Ruginya Merokok Secara Finansial Selama 50 Tahun

5 Nov 2015 13:04 2818 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pendapat pribadi soal pengeluaran perokok.

Mungkin banyak dari kita sadar bahwa merokok itu adalah sebuah kegiatan yang tidak menyehatkan. Setiap tahunnya, ratusan ribu penduduk di Indonesia meninggal dengan penyebab utamanya adalah rokok.

Jika diakumulasikan dengan negara-negara di berbagai dunia total kematian yang diakibatkan oleh penyakit yang dengan faktor utamanya rokok mencapai 6 juta jiwa.

Jika Anda adalah pengguna YouTube, banyak kampanye-kampanye disana yang dibuat dengan tujuan untuk mengajak para perokok untuk berhenti. Bahkan ada juga kontes yang mengangkat tema “Rokok Sangatlah Berbahaya Bagi Kesehatan Anda”, sebagai upaya untuk mencegah dan mengurangi perokok.

Untuk negara Indonesia sendiri, upaya-upaya yang dilakukan pemerintah pun beragam. Mulai dari iklan-iklan rokok yang didalamnya disematkan bahwa merokok itu berbahaya bagi kesehatan, stiker-stiker bahaya rokok bagi kesehatan di setiap bungkus rokok, dan juga kampanye-kampanye ke institusi-institusi pendidikan seperti SD, SMP dan SMA.

Selain merokok dapat membahayakan kesehatan, merokok juga ternyata berbahaya bagi finansial Anda.

Jika rata-rata harga rokok perbungkusnya di Indonesia adalah 15 ribu rupiah, maka berapa uang yang akan dikeluarkan selama 50 tahun Anda merokok?

 

Dalam Seminggu

Perokok yang menghabiskan satu bungkus rokok seharinya berarti akan menghabiskan uang sebanyak 105,000 rupiah dalam seminggu. Bagi mereka yang tidak merokok dengan uang 105,000 rupiah tersebut, mereka dapat menggunakannya untuk hal-hal lain. Seperti makan di restoran atau melakukan rekreasi.

 

Dalam Sebulan

Perokok dengan jenis yang sama (1 bungkus rokok perhari) dalam satu bulannya akan menghabiskan 450,000 rupiah. Sementara itu, mereka yang tidak merokok akan dapat menggunakan uang sebanyak 450,000 rupiah untuk berwisata ke kota lain, atau juga membeli sepatu, jaket atau hal lainnya yang menguntungkan dan bisa menjadi investasi.

 

Dalam Setahun

Mungkin hal ini tidak terasa karena pengeluarannya hanya 15 ribu per hari, tapi jika seorang perokok menghabiskan satu bungkus rokok dalam sehari.

Maka dalam satu tahun, perokok tersebut akan menghabiskan uang sebanyak 5,475,000 rupiah, yang menurut saya dengan uang sebanyak itu saya sudah dapat membeli smartphone kelas premium yang saat ini sedang beredar di pasaran.

 

Dalam 10 Tahun ke Depan

Jika dalam satu tahun saja sudah mengeluarkan 5,475,000 rupiah, maka jika dalam 10 tahun dimana pengeluaran per tahun dikali sepuluh.

Nilai yang didapatkan adalah sebesar 54,750,000 rupiah, dimana dengan uang sebanyak itu kalau saya sudah bisa membeli mobil bekas atau motor sport 250cc seperti Kawasaki Ninja, Yamaha R25 atau Honda CBR 250.

 

Dalam 50 Tahun ke Depan

Dengan asumsi bahwa seseorang merokok mulai dari umur 15 tahun hingga 20 tahun, dalam kurun waktu 50 tahun, seorang perokok berarti telah mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah.

Jika dikalikan dari nilai sebelumnya dimana pengeluaran per 10 tahun adalah 54,750,000 rupiah. Maka dalam waktu 50 tahun perokok yang merokok satu bungkus rokok per harinya sudah mengeluarkan uang sebesear 273,750,000 rupiah.

Dengan uang sebesar itu di hari tua seorang perokok, apa yang bisa mereka lakukan? Selain dapat menjamin kelayakan di sisa-sisa hidup mereka, uang tersebut juga bisa dijadikan warisan untuk anak-anaknya agar hidup mereka terjamin.

Sebagai orang tua, pasti semua juga senang kalau anak-anaknya hidup bahagia, betul tidak? [FM]

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel