5 E-Commerce 2015 yang Cukup Menarik Perhatian

2 Nov 2015 16:32 3076 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa e-Commerce yang menyita perhatian 

5 E-Commerce 2015 yang Cukup Menarik Perhatian

Persaingan di ranah e-Commerce semakin ketat saja, apalagi untuk kategori ritel yang bisa dikatakan masih dikuasai oleh Lazada. Meski sudah banyak pemain besar, para pemain seolah tak mau gentar. Itulah kenapa akhirnya, semakin hari semakin bertambah situs e-Commerce. 

Pada tahun 2015 ini juga, pertumbuhan e-Commerce semakin meningkat saja. Hal ini terbukti dari banyaknya startup yang mengusung konsep ini. Terlebih banyak juga situs e-Commerce yang mendapat pendanaan besar. 

Nah, diantara banyaknya e-Commerce yang muncul, ada 5 e-Commerce yang cukup menarik perhatian saya yang hadir pada tahun 2015. Apa saja itu? Berikut daftarnya!

 


1. MatahariMall

5 E-Commerce 2015 yang Cukup Menarik Perhatian

MatahariMall menjadi e-Commerce paling menarik perhatian di tahun 2015. Betapa tidak, situs ini begitu gencar dalam hal berpromosi. Terlebih ketika situs yang beralmat di MatahariMall.com ini mengadakan diskon besar-besaran hingga 90$ pada September 2015/. 

Dukungan dana yang kuat, ekosistem offline yang sudah terbentuk, serta dukungan tim yang sudah berpengalaman di ranah e-Commerce membuat MatahariMall bisa dikatkan sebagai e-Commerce raksasa. 

Tidak menutup kemungkinan, beberapa tahun kedepan, MatahariMall mengusai pangsa pasar. MatahariMall sendiri juga memiliki target untuk menguasai 20% pasar e-Commerce di Indonesia yang diharapkan terwujud pada tahun 2020

MatahariMall akan bersaing dengan e-Commerce retail seperti Lazada, Blibli, Rakuten, dan AliExpress.

 

2. MAPeMall

5 E-Commerce 2015 yang Cukup Menarik Perhatian

MAPeMall adalah e–Commerce yang didirikan oleh perusahaan Mitra Adiperkasa (MAP). Bagi yang belum tahu, Mitra Adiperkasa (MAP) ini adalah perusahaan ritel di Indonesia yang banyak memiliki ragam bisnis, seperti merek fashion ataupun peralatan olahraga. 

Kini MAP terjun ke ranah e-Commerce dengan menghadirkan merek-merek esklusif mereka. MAPeMall juga menwarkan pengalaman untuk ketika belanja. 

Terlebih, situs e-Commerce ini juga bekerjasama dengan aCommerce, jasa penyedia urusan logistik yang juga bermitra dengan MatahariMall. 

Oh yah, MAPeMall ini lebih banyak menawarkan produk-produk fashion, kecantikan, furniture, dan juga mainan anak. 

MAPeMall akan bersaing dengan situs produk fashion seperti Zalora atau Bobobobo


3. Woku-woku 

5 E-Commerce 2015 yang Cukup Menarik Perhatian

Irwansyah dan Zaskia Sungkar, dua selebritas tanah air yang cukup ternama, juga terjun ke ranah e-Commerce. Kedua artis ini mendirikan situs Woku-woku, yang merupakan situs e-Commerce yang menyediakan produk fashion dari selebritas tanah air. 

Kehadiran situs ini didasari karena keinginan banyak fans yang ingin lebih dekat dengan para idolanya.  Tentu saja pasar ini merupakan pasar yang empuk, mengingat fans para idola tergolong militan. 

Untuk menarik banyak fans, Woku-woku telah menggandeng beberapa produk dari berbagai artis. 

Diantaranya adalah Vidi Aldiano, Ricky Harun, Tantri Kotak, Chika Jessica, Ardina Rasty, Natasha Rizky, Syahnaz Shadiqah, Shireen Sungkar, Nagita Slavina, Michelle Joan, Laudya Chintia Bella, dll. 

 

4. JDIndonesia 

5 E-Commerce 2015 yang Cukup Menarik Perhatian

Bukan hanya AliExpress, situs e-Commerce raksasa dari Tiongkok. Ada juga situs e-Commerce lainnya yang bernama JDIndonesia. 

Situs dengan konsep business to consumer (B2C) datang dari perusahaan raksasa JD.com yang sudah melakukan penawaran saham ke publik (IPO) sebesar $1,78 miliar (Rp24 triliun) pada Mei 2014. 

Nilai IPO ini tentu bukan main-main. Tidak usah jauh-jauh, JDIndonesia memiliki alamat domain JD.ID yang notabene berharga Rp 500 juta. 

Dengan fakta tersebut, jelas bahwa JDIndonesia bukanleh e-Commerce sembarangan yang sekadar meramaikan pasar. Dengan dukungan dana yang kuat, JDIndonesia dijamin siap mengancam situs eCommerce lainnya. 

JDIndonesia ini akan bersaing dengan eCommerce raksasa seperti Rakuten, MatahariMall, Lazada, AliExpress, dan sebagainya. 

 

5. Erafone 

5 E-Commerce 2015 yang Cukup Menarik Perhatian

Erajaya Group yang sudah mengakusisi Axioo, kini memiliki e-Commerce khususnya. E-Commerce tersebut beralamat di Erafone.com yang fokus pada penjualan gadget beserta aksesorisnya. 

Dengan tampilan situs yang menarik dan navigasi yang mudah, membuat situs ini cukup nyaman dikunjungi. Tapi, yang membuat situs ini lebih menarik adalah kehadiran promo-promonya yang luar biasa. 

Tiap bulannya selalau ada promo yang disebut Promo of The Month yang menawarkan produk gadget dengan harga yang lebih bersahabat. 

Erafone ini akan bersaing dengan situs eCommcer khusus gadget seperti Bhinneka, Jakarta Notebook, Paradise Store, dan sebagainya. 

 

Nah, itulah kelima e-Commerce yang cukup menarik perhatian di tahun 2015 ini. Bagaimana menurut Anda? Mana yang menarik? Yuk tulis pada kolom komentar. 

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel