7 Pekerjaan Freelance yang Sangat Mudah Anda Lakukan

23 Oct 2015 09:00 7010 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa pekerjaan freelance yang mudah Anda lakukan 

Mencari pekerjaan freelance kini tidak sesulit dulu. Anda bisa dengan mudah menemukan pekerjaan paruh waktu untuk menambah uang saku. 

Yah, pekerjaan freelance memang pilihan terbaik agar Anda bisa terus makan di dunia yang “keras” ini. 

Pekerjaan freelance pun membebaskan semuanya. Membebaskan mereka yang pengangguran, membebaskan mereka para pekerjaa kantoran dengan gaji pas-pasan, dan juga membebaskan mereka yang masih sekolah ataupun kuliah. 

Anda tidak perlu bingung lagi dicap pengangguran karena ada banyak pilihan pekerjaan paruh waktu yang bisa Anda lakukan.  Dan menariknya, pekerjaan ini tidak akan mengganggu waktu penuh Anda. 

7 Pekerjaan Freelance yang Sangat Mudah Anda Lakukan

Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan pekerjaan freelance yang tepat yang sesuai keahilan Anda. 

Anda bisa jadi seorang desainer, penulis, programmer, ataupun pekerjaan-pekerjaan lain yang memungkin Anda bekerja dari rumah. 

Jika pun Anda kurang ahli, Anda bisa sambil belajar dan mengasah kemampuan. 

Tidak perlu bayar mahal-mahal, semua ilmu ada di Internet. Yang perlu Anda lakukan adalah tidak terus membacanya, tetapi 


Lakukan 

Lakukan 

dan Lakukan!! 


Masih merasa pekerjaan freelance itu sulit? Kalau begitu, bagaimana kalau Anda coba beberapa pekerjaan freelance yang mudah Anda lakukan berikut ini. 

 

1. Admin Media Sosial 

7 Pekerjaan Freelance yang Sangat Mudah Anda Lakukan

Ini adalah pekerjaan paling gampang untuk dijadikan pekerjaan freelance Anda. Bukan berarti meremehkan pekerjaan ini, tetapi memang menjadi admin ini tidak perlu keahlian yang harus dilatih cukup lama. 

Yang Anda lakukan adalah posting di media sosial. Anda bisa jadi admin sosial jualan produk ataupun admin sosial freelance perusahaan lainnya. 

Oh yah bedakan admin media sosial dengan  Social Media Office (SMO) atau Social Media Marketing (SMM). SMO atau SMM biasanya adalah pekerjaan tetap yang memerlukan analisis tinggi terhadap target pasar di media sosial. 

Bisa dibilang admin media sosial ada dibawah SMO atau SMM. 

Nah, sebelum Anda bisa menjadi seorang SMO, tidak ada salahnya mencari uang tambahan sebagai admin media sosial. Siapa tahu suatu hari nanti, Anda akan mahir menjadi seorang SMO atau SMM.  

 

2. Mengajar 

7 Pekerjaan Freelance yang Sangat Mudah Anda Lakukan

Jika Anda punya satu kemampuan tertentu, tidak ada salahnya Anda jual kemampuan tersebut dengan cara mencari murid yang mau belajar. 

Misalnya, Anda pandai main gitar, maka Anda bisa membuka kelas gitar untuk pemula. 

Masih terlalu sulit? Coba gali kembali kemampuan Anda. Kemampuan menjahit saja bisa dijadikan kursus. Bahkan, ada juga kursus rias pengantin dan kursus yang lebih spesifik pada hobi, misalnya kursis akting atau kursus menari. 

Bingung cari muridnya? Di era internet, Anda bisa dengan mudah menemukan murid. Contohnya dengan menggunakan layanan RuangGuru.com 

Jika Anda tidak mau ribet, tidak ada salahnya membuka kelas di lingkungan sekitar rumah Anda. 

 


3. Fotografer 

7 Pekerjaan Freelance yang Sangat Mudah Anda Lakukan

Hobi foto-memfoto? Mengapa Anda tidak coba mencari uang dengan hobi tersebut? 

Tidak perlu takut kalah dengan para fotografer profesional. Yang perlu Anda lakukan adalah memotret dan memotret. 

Jika Anda tidak punya kamera, kenapa tidak mencoba dengan kamera smartphone Anda? Anda tinggal memotret berbagia kejadian menarik dan kemudian menjual hasil foto Anda. 

Ingin lebih mudah? Tawarkan kepada teman Anda yang ingin menikah dan membutuhkan seorang fotografer. Atau tawarkan kepada orang lain yang memang membutuhkan “tukang” dokumentasi pribadi. 

 


4. SPG/SPB 

7 Pekerjaan Freelance yang Sangat Mudah Anda Lakukan

Saat ini, ada banyak sales promotion girl (SPB)  dan sales promotion boy (SPB) yang dibutuhkan dalam event-event tertentu saja. Ini bisa jadi peluang bagi Anda untuk mendapatkan uang tambahan. 

Memang, pekerjaan ini lebih banyak dilakukan oleh perempuan (SPG)  tetapi tetap saja ada juga yang membutuhkan tenaga laki-laki. Hanya saja bidangnya berbeda. 

Anda tidak perlu keahilan tertentu. Yang Anda lakukan adalah promosi produk tertentu di suatu event dalam jangka waktu tertentu. 

Yang perlu diperhatikan mungkin hanyalah tinggi badan. Karena biasanya pekerjaan ini menuntut tinggi badan tertentu. 

 

 

5. Ojeg 

7 Pekerjaan Freelance yang Sangat Mudah Anda Lakukan

Di tengah gemuruhnya fenomena ojeg online, membuat pekerjaan sebagai tukang ojeg menjadi lebih menarik dibandingkan sebelumnya. Pendapatan profesi ini pun terbilang cukup dan bisa dijadikan sampingan di tengah kesibukan Anda. 

Anda tidak perlu ahli. Yang penting Anda bisa mengendarai sepeda motor dengan baik serta punya Surat Izin Mengemudi (SIM). Dan tentunya, Anda memiliki sepeda motor dengan kelengkapan surat-suratnya. 

 

6. Asisten Rumah Tangga 

7 Pekerjaan Freelance yang Sangat Mudah Anda Lakukan

Tidak ada yang salah dengan pekerjaan ini. Selama Anda bisa melakukan pekerjaan rumah tangga dengan baik, maka Anda bisa melakukannya. 

Mulai dari mengepel atau mencuci pakaian untuk perempuan. Atau mencuci mobil dan memotong rumput untuk laki-laki. Bahkan jika Anda bisa semuanya itu lebih baik. 

Memang biasanya profesi ini bekerja secara penuh waktu (full time). Tapi, belakangan muncul fenomena asisten rumah tangga yang hanya datang pada waktu-waktu tertentu saja.  

Dan menurut saya, ini bisa menjadi pekerjaan menarik untuk menambah uang saku. 

 

7. Penonton Bayaran 

7 Pekerjaan Freelance yang Sangat Mudah Anda Lakukan

Kalau Anda perhatikan acara musik atau talkshow di stasiun televisi swasta, Anda pasti melihat penonton yang sama dari satu episode ke episode lainnya. Senin, Anda melihat orang tersebut. Selasa dan Rabu pun, Anda melihat orang yang sama. 

Nah, mereka itu adalah penonton bayaran yang bertugas meramaikan suatu acara. 

Pekerjaan ini  cukup menarik. Karena kalau tidak salah, untuk jadi seorang penonton bayaran dalam satu tayangan berdurasi satu jam, Anda bisa mendapatkan bayaran Rp 50 ribu keatas. Dikasih makan lagi 

Nah, itulahtujuh pekerjaan freelance yang mudah dilakukan. Tapi, jika Anda punya satu keahlian tertentu, sebaiknya Anda kembangkan dan mencari uang dari keahilan Anda. Semisal, menjadi seorang penulis, ilustrator, web desainer, ahli internet marketing, dan sebagainya. 

Jika Anda ingin lebih baik, maka fokuslah berjualan. Karena berdagang adalah suatu pekerjaan yang  menguntungkan dan membuat Anda menjadi seroang pengusaha, bukan sekadar profesi belaka. 

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel