalah dua buah kota yang terletak di negara bagian Amerika Serikat, yaitu Texas. Microsoft membangun satu buah data center disini. Sedangkan IBM membangun dua buah data centers di kedua kota ini.

Alasan mereka membangun pusat data di kedua kota ini adalah karena kedua kota ini letaknya berdekatan dengan negara Meksiko dan Amerika bagian tengah. Selain itu pembebasan pajak juga adalah faktor lain yang menjadi alasan kedua perusahaan besar ini membangun data centers di kedua kota ini.

 

5. Silicon Valley

Adalah sebuah panggilan akrab bagi sebagian wilayah teluk dari San Francisco. Semuanya disini serba mahal tapi IBM, Amazon, Digital Ocean dan Microsoft membangung satu buah pusat data di wilayah ini. Alasan keempat perusahaan besar tersebut membangun pusat data di wilayah ini adalah karena jumlah pelanggan di wilayah ini sangat banyak.

 

6. Sao Paulo

Adalah sebuah kota yang terletak dibagian selatan negara Brazil. Di kota ini IBM, Amazon dan Microsoft membangun data centers dengan beberapa alasan.

Alasan pertamanya adalah walaupun biayanya mahal, tapi setara dengan tenaga yang didapat dimana pusat data yang dibangun di kota ini adalah pasar cloud dengan pertumbuhan tercepat. Selain itu, presiden Dilma Rousseff juga menjamin keamanan dari data yang disimpan di pusat data yang dibangun di Sao Paulo.

 

7. Frankfurt

Beralih ke Eropa, beberapa perusahaan seperti Amazon, IBM dan Digital Ocean juga membangun pusat data milik mereka di salah satu kota yang berlokasi di Jerman ini. Alasannya, data yang disimpan di pusat data di kota ini memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi, dimana tingkat keamanannya bisa dibilang adalah salah satu yang teraman di dunia.

 

8. London

Kota London yang berada di Inggris merupakan salah satu kota industri paling maju di dunia. Oleh karena itu IBM dan Digital Ocean membangun masing-masing sebuah pusat data mereka disini untuk mengakomodasi berbagai bisnis yang berada di distrik finansial di kota London.

 

9. Dublin

Beberapa dari kita mungkin sudah tahu bahwa Dublin adalah ibukota dari Republik Irlandia yang sekarang ini sedang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di bidang teknologi. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa Amazon dan Microsoft membangun data centers mereka di kota ini.

Selain itu pajak yang murah juga adalah faktor lain yang membuat kedua perusahaan besar itu membuat data centers di Dublin.

 

10. Pune, Chennai, dan Mumbai

Adalah tiga kota dari negara India, yang sekarang diakui dunia sebagai negara dengan perkembangan yang cukup signifikan. Walaupun sekarang negara tersebut masih rendah secara infrastrukturnya, Microsoft, IBM dan Amazon yakin bahwa India adalah sebuah pasar yang besar sekarang ini.

Sehingga ketiga perusahaan tersebut membangun data centers milik mereka disana. Bahkan Microsoft sampai membangun dua data centers.

 

11. Hong Kong

Adalah sebuah kota di bagian tenggara China dimana kota ini dulunya adalah bekas koloni Inggris.

Microsoft dan IBM lebih memilih membangun data centers milik mereka di negara ini dikarenakan keterbatasan-keterbatasan di negara ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan di mainland negara China.

 

12. Singapura

Adalah ibukota dari negara Singapura yang terletak di Asia Tenggara.

Ada empat perusahaan besar yang membangun pusat datanya disini. Keempat perusahaan tersebut adalah IBM, Amazon, Digital Ocean dan Microsoft. Alasan mereka membangun data centers mereka di kota ini adalah karena infrastruktur negara ini didukung oleh pemerintahan dunia dan juga karena Singapura adalah pusat dari berbagai induk perusahaan multinasional dunia.

 

13. Tokyo

Pasar Cloud di Jepang adalah salah satu pasar terbesar di dunia. Hal ini adalah dampak dari perekonomian Jepang dimana saat ini Jepang masih menempati peringkat ke-3 pada kategori negara-negara dengan perekonomian termaju di dunia.

Oleh karena itu, Microsoft, IBM dan Amazon membangun pusat data mereka di ibukota dari Jepang yaitu Tokyo.

 

14. Sydney dan Melbourne

Adalah dua kota yang terletak di benua Australia atau lebih tepatnya di negara New South Wales dan Victoria. Microsoft, IBM dan Amazon membangun data centers mereka dikedua kota ini dengan alasan bahwa pelanggan mereka terlalu jauh dari pusat data lainnya. Sehingga jalan satu-satunya adalah dengan menyetor data-data milik pelanggan di kota tersebut dengan membuat pusat data sendiri. [FM]

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel