Rumor Spesifikasi OnePlus X / OnePlus Mini

13 Oct 2015 13:00 2172 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seperti inilah bocoran Spesifikasi OnePlus versi murah.

Mungkin para rekan pembaca yang juga mengikuti perkembangan dunia gadget tahu bahwa OnePlus, yang juga salah satu brand vendor smartphone ternama asal negeri tirai bambu pernah berencana untuk merilis dua smartphone terbarunya ke pasaran.

Salah satunya adalah OnePlus Two yang baru keluar beberapa bulan yang lalu dan langsung diminati banyak orang.

Dengan spesifikasi yang katanya adalah spesifikasi flagship killer di tahun 2016, OnePlus Two banyak jadi incaran para pembeli, khususnya para fans setia dari produk OnePlus.

Namun, dengan harganya yang mencapai 5 jutaan (belum termasuk ongkos kirim, bea cukai, dll), OnePlus Two dirasakan sebagai ponsel yang cukup mahal, apalagi bagi peminatnya seperti di Indonesia sini. Dan walaupun smartphone ini masuk ke Indonesia, harganya yang di atas 5 juta juga akan menjadi dasar pertimbangan bagi kebanyakan peminat smartphone di tanah air.

Tapi pihak OnePlus sadar akan potensi para peminat smartphone. Oleh karena itu, di tahun 2015 ini, OnePlus berencana mengeluarkan dua smartphone yang salah satunya adalah OnePlus Two dan lainnya adalah OnePlus X.

Sebuah smartphone yang katanya adalah smartphone versi mini dari OnePlus dikabarkan akan memiliki layar sebesar 5.0 inch dengan resolusi full HD dan tipe layarnya LCD. Selain itu layarnya juga akan dilengkapi dengan Synaptics S3708 yang juga dapat ditemukan pada Xiaomi Mi 4c.

Apa yang spesial pada Synaptics S3708?

Bagi rekan pembaca yang mungkin belum tahu, Synaptics S3708 ini adalah sebuah teknologi yang salah satu fitur utamanya adalah side touch technology yaitu sebuah fitur dimana pengguna dapat menjalankan sebuah perintah tanpa harus menyentuh layar bagian depan.

Selain itu, Synaptics S3708 juga menggunakan ClearForce technology yang mirip pada teknologi layar sentuh 3D pada perangkat Apple. Walaupun rumor yang beredar seperti itu, tapi penulis pikir teknologi ClearForce sepertinya terlalu berlebihan untuk sebuah smartphone di kelas menengah.

Untuk prosesornya sendiri, belum jelas tentang prosesor apa yang akan digunakan. Di satu pihak ada yang mengatakan bahwa OnePlus X akan menggunakan prosesor buatan MediaTek bernama Helio X10 (MT6795T) SoC. Dan di lain pihak ada yang bilang bahwa smartphone ini akan menggunakan prosesor buatan Qualcomm’s Snapdragon yaitu tipe 801 yang juga digunakan oleh OnePlus One.

Namun, penulis berpendapat bahwa merupakan sebuah hal yang aneh jika smartphone yang direncanakan rilis di akhir tahun 2015 ini menggunakan sebuah prosesor yang dirilis pada awal tahun 2014.

Rumor lain yang beredar, bahwa Oneplus X ini akan menggunakan dua buah speaker stereo yang menghadap ke depan, seperti yang ada pada produk-produk smartphone HTC. Namun sepertinya, informasi ini juga merupakan sebuah kabar yang salah. Karena jika dilihat dari leaked images di bawah ini, tidak terlihat adanya speaker di bagian depan.

Selain itu, speaker yang letaknya dibawah juga sudah menjadi ciri khas OnePlus yang mungkin akan sulit dilepaskan. Karena kalau sampai posisi speakernya diganti, akan menghilangkan jati diri OnePlus.

Untuk RAM dan penyimpanan internalnya sendiri, smartphone ini katanya akan dibekali RAM sebesar 2GB dan memori internal berkapasitas 32GB.

Dan bagi mereka para pecinta fotografi, smartphone ini juga katanya sudah dibekali dengan kamera belakang sebesar 13MP dan kamera depan sebesar 5MP.

Dan yang terakhir, Untuk menunjang aktivitas sehari-hari para pengguna smartphone yang semakin kesini semakin bervariasi dan tentunya membutuhkan banyak energi baterai, OnePlus sudah menyiapkan baterai berkapasitas 3000mAh pada smartphone ini.

Sejauh ini, kabar yang baru penulis temukan seputar kemunculan OnePlus X atau OnePlus Mini hanya sebatas ini saja.

Terlepas dari berita yang belum dapat dipastikan kebenarannya ini, apakah rekan pembaca berminat pada smartphone ini jika nantinya dirilis dengan spesifikasi seperti yang sudah penulis tulis di atas? [FM]

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel