Mendapatkan Uang Berlimpah Hanya dengan Kerja Paruh Waktu

11 Oct 2015 14:37 7219 Hits 4 Comments Approved by Plimbi
Tips untuk pekerja freelance agar dapat uang lebih besar

Mendapatkan Uang Berlimpah Hanya Kerja Paruh Waktu

Cara mendapatkan uang secara freelance (paruh waktu) saat ini cukup mudah. Informasi yang terbuka, akses internet, serta banyaknya situs penyedia pekerjaan untuk freelancer semakin memperkuat bahwa pekerjaan freelance sebenarnya adalah pekerjaan yang cukup bagus. 

Bagus, karena Anda bebas menentukan waktu Anda sendiri 

Tapi, tidak bagus jika Anda adalah orang yang buruk terhadap pengeluaran dan kurang bisa mengatur waktu dengan baik. 

Meski sebenarnya para pekerja full time (penuh waktu) juga bisa boros dan tidak bisa mengatur waktu, tetapi efeknya tidak akan terlalu terasa. Efek besarnya, yah  dipecat karena bekerja tidak sesuai target. 

Untuk freelance, sekali kamu tidak bisa mengatur waktu, saat itu juga kamu tidak bisa “makan”. Ini artinya, orang yang freelance sebenarnya bukan orang yang bebas waktu tetapi justru harus mengatur waktu. 

Pandai mengatur waktu tentu bisa mendapatkan uang yang bisa saja melebihi gaji para karyawan swasta. 

Inilah yang kemudian saya sebut bahwa kerja paruh waktu berpotensi mendapatkan uang lebih besar daripada yang karyawan. Menyepelakan waktu satu jam atau bahkan menit, peluang mendapatkan uang lebih besar akan menghilang. 

Bukan tanpa dasar, saya bicara demikian. Ini tentu berdasarkan pengalaman saya ketika saya bekerja freelance. Karena saya merasa bebas menentukan waktu, saya justru terjebak dengan kebebasan itu. Peluang mendapatkan uang lebih besar pun menjadi hilang.

Beda cerita dengan kawan saya yang juga paruh waktu. Dia seorang blogger, desainer juga, dan juga sering menulis buku. Dengan kemampuan yang dia miliki, dia mampu membiaya hidup tiap bulannya. Bahkan dia sudah berkeluarga. 

Jelas bahwa kawan saya itu pintar mengatur waktu karena baginya waktu adalah peluang. 

Mendapatkan Uang Berlimpah Hanya Kerja Paruh Waktu

Lantas, jika misalnya dari Anda hanya punya satu kemampuan, apa yang mesti Anda lakukan? 

Kalau menurut saya itu bagus. Anda bisa fokus terhadap kemampuan tersebut dan mengembangkannya lebih jauh. Ketika Anda fokus, Anda pun bisa mendapatkan keuntungan, bisa kemampuan yang meningkat ataupun uang yang berlimpah. 

Jika kemudian Anda betanya, apa langkahnya agar kita bisa mengatur waktu dan fokus terhadap pekerjaan kita meskipun kita seorang pekerja paruh waktu? 

Saya sebenarnya kurang ahli dalam hal pengembangan diri atau manajemen diri. Tapi, mungkin tips berikut bisa bermanfaat untuk Anda yang memang fokus menjadi seorang freelancer tetapi ingin mendapatkan uang berlimpah. 

Berikut tipsnya. 


1.  Gunakan Tool atau Aplikasi Manajemen Waktu 

Mendapatkan Uang Berlimpah Hanya Kerja Paruh Waktu

Sudah saya sebutkan dengan sangat jelas bahwa cara agar Anda  bisa produktif dan mendapatkan penghasilan adalah dengan mengatur waktu. Jika Anda kesulitan, Anda bisa gunakan bantuan semacam penjadwalan waktu berupa note atau Anda buat bagan sendiri. 

Anda pun bisa menggunakan aplikasi di perangkat mobile atau tools software untuk PC berjenis manajemen waktu. Ada banyak tools semacam ini seperti Listatic, Lift, Finish, TeuxDeux, dan sebagainya. 


 

2. Bebas Waktu Bukan Tak Mengikat Waktu 

Mendapatkan Uang Berlimpah Hanya Kerja Paruh Waktu

Sebagai freelancer, Anda memang bisa menentukan kapan Anda bekerja dan kapan Anda libur. Tapi bukan berarti Anda menunda-nunda pekerjaan waktu. Tandailah waktu produktif Anda dan jangan diganggu gugat. 

Semisal, jika Anda lebih produktif pada malah hari, maka jelas Anda tidak boleh bermain ke luar atau hangout bareng teman pada malam hari. Untuk poin ini, Anda bisa menentukan sendiri sesuai dengan poin 1 yang sudah dijelaskan. 


 

3. Lakukan Pekerjaan Sambil Berjualan 

Mendapatkan Uang Berlimpah Hanya Kerja Paruh Waktu

Anda mungkin seorang desainer, programmer, penulis, atau apapun pekerjaan itu, yang penting Anda fokus agar pekerjaan yang Anda bisa menghasilkan. Tapi, Anda bisa berpatokan pada satu pekerjaan saja. 

Anda bisa melakukan pekerjaan lain secara sampingan. Misalnya, jika Anda seorang desainer, tidak ada salahnya Anda punya pekerjaan sampingan seperti berjualan kaos pada akhir pekan di pasar kaget. 

Aktivitas ini akan membuat Anda tidak bosan dengan pekerjaan Anda dan Anda pun tetap produktif.. 


 

4.  Tidak Perlu Serakah 

Mendapatkan Uang Berlimpah Hanya Kerja Paruh Waktu

Seiring berjalannya waktu, kemampuan Anda meningkat. Anda pun memiliki banyak pekerjaan karena banyak yang puas dengan kinerja Anda. Di saat seperti ini, Anda diuji. 

Yah, saya katakan diuji karena Anda akan mendapatkan banyak tawarkan pekerjaan yang menggiurkan. Sayangnya, Anda tidak akan sanggup mengerjakan itu semua. 

Ukurlah kemampuan Anda.  Misalnya, dalam satu waktu Anda bisa menyelesaikan tiga jenis pekerjaan. Tentu Anda tidak perlu menerima jika Anda yang empat tawaran kepada Anda. 

Saya pernah mengalaminya. Saya terima banyak tawaran padahal pekerjaan saya yang lain belum selesai. Ini membuat saya tidak fokus dan membuat pekerjaan terbengkalai. 

Karena itu Anda tidak perlu serakah. Aturlah pekerjaan sesuai kemampuan Anda. Jika ada yang menawarkan pekerjaan, Anda bisa memberikannya kepada teman Anda yang lain. Ingat, berbagi rejeki tidak ada salahnya. Apalagi Anda juga sambil berjualan. 

 


5. Saatnya Berkembang 

Mendapatkan Uang Berlimpah Hanya Kerja Paruh Waktu

Jika Anda merasa bahwa semakin banyak orang yang meminta jasa Anda, maka sudah saatnya Anda berkembang. Berkembang dalam hal ini adalah bahwa tidak bisa sendirian lagi. 

Anda harus punya tim agar Anda bisa menangani berbagai macam pekerjaan. Anda bisa mulai dengan mendirikan perusahaan sendiri dan merekrut tiga sampai lima orang sebagai tim Anda. 


Tentunya langkah ini akan membuat Anda mendapatkan penghasilan lebih dari biasanya. Tapi tentu dengan pengeluaran yang juga akan berdampak besar. 


Nah, itulah tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda para pekerja frelance. Percayalah pada diri sendiri bahwa Anda bisa mendapatkan penghasilan besar bahkan ada kemungkinan Anda punya tim sendiri. 

About The Author

Hilman 78
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel