Berwisata ke Jepang? Coba Kanazawa

1 Oct 2015 16:15 6576 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nikmati keindahan tradisional Jepang di Kanazawa

Bosan dengan teknologi? mari kita berwisata sejenak.

Kali ini penulis akan mengajak rekan pembaca untuk berwisata ke salah satu kota di negara Jepang yang memang kurang dikenal para wisatawan. Mungkin karena sudah kalah terkenal dengan Kyoto dan Tokyo, atau mungkin juga karena promosinya sendiri kurang.

Kota wisata yang penulis sajikan pada artikel kali ini namanya adalah Kanazawa. Bagi mereka yang mungkin belum tahu, Kanazawa merupakan kota utama dari prefektur Ishikawa yang letaknya berada di pinggiran Jepang, tepatnya dekat dengan laut Jepang.

Bagi mereka yang pernah mengunjungi kota ini, mungkin pernah bertanya-tanya, “Kenapa kota ini jauh berbeda dengan Tokyo atau kota lainnya di Jepang?”

Kanazawa adalah sebuah kota yang dalam perkembangannya terlepas dari apa yang namanya “industrialisasasi”. Selain itu, tidak seperti Hiroshima dan Nagasaki atau kota-kota lainnya di Jepang, Kanazawa adalah salah satu survivor yang tidak terkena dampak ledakan bom pada Perang Dunia II.

Dan hasilnya, Kanazawa tumbuh menjadi kota yang mempertahankan bangunan tradisional asli dan budayanya yang tentunya menjadi objek wisata paling dicari oleh para wisatawan mancanegara yang suka mengunjungi situs-situs bersejarah.

Jika sebelumnya penulis pernah menulis bahwa Kanazawa itu kalah terkenal dengan Tokyo dan Kyoto. Hal ini terjadi dikarenakan akses untuk pergi ke kota ini cukup sulit. Namun sekarang, dengan dibukanya Shinkansen Hokuriku pada awal tahun 2015 kemarin, akses menuju Kanazawa menjadi lebih mudah.

Dan berdasarkan survey tentang “kemana Anda akan berlibur nanti?” di Jepang, banyak responden yang menjadikan Kanazawa sebagai tujuan liburan mereka.

Apakah Anda berminat untuk berlibur kesana?

Jika iya, maka 5 tujuan wisata berikut merupakan tempat yang harus Anda kunjungi.

 

1. Tempat Penyewaan Sepeda Umum Machi-nori

Banyak komunitas di Kanazawa yang menawarkan sewa sepeda dengan harga dan paket penyewaan yang berbeda.

Yang paling murah dan mudah diantara semuanya adalah sebuah tempat penyewaan sepeda bernama Machi-nori. Selain karena lokasinya yang dekat dengan hotel-hotel di Kanazawa, harga sewa pertamanya juga cukup murah yakni sebesar 200 Yen, atau jika dirupiahkan sekitar 25 ribu rupiah.

Kemudahan lainnya yang didapat khususnya bagi para wisatawan mancanegara adalah pembayarannya dapat menggunakan kartu kredit.

Untuk paket yang disediakannya sendiri cukup membantu bagi para wisatawan, karena banyak tersedia stasiun-stasiun tempat para wisatawan mengembalikan sepedanya. Artinya, para wisatawan yang menyewa sepeda disitu tidak harus mengembalikan sepedanya ke tempat pertama menyewa sepeda, melainkan dapat mengembalikannya ke stasiun Machi-nori yang banyak tersebar di Kanazawa.

 

2. Kastil Kanazawa (Kenroku-en)

Adalah salah satu situs bersejarah sekaligus objek wisata yang paling terkenal di Kanazawa. Keindahan yang ditawarkan oleh taman di kastil ini seperti mengembalikan Anda ke zaman dulu dimana kehidupan tradisional Jepang berlangsung.

Tidak hanya itu, walaupun lingkungan sekitarnya terlihat tradisional, objek wisata tersebut juga menyediakan Wi-Fi bagi para wisatawan yang tidak sabar untuk mengunggah foto mereka ke media sosial.

Ada juga aplikasi bernama “Kanazawa Castle AR Tour”, yang fungsinya untuk membantu para wisatawan untuk mengelilingi objek wisata sambil belajar tentang sejarahnya.

Anda dapat mengunduh aplikasi ini di PlayStore. Setelah memasang aplikasi ini ke smartphone Anda, jangan lupa untuk menyalakan GPS Anda agar aplikasi dapat mendeteksi lokasi dimana Anda berada dan mulai memperlihatkan situs-situs yang ada di sekitar Anda.

Akan ada banyak objek wisata yang jika dinikmati satu-persatu, satu hari tidaklah cukup untuk menikmati semuanya. Beberapa bangunan terkenal yang ada disana antara lain Hishi Yagura dan Gokukken Nagaya, yaitu dua buah bangunan yang letaknya berada di pinggiran batas kastil yang bernama “ni-no-maru”.

Objek lainnya yang wajib disinggahi adalah Kenroku-en, yaitu sebuah taman tradisional Jepang yang juga menjadi salah satu dari tiga taman tradisional tercantik yang ada di Jepang.

Karena letaknya yang berada di atas bukit, Anda dapat menikmati dua keindahan sekaligus, yaitu keindahan taman itu sendiri dan keindahan kota Kanazawa yang dapat dilihat dari taman tersebut.

 

3. Seisonkaku

Penulis sengaja tempatkan Seisonkaku setelah Kenroku-en, karena letaknya yang memang bersebelahan.

Seisonkaku adalah sebuah vila dari abad ke-19 yang dibangun oleh Daimyo setempat bernama Maeda Nariyasu yang tujuan dibangunnya sendiri adalah sebagai rumah peristirahatan untuk ibundanya. Selain karena keindahan arsitekturnya, para wisatawan juga akan dibuat kagum dengan koleksi boneka dari Maeda yang ditampilkan di ruangan khusus pameran.

 

4. Kuil Ninja (Myoryuji)

Berlokasi di dekat distrik Nishi Chaya, Anda akan menemukan sebuah distrik dimana banyak kuil-kuil berada. Salah satu kuil yang terkenal di distrik itu adalah Myoryuji. Walaupun jika dilihat dari luar terlihat kumuh, ketika Anda masuk kedalamnya mungkin Anda akan kaget dan jiwa petualang Anda akan muncul.

Bangunan yang berumur lebih dari 350 tahun ini memiliki interior yang memang diperuntukkan untuk para ninja. Seperti ruangan-ruangan rahasia, jalan rahasia, tangga yang tak terlihat, pintu-pintu palsu dan banyak lagi hal lainnya yang pada umumnya hanya diketahui oleh para ninja saja.

 

5. Nagamachi (Bekas Distrik Samurai)

Terletak diantara dua kanal tua yang mengalir dibawah kastil Kanazawa menuju ke Saigawa adalah sebuah tempat bernama Nagamachi. Lokasi ini dulunya adalah sebuah tempat dimana para samurai yang menjadi para pekerja dari Daimyo Maeda tinggal.

Setiap rumah milik samurai terdahulu memiliki sebuah tempat duduk yang letaknya berada dibalik tembok-tembok tinggi rumah para samurai tersebut.

Dan para wisatawan, selain dapat berkeliling di jalanan yang cukup sempit di Nagamachi, Anda juga dapat menikmati keindahan setiap rumah samurai yang ada disana, dari keindahan taman-tamannya hingga bangunan-bangunannya. [FM]

 

Tags Wisata Jepang

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel