Beginilah Pose - Pose Aneh Dibalik Pemotretan Cosplay

20 Oct 2015 10:00 6386 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Inilah bagaimana cosplay yang sering kita lihat dibuat.

Cosplay, mungkin rekan pembaca disini sudah tahu tentang apa yang dimaksud dengan cosplay kan?

Bagi yang belum tahu, cosplay atau costume play adalah sebuah pertunjukan seni dimana para partisipannya yang disebut cosplayers menggunakan sebuah kostum dan aksesoris fashion yang mempresentasikan suatu karakter.

Dan jika Ada yang berpikir bahwa cosplay itu terbatas pada karakter anime Jepang saja, maka Anda salah. Karena cosplay, seperti yang sudah dijelaskan di atas, adalah sebuah aksi untuk mempresentasikan sebuah karakter ke dunia nyata, baik itu karakter yang Ada pada animasi barat, ataupun karakter yang ada pada animasi jepang serta karakter yang ada pada video games.

Cosplay yang disajikan dalam sebuah foto, berbeda dengan cosplay yang biasa Anda lihat di pameran-pameran atau event pada umumnya. Dalam sebuah foto, cosplay akan disajikan sedemikian rupa sehingga menampilkan pose atau nilai seni yang memang menarik perhatian bagi orang-orang yang melihatnya.

Namun tahukah Anda? Bahwa dibalik kebanyakan cosplay yang Anda lihat itu terdapat, proses yang menurut penulis sendiri adalah proses yang cukup lucu dan konyol.

Bayangkan saja, sebuah foto dimana seorang cosplayer cantik berpose dengan gaya yang cool ternyata diambil dengan cara yang tidak kita duga sama sekali.

Contohnya seperti sebuah cosplay di bawah ini yang diambil oleh dua orang wanita, dimana satu cosplayer berperan sebagai seorang pria dan satu cosplayer lainnya berperan sebagai seorang wanita.

Dalam foto, sebelah kiri dapat Anda lihat bahwa hasil foto cosplaynya terlihat bagus, namun jika Anda lihat pada foto yang sudah di zoom out sebelah kanan, cosplayer yang berperan sebagai pria harus naik ke sebuah bangku untuk memperlihatkan bahwa ia adalah seorang pria tinggi.

Dan seandainya sebuah tim cosplay dimana para cosplayer-nya memiliki tinggi yang tidak berbeda jauh dan tidak memiliki peralatan seperti bangku di atas, maka hal lain yang harus dilakukan adalah mengurangi tinggi cosplayer yang berperan sebagai wanitanya dengan menyuruhnya berposisi seperti di bawah ini.

Pengambilan foto cosplay akan lebih rumit lagi jika foto yang diambil adalah foto cosplay grup lebih dari 4 orang. Karena untuk benar-benar merepresentasikan setiap karakternya sedetil mungkin, seorang cosplayer tentunya harus beraksi semirip mungkin dengan tokoh yang direpresentasikannya.

Hal tersebut tentunya meliputi gaya rambut, berpakaian hingga tinggi setiap karakternya. Contohnya seperti foto cosplay dari sebuah game berjudul Persona 4: Dancing All Night di bawah ini.

Jika dilihat di bagian kiri setiap cosplayer-nya mempresentasikan setiap karakter yang ada pada cover game itu dengan sempurna. Di bagian kanan, Anda akan melihat posisi para cosplayer-nya yang harus menyesuaikan tinggi mereka dengan menurunkan atau menaikkan tubuh mereka dengan menggunakan kaki mereka.

Bahkan sebuah foto bertema solo cosplay juga terkadang dilakukan oleh dua orang seperti foto cosplay berikut.

Dari foto di atas dimana fokus ada pada cosplayer, mungkin Anda tidak akan melihat dimana orang kedua tersebut. Tapi jika Anda melihat foto di bawah ini, Anda akan tahu bahwa orang kedua tersebut adalah orang yang membantu menahan posisi cosplayer utama dalam mengambil gambar agar tidak terjatuh atau terpleset dari meja.

 

Bagaimana dengan foto cosplayer yang satu ini?

Jika dilihat sekilas, wanita berpakaian kimono yang sedang memegang pedang ini terlihat anggun dengan dikelilingi bunga Sakura.

Namun, dibalik keanggunannya, ada proses dimana empat cosplayer lainnya ikut membantu memegang tangkai bunga sakura, dan memegang bagian lengan dari kimononya untuk agar hasil yang ditangkap oleh kamera terlihat sangat baik.

Kemudian ada juga cosplayer seperti di bawah ini yang untuk menghasilkan foto dengan hasil baik seperti di foto di bagian kiri ini. Namun untuk menghasilkan foto tersebut, ia harus berpose menempel ke tembok seperti gambar di bagian kanannya.

Pada kenyataannya, foto - foto cosplay di atas hanyalah sebagian kecil contoh dari berbagai metode yang diterapkan oleh para cosplayer dan fotografer profesional demi mendapatkan gambar yang sangat baik.

Sebenarnya masih banyak lagi gaya-gaya unik dan terlihat konyol yang dilakukan para cosplayer demi mendapatkan hasil maksimal pada sesi pemotretannya.

Bagi mereka yang sudah lama mengarungi dunia fotografi dan film, metode untuk menangkap gambar yang ingin dilihat dan disajikan para viewer-nya seperti ini pasti sudah tidak asing lagi.[FM]

sumber : Matomame.jp, Twitter / @iciclerain1, @mahuyu22, @tamagomaco, @kmgk_, @misomiso7, @aoba_08

Tags Cosplayer

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel