7 Fakta Tentang Mesin Pencetak 3 Dimensi

30 Sep 2015 16:36 4724 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mungkin ketujuh fakta tentang mesin cetak 3D berikut ini belum Anda ketahui.

Masa depan yang ada di depan mata kita adalah sebuah masa depan dimana inovasi, dan teknologi baru bermunculan. Salah satu teknologi tersebut adalah sebuah printer.

Printer yang dimaksud disini bukanlah sebuah printer biasa dimana kita memasukkan sebuah kertas lalu kemudian kertas itu diproses menjadi sebuah kertas dengan tulisan, atau gambar sesuai dengan yang diinginkan oleh orang yang memasukkan kertas tersebut ke dalam printer.

Printer yang dimaksud disini adalah printer 3 Dimensi yang dapat membuat sesuatu benda berwujud 3D seperti obat-obatan, makanan, bahkan hingga furnitur rumah tangga.

Namun, bagi kebanyakan orang, mungkin cara kerja printer 3 dimensi ini masih merupakan misteri. Oleh karena itu, penulis disini akan mengungkapkan beberapa fakta tentang printer tersebut yang dilansir oleh Mashable.

 

1. Teknologi Print 3 Dimensi Dimulai Dari Laser

Pertama kali ditemukannya teknologi pencetakan adalah pada awal tahun 1980-an, dimana komputer akan mendeteksi pola yang direndam pada cairan polimer. Pola yang sudah sudah dilacak itu kemudian dikeraskan menjadi sebuah lapisan dengan menggunakan laser untuk kemudian dibentuk menjadi sebuah objek yang terbuat dari plastik.

Teknik ini diberi nama Stereolitography.

 

2. Printer 3D Modern Bekerja Seperti Printer Yang Umumnya Digunakan Publik

Sudah banyak terjadi proses evolusi perubahan dari Stereolitography. Dan pada tahun 2013, metode baru yang digunakan untuk mencetak objek 3D diberi nama Material Extrusion.

Dengan metode ini, sebuah printer membentuk sebuah objek dari bahan-bahan yang ditekan dari sebuah alat mekanik, sama seperti bagaimana sebuah printer biasa mencetak warna pada sebuah kertas.

 

3. Printer 3 Dimensi Hampir Dapat Membuat Segalanya

Printer 3D di zaman sekarang dapat membuat sebuah objek dari berbagai bahan konkrit, seperti membuat batu sintetis, keramik bahkan hingga coklat dan keju.

Bahkan pada beberapa printer 3D, dapat membuat sebuah objek seperti organ tubuh manusia, struktur tulang manusia, dan mesin jet generasi terbaru.

 

4. Printer 3D Mengurangi Limbah Produksi

Di masa lalu, untuk membuat sesuatu, setiap orang pasti melakukan sebuah proses dimana dari satu bahan, hanya diambil sebagiannya saja. Sementara sisa bahan yang tidak dibutuhkan, dibuang sehingga menjadi limbah.

Sedangkan pada printer 3D, proses yang dilakukan untuk membuat, atau mencetak suatu barang adalah prose additive. Dimana sebuah objek dibuat dibentuk, atau dibuat dari bahan-bahan dasarnya tanpa menyisakan limbah.

 

5. Resiko Produksi Berkurang

Dengan menggunakan printer 3D, semua tahapan-tahapan suatu produksi berubah. Dari yang asalnya menempatkan sebuah cetakan pada setiap mesin untuk setiap objek, printer 3D hanya harus mengganti program untuk membuat sesuatu dengan menggunakan komputer.

Sehingga akan mengurangi resiko secara finansial, dan keselamatan pegawai.

 

6. Semua Orang Mendapatkan Apa yang Mereka Mau

Sebuah manufaktur mobil bahkan dapat membuat sebuah komponen yang paling diinginkan oleh konsumennya seperti sebuah dashboard, atau kabin tanpa harus memusingkan tentang pesanan setiap orang yang berbeda-beda.

Karena dengan menggunakan printer 3D pengukuran dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan komputer.

 

7. Hasil Produksi Dari Printer 3D Dapat Menjadi Tren Bisnis Lokal

Memproduksi suatu objek dengan menggunakan printer 3D, mungkin saja akan menjadi sebuah bisnis yang mainstream di kalangan masyarakat lokal. Setidaknya, pada 10 tahun ke depan, proses pembuatan objek dengan menggunakan printer 3D akan menjadi sebuah hal yang tidak aneh lagi.

Namun, walaupun jenis produksi seperti ini tidak akan menghilangkan keseluruhan proses manufaktur selain melalui printer 3D. Secara tidak langsung, proses manufaktur 3D ini akan mengganggu, dan merubah paradigma dari proses produksi sebuah objek, atau benda.[FM]

 

 

Via Mashable

Tags Teknologi

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel