Ternyata Duduk Dengan Menyilangkan Kaki itu Berbahaya

28 Oct 2015 18:00 4654 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut ini 4 bahaya dari duduk dengan posisi tersebut

Pernah duduk dengan cara menyilangkan kaki?

Bagi Anda yang masih melakukan hal tersebut, sepertinya harus segera menghentikannya. Apalagi kalau Anda adalah seorang pria yang ketika duduk dengan menyilangkan kaki, bisa sampai menghabiskan tempat, khususnya di transportasi umum seperti bus atau kereta yang posisi duduknya berderet.

Selain memang menghabiskan tempat, sebuah penelitian juga telah menemukan bahwa duduk dengan menyilangkan kaki juga buruk bagi kesehatan kita dimana dampaknya sendiri bergantung ke seberapa lama kita duduk dengan posisi tersebut.

Inilah dampak dari duduk dengan menyilangkan kaki.

 

1. Dapat menyebabkan naiknya tekanan darah

Sebenarnya banyak penelitian berskala kecil yang telah melakukan percobaan dengan menyilangkan kaki; dan kebanyakan dari penelitian ini telah membuktikan bahwa posisi tersebut memang meningkatkan tekanan darah Anda.

Menurut salah satu penelitian yang dilakukan dan kemudian dipublikasikan hasilnya di journals.lww.com, duduk dengan posisi menyilangkan kaki ternyata dapat meningkatkan sistolik BP sebanyak 7% dan diastolik sebanyak 2%.

 

2. Dapat menyebabkan sakit punggung dan sakit leher

Berdasarkan pernyataan seorang terapis ternama, Vivian Eisentadt; seseorang cenderung dapat merasakan rasa sakit di punggungnya dan juga dibagian lehernya jika terlalu sering duduk dengan posisi kaki bersilangan.

Karena ketika dalam posisi duduk dengan menyilangkan kaki, pinggul kita akan sedikit bengkok dan berujung pada tidak seimbangnya bagian tulang panggul kita.

Hal ini akan berujung pada beratnya tekanan pada tulang belakang dan besar kemungkinannya bagian punggung dan leher kita terkena dampaknya, dimana dampak tersebut adalah rasa pegal atau sakit.

 

3. Mungkin adalah penyebab dari munculnya spider veins dan varicose veins pada tubuh

Apa itu spider veins dan vericose veins? Spider veins atau varicose veins adalah suatu keadaan dimana pembuluh darah atau urat-urat pada bagian lengan ataupun kaki muncul ke permukaan.

Para ahli banyak percaya bahwa sebenarnya keadaan ini adalah keadaan yang turun-temurun secara genetika, terlalu banyak terkena sinar matahari dan terlalu banyak berdiri.

Namun, para ahli lain percaya bahwa duduk dengan posisi menyilangkan kaki adalah salah satu penyebab dari keadaan tersebut. Salah satunya adalah, Hooman Madyoon, yaitu seorang Kardiologis atau ahli jantung di Pusat Kesehatan Cedars Sinai.

Ia mengatakan bahwa dengan duduk menyilangkan kaki, tekanan pada pembuluh vena meningkat yang tugasnya adalah mengembalikan darah ke jantung. Tekanan pada kaki yang berada di atas menghambat proses tersebut sehingga dapat menyebabkan luka pada pembuluh vena pada kaki Anda.

 

4. Dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf

Hal ini diungkapkan oleh Mayoclinic.org

Sebagian dari kita tahu bahwa saraf siatik adalah sistem saraf terbesar pada tubuh manusia dan memanjang dari punggung kita sampai ke kaki kita.

Salah satu cabang dari saraf siatik adalah saraf peroneal. Berbagai tekanan yang ada pada saraf peroneal dapat menyebabkan kekakuan dan kesemutan yang jika dijadikan kebiasaan akan merusak sistem saraf tersebut.

 

Lalu bagaimana cara kita menghilangkan kebiasaan duduk dengan menyilangkan kaki?

Yang pertama, jangan coba untuk menghilangkan kebiasaan tersebut seluruhnya. Tapi, cobalah untuk mengurangi kebiasaan duduk dengan posisi tersebut di bawah 15 menit. Dan setiap setengah jam, usahakan untuk berdiri dan berjalan-jalan sebentar.

Namun, jika tuntutan pekerjaan Anda adalah untuk duduk berjam-jam di kursi, maka carilah kursi yang nyaman dimana kursi tersebut dapat menopang bagian punggung Anda dan juga dapat disesuaikan ketinggiannya sehingga kaki dapat tetap menyentuh tanah jika kursinya terlalu tinggi atau Anda yang terlalu pendek. [FM]

Via: Lifehack

Tags Kesehatan

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel