Teknologi dan Seni Pahat Tergabung Dalam Mobil ini

21 Oct 2015 13:00 2625 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seni pahat pada mobil ini adalah seni pahat tradisional Jepang

Sebuah perusahaan otomotif pembuat mobil di Jepang bernama Mitsuoka Motors baru-baru ini mengeluarkan sebuah mobil terbarunya yang berjenis sedan.

Nama mobil sedan yang diproduksi Mitsuoka Motors ini adalah “Viewt Toyama”.

Mobil-mobil yang pernah dibuat perusahaan bernama Mitsuoka Motors yang berlokasi di Jepang ini selalu menghadirkan kesan unik dengan nilai seni yang tinggi.

Dengan kata lain, perusahaan ini adalah perusahaan pembuat mobil dimana teknologi otomotif dikolaborasikan dengan seni pahat tradisional Jepang yang tentunya akan menambah nilai estetika dari mobil yang dibuat perusahaan tersebut.

Bagi yang melihat interior dari mobil terbaru Mitsuoka Motors seperti pada di gambar di bawah ini, mungkin beberapa rekan pembaca sadar bahwa interior yang digunakan oleh mobil ini mirip dengan interior yang ada pada Nissan March.

Hal ini dikarenakan interior dari mobil Viewt Toyama ini memang mengadaptasi interior Nissan March.

Namun, jika dibandingkan dengan Nissan March, interior pada Viewt terlihat lebih rapi dan classy berkat balutan dari kulit merah yang hampir mendominasi bagian interiornya. Selain itu, panel kayu berwarna merah yang terlihat mewah adalah salah satu daya tarik lain yang dimiliki mobil ini.

Serasa tidak puas dengan mobil Viewt Toyama yang sekarang, pihak dari Mitsuoka Motors memutuskan untuk mempermewah lagi mobil sedan Viewt Toyama ini dengan menambahkan pahatan Inami, yaitu sebuah teknik memahat yang sudah ada di Jepang sejak abad ke-14 dengan memanfaatkan alat untuk memahat yang jenisnya beragam.

Pertama-tama, sang pemahat menyiapkan rancangannya terlebih dahulu. Kemudian pemahat mulai bekerja dengan mulai memahat menggunakan alat-alat pahat khusus para pemahat inami.

Pada gambar di bawah ini, Pemahat sedang melakukan proses pemahatan mulai dari mengukur panjang pahatan nantinya pada dashboard kemudian menuangkan ide tentang apa yang akan dipahatnya ke dalam sebuah kertas untuk kemudian dijadikan sebagai blueprint dari apa yang akan dipahatnya.

Pada kesempatan kali ini, yang pemahat tersebut buat adalah sebuah pemandangan dari pegunungan Tateyama yang bisa terlihat dari teluk Toyama yang juga menjadi origin atau tempat asal dari seni pahat inami.

Hasilnya adalah sebuah seni pahat seperti di bawah ini.

Sebagai tambahannya, bagian belakang dari interior pada mobil Viewt Toyama juga ditutupi oleh kertas bernama Ecchu Washi dimana kertas ini adalah sebuah karya lokal dari Toyama yang jika ditelusuri sejarahnya, umur dari seni pembuatan kertas ini sudah ada sejak abad ke-8.

Namun ada satu hal yang sangat disayangkan mengenai mobil Viewt Toyama ini. Sedan edisi spesial keluaran Mitsuoka Motors ini ternyata tidak dijual ke pasaran dan ada hanya untuk dipamerkan saja.

Namun, bagi mereka yang menginginkan mobil Viet Toyama versi standarnya, Mitsuoka Motors bersedia menjualnya kepada para pembelinya. [FM]

 

 

via Japaaan.com

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel