Aplikasi-Aplikasi ini Menimbulkan Masalah Pada Smartphone Anda

21 Oct 2015 12:00 3446 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Data ini dilansir oleh situs resmi AVG

Beragam jenis aplikasi di dalam sebuah smartphone merupakan sebuah fitur yang memang tidak dapat terpisahkan lagi. Karena jika smartphone tanpa fitur aplikasi sama saja seperti menghilangkan kata “smart” pada “smartphone”.

Dari aplikasi media sosial, aplikasi berita, aplikasi bermain game hingga beragam aplikasi lainnya, dipastikan terpasang pada setiap smartphone yang ada di dunia.

Namun, tahukah Anda?

Aplikasi yang Anda pasang terkadang adalah sebuah faktor utama yang menyebabkan kuota internet Anda cepat habis, smartphone menjadi lambat, baterai menjadi boros dan yang pasti adalah memakan banyak tempat pada memori penyimpanan pada smartphone Anda.

Beberapa hari lalu, AVG yang juga kita kenal sebagai pengembang anti-virus untuk komputer, telah merilis data terbaru tentang aplikasi apa saja yang memiliki dampak negatif terbesar pada sebuah smartphone.

Dampak negatifnya meliputi borosnya penggunaan data internet, borosnya daya tahan baterai dan juga turunnya performa smartphone. Dan jika kita lihat pada tabel di bawah ini, terdapat beberapa aplikasi yang memang tidak asing lagi di mata kita.

Aplikasi-Aplikasi ini Menimbulkan Masalah Pada Smartphone Anda

Data yang ada pada tabel gambar di atas adalah data yang dapat diandalkan dan valid. Karena berdasarkan pernyataan dari pihak AVG, data yang mereka ambil adalah data hasil pengumpulan secara diam-diam melalui dua aplikasi Android andalannya yaitu AVG Anti-virus dan AVG Cleaner.

Data tersebut diambil dengan samplenya adalah para pengguna smartphone yang berdomisili di Amerika Serikat, Inggris dan Australia.

Jika kita lihat pada gambar di atas, SnapChat menempati peringkat nomor 1 sebagai aplikasi yang paling menguras performa smartphone. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut terlalu sering menggunakan Wi-Fi, GPS dan kamera pada smartphone Anda.

Fakta lainnya jika kita lihat lebih teliti lagi, SnapChat ternyata berada di lima teratas pada tiga kategori berbeda dari tabel gambar di atas. Hal ini tentunya membuat aplikasi ini sebagai aplikasi dengan ancaman terbesar bagi smartphone Android.

Aplikasi di atas memang tidak disarankan bagi para pengguna Android. Namun, aplikasi-aplikasi tersebut ternyata tidak menimbulkan masalah jika mereka berada di dalam keadaan idle atau stand by.

Tidak seperti aplikasi-aplikasi pada tabel gambar di bawah ini yang berjalan tepat disaat smartphone Anda dinyalakan.

Aplikasi-Aplikasi ini Menimbulkan Masalah Pada Smartphone Anda

Jika SnapChat menjadi aplikasi yang menimbulkan masalah ketika aplikasi tersebut dijalankan oleh penggunanya, maka Facebook adalah aplikasi lain yang menimbulkan masalah tanpa harus dijalankan penggunanya.

Jadi, jika Anda merasakan bahwa smartphone Anda terasa lambat, kuota Anda terasa boros dan memori penyimpanan Anda terkuras. Facebook yang terpasang di smartphone Anda adalah salah satu penyebabnya.

Anehnya, menurut data yang dipublikasikan oleh pihak AVG di atas, Facebook ternyata bukanlah aplikasi yang paling menguras baterai smartphone seperti yang dibahas di forum-forum gadget.

Dan bagi Anda yang tidak yakin tentang informasi mana yang benar tentang aplikasi sosial media ini, alternatif lain seperti menggunakan Facebook Lite atau aplikasi ketiga untuk membuka Facebook bernama Metal mungkin dapat menjadi alternatif.

Kembali ke topik, untuk mengatasi empat kategori masalah di atas, AVG menawarkan beberapa solusi antara lain, selalu rajin membersihkan caches dan riwayat dari browser yang sering Anda gunakan. Selain itu, jangan terlalu banyak meluangkan waktu untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dan juga pastikan aplikasinya selalu ter-update. [FM]

 

Sumber data & gambar: now.avg.com

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel