5 Aplikasi "Parental Control" Untuk Android

10 Sep 2015 16:30 7002 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
5 Aplikasi ini mampu melindungi Anak Anda ketika bermain Android.

Anak-anak zaman sekarang, khususnya mereka yang masih berusia di bawah 4 tahun,pasti sangat suka menggunakan smartphone.

Namun, jika penggunaan smartphone tersebut tidak dibatasi oleh Anda sebagai orang tua. Akan banyak dampak negatif dari hal tersebut.

Contohnya, ibu Y mempunya seorang anak balita yang suka memainkan salah satu game di smartphone ibu Y. Namun, karena penggunaan smartphone untuk si anak tidak dibatasi, Bisa saja si anak salah menekan tombol sehingga menelepon orang lain secara otomatis dan menghabiskan pulsa dari smartphone ibu Y.

Atau mungkin saja karena salah menekan pilihan, sehingga menghapus data penting yang tersimpan di smartphone ibu Y. Selain kedua dampak yang sudah disebutkan, masih banyak dampak negatif yang dihasilkan dari penggunaan smartphone oleh anak balita tanpa adanya pengawasan dan pembatasan tertentu.

Bagi mereka orang tua yang sibuk dan sering meninggalkan anaknya bermain sendirian dengan smartphone, aplikasi-aplikasi berikut ini mungkin akan sangat bermanfaat untuk mengontrol penggunaan perangkat Android oleh buah hati Anda.

 

1. Kids Place – Parental Control

Aplikasi ini bekerja dengan cara memunculkan sebuah tampilan antarmuka baru yang kemudian dapat anda kustomisasi semau Anda. Selain membatasi penggunaan smartphone pada aplikasi-aplikasi yang Anda tetapkan saja, Kids Place juga memblokir pemasangan aplikasi baru dan akses ke Playstore atau toko aplikasi lainnya.

Untuk membuka dan menutup aplikasi ini, Anda tinggal mengaturnya dengan menggunakan password sebanyak 4 digit saja.

5 Aplikasi

Kelebihan dari aplikasi ini:

• Mengatur aplikasi yang dapat diakses sesuai keinginan

• Kemampuan untuk menonaktifkan pembelian aplikasi ketika menjalankan suatu aplikasi

• Menghentikan akses ke Playstore atau toko-toko aplikasi lainnya

• Browser bawaan dengan filter konten selain konten yang layak untuk dilihat anak-anak

• Aplikasi ini tersedia dengan gratis di Google Playstore

Untuk mendapatkan aplikasi gratis ini, Anda dapat dengan mudah mencarinya di Playstore dengan kata kunci “Kids Place” (tanpa tanda kutip) atau dengan langsung mengklik tautan berikut ini. Kids Place

 

2. MMGuardian

MMGuardian memiliki fungsi untuk membatasi penggunaan pada aplikasi yang dapat digunakan oleh anak, waktu penggunaan aplikasi, memblokir fungsi menelepon dan mengirim pesan, sampai mencegah mengirim pesan ketika mengendarai kendaraan.

Berbeda dengan Kids Place, aplikasi MMGuardian lebih cocok digunakan pada anak yang sudah memiliki perangkat Android sendiri. Mungkin usia anak SD hingga anak SMA.

Kemampuan untuk aplikasi ini meliputi:

• Pengaturan aplikasi yang hanya dapat diatur oleh orang tua

• Kemampuan untuk membuka dan menutup akses ke toko aplikasi

• Memiliki fitur untuk membatasi lamanya penggunaan perangkat Android

Pertama kali memasang aplikasi ini pada perangkat Android, Anda akan mendapatkan masa trial selama 14 hari. Namun, setelah lebih dari 14 Hari, anda harus membayar biaya bulanan sebesar 3.99 dollar/bulan (55 ribu rupiah/bulan) atau 34.99 dollar untuk satu tahun (499 ribu rupiah/tahun).

Untuk mengunduh aplikasi ini Anda dapat mencarinya di Playstore atau dapat langsung ke tautan berikut ini. Link Download MMGuardian

 

3. Kakatu Parental Control

Adalah salah satu aplikasi buatan anak Indonesia, tepatnya oleh sebuah perusahaan startup asal Bandung. Aplikasi ini memiliki fungsi seperti aplikasi parental control kebanyakan, yaitu untuk membatasi penggunaan smartphone oleh buah hati Anda. Untuk fitur lengkap dari aplikasi ini bisa dilihat di bawah ini.

5 Aplikasi

• Mengatur aplikasi yang dapat diakses oleh anak-anak

• Mengatur lama waktu si anak dapat menggunakan gadget atau perangkat Android milik Anda

• Memblokir panggilan masuk dari siapa saja dengan satu sentuhan

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Playstore. Untuk mengunduhnya silahkan klik tautan berikut ini. Link Donwload Kakatu

 

4. Famigo

Aplikasi untuk perangkat Android ini bekerja dengan cara membuat sebuah “sandbox”; yaitu sebuah wadah yang fungsinya untuk menampung aplikasi-aplikasi yang Anda atur. Selain itu, aplikasi ini juga memblokir akses ke toko-toko aplikasi.

Pada aplikasi ini juga tertanam Famigo Wowzer, yaitu sebuah browser bawaan yang didesain khusus untuk anak-anak dengan filter konten yang sudah terintegrasi. Seperti Kids Place, aplikasi ini sangat cocok bagi anak-anak balita yang belum begitu membutuhkan smartphone kecuali untuk edukasi dan hiburan si anak.

5 Aplikasi

Berikut ini adalah kemampuan dari aplikasi Famigo.

• Mengatur akses aplikasi sesuai keinginan orang tua

• Memblokir fungsi in-app purchasing, untuk mencegah anak-anak membeli sesuatu ketika sedang menggunakan aplikasi

• Mengatur akses ke toko-toko aplikasi

• Browser dengan filter konten terintegrasi yang didesain khusus untuk anak-anak

Pertama kali Anda mengunduh aplikasi ini, Anda akan diberikan trial selama 7 hari. Namun, setelah 7 hari berlalu dan Anda masih ingin melanjutkan menggunakan aplikasi itu, Anda diharuskan berlangganan dengan biaya 0,99 dollar (sekitar 12 ribu rupiah) per bulannya atau 4,99 dollar atau sekitar 70 ribu rupiah untuk satu tahun.

Untuk mengunduh aplikasi ini, Anda dapat langsung mencarinya di playstore atau mengklik tautan berikut ini. Link Download Famigo

 

5. Funamo

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi parental control yang berkemampuan untuk memonitor dan juga memfilter segala aktivitas yang dilakukan Anak Anda di perangkat Android. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fungsi browser yang dapat memfilter semua situs yang tidak layak dilihat oleh anak-anak. Dan sebagai tambahan lainnya, aplikasi ini juga dapat memonitor teks dan panggilan keluar masuk serta lama penggunaan perangkat Android.

5 Aplikasi

Ketika pertama kali Anda memasang aplikasi ini pada perangkat Android Anda, trial atau percobaan gratis selama dua hari akan menjadi milik Anda. Namun, setelah lewat dari dua hari dan Anda masih ingin menggunakannya, Anda harus membelinya dengan harga 19,99 dollar atau sekitar 272 ribu rupiah.

Untuk mengunduh aplikasi ini, Anda dapat langsung mengklik tautan berikut ini. Link Funamo

 

Penutup

Pada umumnya, smartphone-smartphone flagship sekarang sudah memiliki fungsi parental control yang tinggal diaktifkan dengan beberapa langkah saja. Namun tetap saja, kemampuan parental control bawaan dari smartphone biasanya tidak begitu lengkap seperti aplikasi dari pihak ketiga. [FM]

 

 

 

About The Author

Fahd M. 76
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel