HTC vs Apple, Kontroversi desain HTC A9

23 Oct 2015 13:30 3281 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jadi siapa yang meniru siapa?

HTC telah mengumumkan sebuah handset atau smartphone terbarunya minggu ini bernama HTC A9. Bagi yang sudah melihat foto dari smartphone ini, pasti berpikiran

“smartphone ini kok mirip dengan iPhone 6?”

Itu juga adalah yang menjadi topik hangat di dunia internet. Setelah beberapa hari, sepertinya pihak HTC merasa tidak nyaman dengan klaim bahwa HTC adalah menjadi pihak tertuduh disini.

Dengan tuduhan bahwa HTC telah meniru iPhone 6, tentu saja pihak HTC tidak begitu senang dengan tuduhan itu, terutama Jack Tong yang juga adalah Pimpinan dari HTC Asia Utara.

Tidak menerima dengan tuduhan tersebut, Jack Tong kemudian mengadakan konferensi pers yang diadakan tanggal 22 Oktober 2015 kemarin untuk mengklarifikasi bahwa HTC tidak meniru desain dari iPhone 6.

“Kami tidak meniru. Dulu pada tahun 2013 kami pernah memproduksi smartphone dengan desain uni-body yang terbuat dari metal, dimana desain tersebut juga sekarang ada pada HTC A9. Pihak Apple-lah yang meniru kami dari segi desain antenna di bagian belakang smartphone”, ujar Jack Tong pada konferensi pers tersebut.

Smartphone yang diproduksi pada tahun 2013 tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah HTC M7, dimana smartphone ini pada dua tahun lalu adalah smartphone kelas premium berbahan logam dimana hal ini merupakan ciri khas yang membedakan smartphone ini dengan smartphone lain yang masih berbahan plastik.

Jack Tong juga melanjutkan pernyataannya pada konferensi tersebut, “HTC A9 dibuat dengan menggunakan bahan yang lebih ringan dibandingkan HTC M7 terdahulu. Hal ini adalah perubahan dan evolusi, bukanlah meniru”

“Rilis lebih dulu dan dilupakan lebih dulu” adalah klausa yang paling tepat untuk smartphone HTC yang dirilis pada tahun 2013 yaitu M7 dan M8.

Gambar di atas adalah gambar produk smartphone dari HTC, dimana HTC yang berada di sebelah kiri adalah tipe M8 dan HTC yang berada di sebelah kiri adalah tipe M7.

Dari kedua gambar di atas, terlihat sangat jelas bahwa bagian belakang smartphone tersebut sangatlah mirip dengan iPhone 6 khususnya pada tipe HTC M7.

Pendapat lain muncul dari salah satu petinggi Xiaomi, Hugo Barra. Menurut Hugo Barra yang juga CEO dari Xiaomi Internasional ini, iPhone 6 lah yang meniru desain dari HTC dan bukan sebaliknya, seperti pada kutipan yang ada pada gambar di bawah ini.

HTC vs Apple, Kontroversi desain HTC A9

Secara resmi, hingga sekarang Apple belum mengambil langkah tentang produk lenovo yang katanya meniru iPhone 6 ini. Mungkin karena iPhone 6 sendiri desainnya mirip dengan HTC M7.

Namun satu hal yang nyata, bahwa pihak HTC akan terus berfokus pada desainnya yang ada pada M7 dan A9, dimana nantinya desain ini juga akan diterapkan pada HTC seri lain seperti seri M dan seri Desire. [FM]

 

 

Sumber Gambar: The Verge, Android Authority

 

Tags Teknologi HTC

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel