Berkat Smartphone, Anda Jadi Lupa 7 Gadget Penting Ini!

10 Sep 2015 19:00 2478 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa perangkat yang tergantikan karena smartphone

Berkat Smartphone, Anda Jadi Lupa 7 Gadget Penting Ini!

Konsep smartphone sebagai ponsel pintar memang telah mengubah banyak hal, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan gaya hidup. Bisa dikatakan hampir semua orang tergantung smartphone untuk berbagai keperluan. 

Yap, itu juga menimpa saya. Saya memaksimalkan fungsi smartphone untuk berbagai hal. Mendengarkan musik, melihat jadwal, menghitung, dan lain sebagainya. Hampir dipastikan saya tergantung banyak hal dengan smartphone. 

Saya yakin Anda juga demikian. Anda menjadi lupa dengan berbagai hal yang sifatnya satu alat satu fungsi. Kini semuanya bisa dilakukan ,lewat sebuah perangkat pintar bernama smartphone. 

Satu perangkat beragam fungsi itulah smartphone. Dan beragamnya fungsi ini membuat “gadget” lain jadi terpinggirkan, bahkan tersisihkan.  Setidaknya, saya mencatat ada 7 gadget yang terlupakan. Berikut daftarnya!. 

 

 

1. Walkman 

Dulu sekali, ada masa ketika seorang anak gaul membawa walkman kemana-mana. Mereka akan asyik dengan walkman  yang didalamnya terdapat kaset  persegi panjang yang diputar. Sebuah gadget klasik tentunya. 

Beberapa tahun kemudian pemutar kaset tersebut berubah menjadi pemutar cd audio dengan bentuk yang lebih modern. 

Berkat Smartphone, Anda Jadi Lupa 7 Gadget Penting Ini!

Bukan hanya anak gaul, para pekerja media (wartawan) banyak yang memakai Walkman (khusus record) untuk merekam wawancara. 

Kini semuanya berubah semenjak ponsel mendukung pemutar lagu digital. Semuanya berubah ketika musik bisa dinikmati secara digital. Bahkan, kini dengan smartphone, mendengarkan musik cukup melakukan streaming selama  masih ada jaringan internet. 

 

2. Kompas (Plus Peta) 

Ada dua benda yang tak boleh terlewat ketika bertualang, yakni kompas dan peta. Membawa keduanya sangat wajih untuk para petualang,  backpacker, pencinta alam, atau pendaki gunung. 

Kini, jarang orang yang menggunakan kompas. Dan hampir tidak ada orang yang membawa peta. Semuanya bisa dilakukan lewat aplikasi peta yang ada di smartphone. 

Berkat Smartphone, Anda Jadi Lupa 7 Gadget Penting Ini!

Pengganti kompas kini bisa menggunakan aplikasi semacam Compass dari Gabernative. Sementara untuk peta, ada begitu banyak layanan semacam Google Maps, Waze, Nokia Here Maps, Apple Maps, dan sebagainya.

 


3. Alarm dan Stopwatch

Guru olahraga ketika saya sekolah sering embmawa stopwatch sebagai alat untuk menghitung waktu dalam aktivitas pelajaran olahraga, Tapi barangkali kini, guru olahrarga bisa menggunakan smartphone untuk sebagai penggantinya. 

Berkat Smartphone, Anda Jadi Lupa 7 Gadget Penting Ini!

Bahkan, fungsi stopwatch sudah ada di ponsel standar yang hanya untuk sms dan telepon. Pun dengan alarm. Kini orang jarang menggunakan jam alarm untuk membangunkan tidur. Orang lebih suka dibangunkan oleh fungsi alarm di ponsel dengan nada  yang bisa ditentukan sendiri.


4. Kalkulator 

Gadget ini sebenarnya masih cukup banyak digunakan di kalangan penjual, baik warung atau grosir. Para pekerja yang berhubungan dengan uang pun masih ada yang memakai kalkulator. Tapi tak sedikit yang sudah  menggunakan fungsi kalkulator di smartphone. 

Berkat Smartphone, Anda Jadi Lupa 7 Gadget Penting Ini!

Untuk mereka yang berpergian, tentunya mereka juga tak perlu hitung-hitungan dengan iseng membawa kalkulator. Semuanya bisa dilakukan lewat fitur yang ada di smartphone. Dan banyak yang memakai aplikasi khsusu kalkulator untuk pengalaman yang lebih baru. 
 


5. Jam Tangan 

Jam tangan dalam hal ini bukanlah jam tangan pintar semodel Apple Watch atau Samsung Galaxy Gear. Saya sedang membicarakan jam tangan standar yang biasa digunakan di pergelangan tangan. 

Berkat Smartphone, Anda Jadi Lupa 7 Gadget Penting Ini!

Dulu, orang sanggat pedulu memakai jam tangan. Bukan hanya sebagai pengingat waktu tetapi juga untuk bergaya. Tapi kini orang sudah tidak begitu tertarik menggunakan jam tangan karena fungsi waktu sudah ada di smartphone.

Kalaupun ada yang masih memakai jam tangan, barangkali itu lebih ke soal kebiasaan atau lifestyle. Tapi tampaknya, tren menggunakan jam tangan bisa meningkat lagi seiirng hadirnya perangkat jam tangan cerdas. 


6. Kamera Saku atau Tustel 

Tustel tentu sudah dilupakan orang. Yang tersisa sekarang adalah kamera saku digital dan kamera profesional. Orang tidak mau repot-repot lagi mencuci foto karena foto bisa dilihat secara digital. 

Berkat Smartphone, Anda Jadi Lupa 7 Gadget Penting Ini!

Kamera saku sendiri sebenarnya mulai agak ditinggalkan. Ini lantaran banyak produsen yang membenamkan kamera dengan ukuran sensor tinggi pada produk smarphone mereka. Jelas saja ini membuat orang lebih suka memakai ponsel cerdas untuk memotret. 

 

7. Handheld 

Handheld maksud saya dalam hal ini adalah perangkat untuk bermain games yang bisa digenggam dan dibawa kemanapun. Saat saya kecil, saya memiliki handheld yang berisi permainan tetris. Seiring berjalannya waktu, handheld pun memiliki ragam games. 

Berkat Smartphone, Anda Jadi Lupa 7 Gadget Penting Ini!

Kini, handheld kurang populer. Semua permainan yang ada bisa dimainkan di smartphone dengan cara download di toko aplikasi. Bisa dibilang, smartphone sangat menggantikan posisi konsol genggaman tangan. 

Meskipun handheld modern seperti PSP dan Nintendo 3DS masih banyak yang memakai, tapi tampaknya hanya soal waktu keduanya bakal kalah populer dengan smartphone. 

 

Nah, itulah tujuh gadget yang sudah tergantikan fungsinya oleh smartphone dan sudah dilupakan orang. Saya pikir selain ketujuh gadget tersebut, masih ada juga gadget lainnya yang fungsinya tergantikan. Ada yang mau menambahkan? Silakan beri pendapat di komentar!. 

 

Semua gambar dokumentasi pribadi. Gambar pada poin 2 atau 4 adalah screenshot dari aplikasi yang saya instal di Android. 

Tags

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel