Hapus 10 Aplikasi Ini dari Smartphone Android Anda

25 Oct 2015 17:22 13888 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Beberapa aplikasi yang disarankan untuk di-uninstal

Kalau sebelumnya, banyak artikel yang memuat tentang aplikasi yang disarankan untuk dipasang, maka kali ini, saya akan rekomendasikan sebaliknya. 

Saya akan merekomendasikan kepada Anda untuk tidak memang beberapa aplikasi Android ini. 


Mengapa tidak perlu dipasang? 

Karena memang manfaatnya kurang dan hanya memberatkan smartphone Anda. Apalagi jika smartphone yang Anda miliki ternyata spesifikasi yang rendah. 

Laman Android Pit juga menyatakan bahwa memang ada beberapa aplikasi yang seharusnya tidak terpasang di Android. 

Persoalan memori yang terbatas, kapasitas baterai, serta efek terhadap performa smartphone Anda memang akan sangat berpengaruh. 

Untuk itulah, jika smartphone Anda ingin lebih bagus performanya, lebih lapang memori internalnya, serta lebih hemat, baterai, maka Anda perlu uninstal aplikasi-aplikasi berikut ini. 

 

1. Facebook 

Hapus 10 Aplikasi Ini dari Smarpthone Android Anda

Apa alasan Anda menginstal aplikasi Facebook? Tidak ada alasan karena Anda tidak menginstalnya pun, Anda bisa mengakses via browser yang ada di smarpthone Anda. 

Daripada menambah memori internal dengan aplikasi ini dan malah membuat baterai lebih lambat, sebaiknya unsinstal saja. Gunakan Facebook melalui aplikasi browser saja. 

 


2. Facebook Messenger 

Hapus 10 Aplikasi Ini dari Smarpthone Android Anda

Aplikasi ini memang menjadi top aplikasi di Google Play Store. Tapi bukan berarti Anda juga harus menginstalnya. Pasalnya, aplikasi ini cukup berat. Terlebih jika Anda menambahkan aplikasi tambahan didalamnya. 

Ingin chat via Facebook? Gunakan saja akses Facebook melalui browser Anda. Jika Anda ingin notifikasi Facebook dan pesan Facebook yang masuk, gunakan saja UC Browser. 

Dengan UC Browser, Anda bisa mendapatkan notifikasi Facebook apapun layaknya Anda menginstal Facebook dan Messenger. 

 


3. LINE

Hapus 10 Aplikasi Ini dari Smarpthone Android Anda

Saya yakin, sebagian dari Anda, ada yang menggunakan LINE sebagai chat apps utama dibandingkan aplikasi lainnya. Tapi, apakah Anda tahu bahwa LINE itu cukup berat? 

LINE memiliki segudang fitur, timeline, pengubah tampilan, bahkan, Anda akan kesal ketika Anda mendapat undangan Games atau pesan promo dari perusahaan. 

Aktivitas-aktivitas ini hanya akan menguras baterai Anda. Saya sarankan untuk uninstal aplikasi ini. Kalaupun Anda butuh LINE, Anda bisa menggunakan aplikasi LINE Line yang lebih hemat secara ukuran maupun secara konsumsi baterai. 

Butuh LINE secara keseluruhan? Tinggal pasang di komputer Anda. Anda bisa bebas menggunakan LINE versi utama. Tidak perlu takut kehabisan baterai dan mengganggu performa smartphone Anda. 

 


4. Snapchat 

Hapus 10 Aplikasi Ini dari Smarpthone Android Anda

Saya pernah instal Snapchat di smartphone. Saya hanya bertahan satu hari menginstal aplikasi ini. Betapa tidak, aplikasi ini  menyedot konsumsi baterai  cukup cepat. 

Cukup wajar sebenarnya karena aplikasi ini memang membutuhkan GPS, Wi-Fi, dan juga kamera. 

 


5. Skype 

Hapus 10 Aplikasi Ini dari Smarpthone Android Anda

Pada awalnya, saya tidak bermasalah ketika menginstal aplikasi Skype. Tapi kemudian saya menyadari kalau aplikasi Skype cukup merepotkan jika saya instal di smartphone. 

Karena saya bisa instal Skype di komputer, maka saya memilih untuk uninstal aplikasi ini di smartphone. Terlebih karena ukuran aplikasi yang lumayan agak besar membuat saya urang menggunakan aplikasi ini. 

 


6. Aplikasi Widget Cuaca

Hapus 10 Aplikasi Ini dari Smarpthone Android Anda

Pernah Anda melihat tampilan layar Anda menampilkan kondisi cuaca terkini di kota Anda? Jika pernah, apakah Anda benar-benar membutuhkan informasi tersebut? 

Kalau bagi saya, tampilan tersebut tidaklah perlu. Kita bisa mencari tahu kondisi cuaca ketika kita memang benar-benar membutuhkan informasi tersebut. Bukan tiap waktu yang ternyata memang cukup mengganggu konsumsi baterai. 

Sebaiknya Anda unsintal aplikasi ini atau Anda pilih untuk tidak mengaktifkan aplikasi ini. 

 


7. Peramban Bawaan 

Hapus 10 Aplikasi Ini dari Smarpthone Android Anda

Browser bawaan atau peramban bawaan di Android ternyata memiliki ukuran besar. Terutama Google Chrome. Selain itu, aplikasi browser bawaan juga memakan kuota yang lebih besar. 

Jika Anda butuh aplikasi browser, Anda bisa instal aplikasi semacam Opera Mini atau UC Browser Mini yang mampu menampilkan situs dengan “mengtgenjot” kuota sekecil-kecilnya. 


 

8. Antivirus Gratis 

Hapus 10 Aplikasi Ini dari Smarpthone Android Anda

Apakah ada aplikasi antivirus di smartphone Anda? Apakah aplikasi tersebut cukup berguna? Atau justru malah membuat smarpthone Anda jadi lelet? 

Untuk diketahui, memasang aplikasi antivirus bukanlah sebuah keharusan. Pasalnya, virus lebih banyak menyerang sistem komputer desktop dibandingkan perangkat mobile semacam Android. 

Karena itu, sebaiknya uninstal aplikasi antivirus. 

 

9. Aplikasi Clean 

Hapus 10 Aplikasi Ini dari Smarpthone Android Anda

Banyak orang menginstal aplikasi clean atau “pembersih sampah” di Android. Aplikasi jenis ini memang cukup difavoritkan karena berguna menghapus cache memori yang menumpuk di memori smarpthone Anda.  Namun, aplikasi jenis ini ternyata juga menyimpan file “sampah” itu sendiri. Dan  “sampah-sampah” itu berpengaruh pada performa baterai smarpthone Anda. 

Sebaiknya tidak usah pasang aplikasi ini.  

Lalu, bagaimana menghapus aplikasi sampah? Anda bisa melakukannya di bagian “Setting”. Setelah itu, pilih “Apps” kemudian pilih “Downloaded”. Anda cukup pilih aplikasi dan kemudian memilih “Clean Cache” 

 

10. Twitter

Hapus 10 Aplikasi Ini dari Smarpthone Android Anda

Aplikasi Twitter memang cukup berguna untuk memudahkan melakukan kicauan dengan cepat, berbagi dengan cepat, dan memeriksa linimasa Twitter yang begitu cepat. 

Tapi ingat, aplikasi Twitter bekerja dengan cara realtime. Ini tentu saja berpengaruh pada baterai smapthone dan juga kuota data internet Anda karena sistem berjalan terus-terusan. 


Nah, itulah kesepeluh aplikasi yang perlu Anda pertimbangkan untuk Anda uninstal. Semuanya. Tentu saja demi performa smarpthone Anda.  

About The Author

Hilman 79
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel