7 Penguasa Terkejam Sepanjang Sejarah

9 Sep 2015 16:30 4018 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Alasan kenapa mereka disebut penguasa yang kejam.

Di sepanjang sejarah umat manusia, terdapat banyak pemerintah atau penguasa kejam yang menggunakan teror untuk mengontrol rakyatnya.

Mereka mengatur dan memerintah menggunakan tangan besi serta memiliki sifat haus kekuasaan dan pengakuan dari pihak lain.

Jika disebutkan satu-persatu, sebenarnya akan banyak sekali penguasa kejam sejak zaman dahulu. Namun penulis hanya akan menguraikan 7 penguasa kejam saja dimulai dari yang terkejam.

 

1. Joseph Stalin

Seorang pria yang memiliki nama lengkap Joseph Vissarionovich Stalin ini merupakan perdana menteri Uni Soviet yang berkuasa mulai dari tanggal 6 Mei 1941 hingga akhir hayatnya pada 5 Maret 1953.

Diantara banyaknya revolusioner Bolshevik yang mengawali revolusi Rusia pada tahun 1917, Joseph Stalin mungkin penguasa yang paling menyalahgunakan kekuatan politiknya dari setiap penguasa yang ada di sepanjang sejarah umat manusia.

Pada tahun 1930-an, Joseph Stalin memberikan perintah untuk membunuh jutaan petani dan rakyat jelata atau menyiksa mereka dengan membiarkan mereka mati kelaparan. Dalam masa pemerintahannya yang bertangan besi, Joseph Stalin tercatat telah membunuh lebih dari 20 juta rakyatnya.

 

2. Adolf Hitler

Adalah seorang politikus Jerman yang lahir di Austria. Ia juga merupakan seorang pemimpin dari Serikat Pekerja Nasional-Sosialis Jerman. Pada tahun 1933 hingga tahun 1945, ia menjabat sebagai kanselir dan satu tahun setelah ia menjabat menjadi kanselir (pada tahun 1934) ia juga menjadi diktator dari paham Nazi.

Dalam semasa hidupnya Adolf Hitler berada di pusat pendirian Nazi, Perang Dunia II dan holocaust (Pembasmian ras Yahudi).

Sejak berakhirnya Perang Dunia II, Keibijakan Hitler tentang penguasaan wilayah dan penindasan rasial telah menghasilkan banyak korban dan kehancuran pada puluhan juta umat manusia.

Pada tanggal 30 April 1945, Hitler bunuh diri dengan cara menembak dirinya secara berulang-ulang sambil menggigit kapsul Sianida (Cyanide Capsule).

 

3. Leopold II

Adalah seorang raja kedua dari Belgia yang menggantikan ayahnya Leopold I.

Leopold II lahir di Brussels dan merupakan anak dari pasangan Leopold I dan Louise-Marie asal Orleans. Ia naik tahta menggantikan ayahnya pada tanggal 17 Desember 1865 dan tetap menjadi raja hingga ajal menjemputnya.

Leopold dikenal karena kebrutalannya mengeksploitasi Negara Bebas Kongo (Sekarang Republik Demokratik Kongo) yang ia temukan. Yang ia eksploitasi dari negara tersebut adalah gading dan karet dengan menanamkan sistem kerja paksa hingga akhirnya memakan korban hingga 3 juta rakyat Kongo.

 

4. Adolf Eichman

Adolf Eichman lahir pada anggal 19 Maret 1906 di Solingen, yaitu sebuah kota industri yang cukup kecil di Rhineland, Jerman bagian barat.

Ia adalah seorang warga Jerman dan salah satu tokoh dibalik peristiwa Holocaust, dimana lebih dari 5 juta bangsa Yahudi dibasmi.

Akibat peristiwa tersebut, ia digantung oleh negara Israel. Dalam kata-kata terakhirnya ia mengatakan, “Kematian dari lima juta bangsa Yahudi dengan partisipasi saya, memberikan saya kepuasan yang luar biasa.”

 

5. Ivan IV

Ivan IV Vasilyevich atau yang lebih dikenal dengan Ivan si Mengerikan adalah seorang bangsawan dengan gelar Grand Duke of Muscovy yang juga menjadi Tsar pertama dari Rusia. Ia memerintah Rusia dari tahun 1533 hingga tahun 1547.

Sejarah menggambarkan Ivan IV sebagai orang yang intelek dan taat namun memiliki emosi yang tinggi dan memiliki gangguan kejiwaan. Ia sangat menikmati ketika menggoreng sekitar 1000 orang di penggorengan. Selain itu, ia juga sangat suka menusuk.

Prajurit Ivan IV, membuat tembok yang tinggi di sekeliling kota dengan tujuan untuk mencegah warga kabur. Hampir setiap hari, 500 hingga 1000 orang warga dikumpulkan untuk kemudian disiksa dan dibunuh. Hal ini dilakukan hanya sebagai hiburan semata bagi Ivan dan anaknya.

Ivan IV meninggal akibat penyakit stroke ketika bermain catur dengan Bogdan Belsky pada tanggal 18 Maret 1584.

 

6. Vlad Tepes

Seorang pria yang dikenal dengan nama Vlad III adalah pangeran dari Wallachia (sekarang menjadi bagian dari Rumania) yang memiliki hobi mengeksekusi musuhnya dengan cara menusuk. Ia menjadi penguasa utama Wallachia dari tahun 1456 hingga tahun 1462.

Vlad terkenal akan kekejaman hukuman yang diterapkannya pada masa pemerintahannya. Hukuman-hukuman yang ia terapkan antara lain, disembowelment (mengeluarkan isi perut), penusukan wajah dan sodomi.

Dalam masa pemerintahannya, ia sudah membunuh lebih dari 20 ribu kota Amlas baik itu Pria, wanita dan anak-anak. Vlad menyiksa mereka dengan cara menguliti mereka, merebus, membutakan, menggantung, memanggang, membakar, mengubur hidup-hidup, menusuk dan masih banyak lagi.

 

7. Genghis Khan

Adalah pendiri sekaligus raja pertama dari Kerajaan Mongolia. Kekuatan kerajaan Mongol yang sempat tidak tertandingi adalah gabungan dari banyak suku nomaden yang berada di wilayah timur laut Asia.

Setelah menemukan Kerajaan Mongolia dan diproklamasikan sebagai “Genghis Khan”, ia memulai invasinya hingga akhirnya menguasai sebagian besar Eurasia. Selain menjadi seorang pemimpin, Genghis Khan juga adalah seorang kesatria yang dibawah kepemimpinannya, ia menerapkan aturan militer kepada semua warganya, termasuk keluarganya. [FM]

Tags Sejarah

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel